10 Cara Memonetisasi Konten Tahun 2021

Submitted by admin on Fri, 07/16/2021 - 01:43

Apa itu konten ? Konten adalah setiap hasil karya baik tulisan, gambar maupun video hasil karya cipta itu adalah konten, dengan kata lain konten artinya apa yang sobat belajar online ciptakan baik itu dalam bentuk tulisan, gambar maupun video.
Jika tujuan Sobat adalah untuk mencari nafkah/ menghasilkan pendapatan dari konten youtube maupun dari tulisan pada blog, pertimbangkan untuk memonetisasi konten Sobat. Berikut adalah 10 cara menguangkan konten Tahun 2021 yang dapat dipilih.

Konten adalah darah, keringat, dan air mata Sobat. Konten bisa dalam bentuk cerita, pengalaman, pengetahuan, harapan dan impian Sobat, pikiran terdalam Sobat ... dan Sobat menempatkan semuanya di internet untuk dilihat dunia.

Apakah itu layak? Itu benar-benar tergantung pada mengapa Sobat membuat dan berbagi konten, dan apa yang Sobat lakukan dengannya begitu konten itu tersedia di internet. Baik Sobat menggunakan konten sebagai alat pemasaran untuk membantu menjual produk atau layanan atau mengandalkan konten itu sendiri untuk menghasilkan $$$, melalui metode monetisasi yang berbeda dapat membantu Sobat memaksimalkan nilai setiap bagian. Lalu apa yang dimaksud monetisasi konten.

Beberapa mungkin digunakan bersama, tetapi ada beberapa yang tidak ingin Sobat campur. (Misalnya, jika Sobat menerbitkan konten pemasaran resmi untuk membantu audiens Sobat membeli produk Sobat, Sobat jelas tidak ingin menyertakan tautan afiliasi yang memberi tahu mereka untuk membeli sesuatu yang lain dari penjual lain.)

Pastikan taktik monetisasi konten Sobat tidak bertentangan, tetapi jangan takut untuk mencoba beberapa cara berbeda untuk memonetisasi satu bagian. Monetisasi adalah memanfaatkan konten tertulis – posting blog, artikel, ebook, dll sebagai wadah untuk mendapatkan uang dengan kata lain monetisasi artinya bagaimana cara mendapatkan penghasilan sebagai content creator, baik ikut content creator youtube maupun content creator lain

Podcast, video, grafik, dan tulisan semuanya hanyalah wadah untuk mengkomunikasikan ide dan pengetahuan Sobat kepada orang lain. Masing-masing dapat dijual, diperdagangkan, atau dimonetisasi dengan berbagai cara. Jika Sobat menyukai video atau media lain, teruslah membaca. Ini juga berlaku untuk Sobat (seringkali, Sobat dapat menggunakan kembali konten dan memonetisasi konten sekunder itu juga).

1. Menjual Hak Eksklusif
Ini adalah cara tercepat untuk mengubah konten Sobat menjadi uang nyata yang akan Sobat terima sebagai sumber pendapatan dari konten youtube yang sobat buat atau konten lainnya. Jual ke seseorang yang membutuhkan cukup untuk membayar Sobat untuk itu. Ini biasanya merupakan perjanjian "kerja untuk disewa" di mana Sobat melepaskan semua hak atas karya tersebut, termasuk hak cipta atau royalti apa pun.

Ini adalah pertukaran langsung konten untuk uang. Jika pembeli terlibat dalam proses pembuatan dan memberi tahu Sobat apa yang harus disertakan dalam konten, Sobat dapat menyebutnya ghostwriting atau freelance. Jika Sobat membuat konten dan menjualnya setelah fakta (katakanlah, di pasar untuk jual beli konten), ini hanya menjual konten.

Terlepas dari mekanismenya, konsepnya sama: Sobat menciptakan sebuah karya dan sepenuhnya dan sepenuhnya menukarnya dengan uang.

2. Hak Penggunaan Terbatas
Seperti di atas, rincian transaksi mungkin berbeda. Sobat mungkin disewa untuk membuat sebuah karya sesuai dengan spesifikasi pembeli, atau Sobat dapat membuat karya tersebut sendiri dan meletakkannya di sana untuk dijual. Dengan hak penggunaan terbatas, Sobat memberi pembeli hak untuk menggunakan konten tersebut untuk jangka waktu tertentu, dan mungkin hanya dengan cara tertentu.

