Cara Membuat Jadwal Rapat Pada Google Meet

Submitted by admin on Thu, 07/01/2021 - 11:10

Google Meet seperti tool rapat online lainnya memiliki fitur penjadwalan yang dengannya Sobat dapat mengatur jadwal rapat online. Nah pada artikel ini belajaronlinegratis.com akan berbagi bagaimana cara mengatur jadwal rapat online pada Google Meet.

Dengan penjadwalan Google Meet memungkinkan Sobat membuat tautan/link untuk rapat yang akan diadakan di masa mendatang. Fitur ini tersedia untuk semua pengguna Google Meet, terlepas dari apakah Sobat Boger menggunakan google meet gratis atau yang berlisensi atau jika mereka masuk ke akun Google atau tanpa akun.

Sebelum kita membahas cara menjadwalkan rapat Google Meet, penting untuk dipahami bahwa Google Meet melakukan rapat terjadwal secara berbeda. Rapat Google Meet berpusat di sekitar tautan. Saat Sobat membuat akhir rapat, ini memberi Sobat opsi untuk bergabung kembali bahkan ketika semua orang telah pergi. Ini karena link rapat tetap aktif dan dapat digunakan untuk bergabung kembali ke rapat yang sama.

Cara Membuat Jadwal Rapat Google Meet

Untuk menjadwalkan rapat Google Meet, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Kunjungi Google Meet melalui browser Sobat

2. Klik New Meeting / Rapat Baru

3. Pilih Create a Meeting for later (Buat Rapat untuk nanti)

4. Copy the meeting information (Salin informasi rapat) yang sobat lihat

5.  Share the information (Bagikan informasi) saat Sobat siap untuk memulai rapat atau use it in an invitation email (menggunakannya dalam email undangan).

 

Menautkan Jadwal Google Meet dengan Google Calendar

Sobat juga dapat menjadwalkan rapat Google Meet Langsung di Google Calendar. Ini akan menambahkan rapat sebagai acara ke kalender tetapi Sobat akan memiliki opsi untuk menambahkan undangan di acara Google Calendar. Berikut langkah-langkah untuk menautkan Google Meet di Google Calendar.

1. Kunjungi Google Meet Pada Browser Sobat

2. Klik New Meeting (Rapat Baru)

3. Pilih Schedule in Google Calendar (Jadwal di Google Calendar)

4. Tautan/ Link rapat akan ditambahkan secara otomatis.

5. Isi detail lainnya untuk rapat dan tambahkan undangan.

6. Klik Simpan.

Selain membuat jadwal Google Meet secara langsung lewat browser maupun menggabungkannya dengan Google Calendar, Sobat juga bisa menggunakan Google Meet pada OS Android dan iOS. Perlu diingat bahwa Google Meet berfungsi dengan tautan yang ada.

Ini merupakan penawaran cara termudah dan tercepat untuk memulai rapat dan ruang rapatnya tetap aktif bahkan setelah Sobat meninggalkan rapat. Tautan dapat digunakan kembali hingga satu bulan yang berarti dipat digunakan untuk rapat berulang-ulang dan sebagai ruang virtual terbuka.