Cara Presentasi Di Google Meet

Submitted by admin on Fri, 07/09/2021 - 19:27

Selama pandemi Covid 19 banyak kegiatan yang harus dlakukan secara online, sehingga kita harus belajar secara online, rapat online, dan kegiatan lainnya banyak yang harus dilakukan secara online untuk mengurangi mobilitas warga dan bertambahwa orang yang terkena virus corona.

Apakah Sobat BOGER lagi mendapatkan tugas untuk presentasi online melalui Google Meet ? Kalau sobat sedang mencari informasi dan bagaimana cara presentasi di Google Meet, semoga koleksi catatan online belajaronlinegratis.com membantu Sobat BOGER dalam menyiapkan cara presentasi di Google Meet menggunakan laptop.

Semua alat rapat online (Online Meeting) memungkinkan pengguna melakukan panggilan audio dan/atau video secara langsung. Ini menjadi fitur dasar tetapi banyak tool mengenali bahwa pengguna mungkin juga perlu membagikan layar mereka atau menyajikan tayangan slide di Google Meet dalam hal ini . Presentasi Online sedikit berbeda dari berbagi layar (Screen Sharing) karena penyaji harus dapat melihat presentasi yang mereka presentasikan dan rapat online tidak terlihat dalam layar.

Presentasi di Google Meet

Ada dua cara presentasi di Google Meet lewat laptop; berbagi layer atau fitur presentasi saat ini. Fitur presentasi memungkinkan Sobat untuk mempresentasikan dari Google Slides. Ini akan menempatkan online meeting di latar belakang dan cara presentasi di google meet lewat laptop dengan mudah.
Opsi berbagi layar akan memungkinkan Sobat menyajikan file dari desktop tetapi Sobat akan beralih antara online meeting dan file. Itu membuat pengalaman menggunakan layanan online Google Meet presentasi yang jauh lebih tidak nyaman. 

Cara Presentasi di Google Meet Dengan Google Slide
Sebelum Sobat dapat menggunakan layanan online presentasi di Google Meet menggunakan Google Slide, Sobat harus memastikan bahwa Sobat telah melakukan hal berikut.
•    Sobat menggunakan Chrome untuk bergabung ke rapat online.
•    Presentasi Sobat telah diunggah ke Google Slide.
•    Pastikan presentasi terlihat benar di Google Slide.
•    Buka presentasi di tab terpisah.
Sekarang Sobat siap untuk mulai melakukan presentasi di Google Meet menggunakan laptop. Sobat dapat mempresentasikan begitu Sobat bergabung dalam rapat, tetapi kami tidak menyarankan pendekatan tersebut.
1.    Bergabung ke rapat Google Meet.
2.    Klik tombol bagikan layar.
3.    Pilih Present dari menu.
4.    Pilih tab Google Slides yang membuka presentasi.
5.    Setelah Sobat beralih ke tab presentasi, klik Present di kanan atas.

Cara Presentasi di Google Meet Dengan Berbagi layar (Screen Sharing)
Sobat dapat berbagi presentasi (PPTX atau KEY) dari desktop. 
1.    Buka file presentasi yang ingin Sobat presentasikan.
2.    Bergabung ke rapat Google Meet.
3.    Klik tombol bagikan layar di bagian bawah.
4.    Pilih opsi Window dari menu
5.    Pilih app/file Windows
6.    Beralih ke layar penuh dalam file.

Google Meet memiliki opsi untuk menyajikan file tetapi hanya berfungsi dengan baik jika Sobat menggunakan Chrome dan Google Slide. Google Slides akan dapat mengimpor sebagian besar format presentasi (PDF, PPT, PPTX, dan KEY) jadi meskipun fitur presentasi tidak begitu fleksibel, Sobat dapat menggunakannya untuk sebagian besar jenis file. Yang harus Sobat lakukan adalah ingat untuk mengunggah file sebelum rapat dimulai.

Lalu bagaimana cara presentasi di Google Meet lewat HP ? Untuk aplikasi seluler Google Meet, presentasi tidak dapat dilakukan. Cara presentasi di Google Meet melalui HP cocok apabila Sobat BOGER hendak menampilkan layar HP Sobat atau aplikasi lain yang telah Sobat buka di HP.

Apakah Sobat BOGER hendak membuat jadwal presentasi online di Google Meet ? Yuk belajar online membuat jadwal rapat Google Meet.