Sobat bisa mengatakan, "Ini hanya untuk digunakan di media cetak," dan membatasi periode penggunaan hingga satu tahun, misalnya. Sobat pada dasarnya melisensikan hak untuk mencetak ulang konten. Manfaatnya bagi Sobat, pembuat konten, adalah Sobat dapat melisensikan konten tersebut ke beberapa pembeli.

Sobat dapat menawarkan periode hak eksklusif (misalnya, publikasi pertama dan eksklusif selama enam bulan) dan menagih lebih banyak untuk jenis lisensi itu, lalu membukanya untuk lebih banyak pembeli. Pembeli dapat menghemat banyak dengan melisensikan konten vs. membuat konten asli diproduksi. Ini bukan taktik yang bagus untuk mendapatkan konten web, karena kami tahu bahwa konten asli adalah yang terbaik.

Tapi itu bisa membantu mengisi email atau mencetak buletin. Ini juga dapat digunakan sebagai salah satu bagian dari konten yang lebih besar. Menemukan pembeli untuk jenis lisensi ini sulit dalam hal konten tertulis – tetapi itu mungkin. Ada pasar yang berspesialisasi dalam hal ini (dan ketika Sobat berbicara tentang foto, ilustrasi, video, dll. Ada banyak tempat untuk menjual stok sebagai penggunaan terbatas atau hak penuh).

Apabila Sobat BOGER hendak membuat program afiliasi dari produk / konten sobat silahkan membaca artikel cara merencanakan program afiliasi terbaru.

3. Penjualan Afiliasi
Dengan taktik ini, pertukaran nilai adalah audiens Sobat untuk persentase dari pendapatan yang dihasilkan oleh penjualan produk atau layanan. Bisa jadi Sobat memonetisasi buletin email Sobat dengan mempromosikan produk tertentu. Atau Sobat merekomendasikan item kepada pembaca blog Sobat.

Bagaimanapun, ada tautan yang dapat dilacak sehingga penjual dapat mengetahui penjualan afiliasi mana yang merujuk penjualan.

4. Konten Berlangganan/ Keanggotaan
Tawarkan beberapa konten khusus Sobat yang membahas lebih mendalam berdasarkan langganan atau keanggotaan. Jika Sobat memiliki pengalaman, keterampilan, atau perspektif unik, orang mungkin membayar Sobat untuk memiliki akses reguler ke sana.

Ini bisa dalam bentuk buletin berlangganan atau seri video premium. Atau, bisa jadi situs keanggotaan yang menawarkan akses berkelanjutan ke berbagai jenis konten. Sobat dapat menyusun konten sebagai kursus, atau hanya sebagai perpustakaan aset yang dapat diakses orang untuk jangka waktu tertentu.

5. Donasi
Perbedaan antara keanggotaan atau konten berlangganan dan meminta sumbangan adalah bahwa dengan keanggotaan, hanya mereka yang membayar yang memiliki akses ke konten Sobat. Dengan struktur monetisasi donasi, setiap orang memiliki akses dan Sobat meminta mereka yang memiliki sarana untuk membantu mendukung keterbukaan itu.

Patreon dan PayPal adalah dua cara dapat menerima sumbangan dari pembaca, pemirsa, atau pendengar. Jika Sobat memproduksi konten secara teratur, "pelanggan" Sobat dapat mensponsori Sobat dengan sumbangan bulanan untuk membuat Sobat terus berkreasi.

Atau, cukup tambahkan tombol donasi PayPal dan taburkan beberapa colokan tak tahu malu ke seluruh konten.

6. publisher Iklan
Sekali lagi, ini adalah seluruh industri dan taktik monetisasi yang mapan, jadi kami tidak akan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk itu. Sobat dapat menggunakan monetisasi konten lewat Google AdSense atau ratusan layanan lainnya untuk menampilkan iklan di blog Sobat, di video, dalam teks, dan lainnya.

Sobat dapat menggunakan iklan teks atau iklan bergambar bayar per klik (PPC), iklan bawaan yang lebih intuitif, atau kombinasi keduanya. Atau, Sobat dapat bekerja secara langsung dengan pengiklan dan meminta mereka membayar iklan yang ditempatkan di situs Sobat, di konten Sobat, di email Sobat, dll.

Sobat mungkin mengenakan tarif per seribu tayangan (BPS), atau harga tetap selama jangka waktu tertentu, berdasarkan seberapa besar Sobat yakin bahwa ruang itu berharga. Memonetisasi konten Sobat dengan iklan adalah taktik yang bagus untuk penerbit dan blogger, dan taktik yang buruk untuk merek.

Jika Sobat mencoba membangun kepercayaan dan keterlibatan, Sobat tidak ingin mematikan pembaca dan pemirsa dengan iklan di situs dan konten Sobat. Jika Sobat berharap mendapatkan penghasilan yang layak dari iklan di blog Sobat, kontennya harus cukup populer (dan pemasaran Sobat cukup tepat sasaran) sehingga tidak membebani Sobat lebih banyak untuk mengarahkan lalu lintas daripada yang Sobat hasilkan dalam pendapatan iklan.

Di sinilah penggunaan beberapa metode monetisasi berguna, jadi Sobat setidaknya bisa mendapatkan sesuatu saat Sobat membangun lalu lintas dan pendapatan iklan.

7. Konten Bersponsor
Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa ini bukan strategi monetisasi konten, tetapi tetaplah belajaronlinegratis.com. Menawarkan orang lain kesempatan untuk tampil di depan audiens Sobat dengan posting blog atau video yang relevan dapat menjadi penghasil pendapatan dan, jika dilakukan dengan benar, meningkatkan nilai isi konten Sobat secara keseluruhan.

Jika Sobat akan menjual ruang penerbitan kepada orang lain dengan cara ini, lakukan kontrol editorial yang baik. Pastikan bahwa konten bersponsor yang muncul di samping konten Sobat mencerminkan kualitas, kepercayaan, dan otoritas yang diharapkan pembaca dari Sobat.

8. Publik Speaker
Kemungkinannya cukup bagus bahwa jika Sobat menulis (dan membaca dan meneliti dan semua hal menyenangkan yang menyertainya) tentang topik tertentu secara teratur, Sobat dapat dianggap sebagai ahli di dalamnya. Tentunya Sobat memiliki setidaknya beberapa minat dan pengalaman dalam hal yang Sobat buat konten ini. Orang, perusahaan, dan organisasi akan membayar Sobat untuk membicarakannya juga.

Dapatkan hasil maksimal dari keterlibatan berbicara Sobat dengan memastikan banyak konten baru keluar dari masing-masing. Berikan tagar dan dorong audiens untuk berbagi dan terlibat di media sosial selama pembicaraan Sobat. Bagikan presentasi Sobat secara online. Buat posting blog baru dari konten presentasi Sobat dan umpan balik audiens serta foto.

9. Konsultasi Berbayar
Mungkinkah seseorang atau perusahaan mendapat manfaat dari diskusi satu lawan satu dengan Sobat tentang topik konten yang ada? Jika Sobat memiliki pengetahuan atau keahlian khusus untuk dibagikan, berikan pembaca konten Sobat, pendengar, dan pemirsa pilihan untuk terhubung dengan Sobat untuk konsultasi.

Menjadwalkan aplikasi seperti Acuity atau Calendly memudahkan untuk mengatur jendela ketersediaan tertentu dan menautkan ke formulir pemesanan Sobat (atau bahkan menyematkannya).

10. Menjual Produk Sobat Sendiri
Apakah Sobat dapat membuat produk digital baru dari konten yang Sobat buat? Apakah Sobat memiliki penelitian orisinal, saran, atau konten lain yang lebih panjang dengan nilai lebih untuk dibagikan? Sobat dapat mengenakan biaya premium untuk laporan dengan wawasan unik dan orisinal. Sobat juga dapat menerbitkan ebook dan membuatnya tersedia di berbagai pasar serta di situs web Sobat.

Terkadang, konten Sobat sangat populer dan sukses sehingga seluruh lini produk atau layanan tumbuh darinya. Jangan pernah biarkan siapa pun memberi tahu Sobat bahwa tidak tidak mungkin menghasilkan pendapatan lewat konten orisinil.

Bagaimana Sobat sudah ada gambaran metode monetisasi konten mana yang akan sobat pilih ? monetisasi konten untuk blog, youtube, Facebook, Tiktok atau sobat sudah punya refensi lain ?