Mengapa Sobat Membutuhkan Mesin Pencari Untuk Online Marketing ?

Submitted by admin on Tue, 03/20/2018 - 15:45

Salah satu aspek penting SEO adalah membuat situs sobat mudah diakses bagi pengguna dan robot mesin pencari untuk memahami konten situs tersebut. Walaupun teknologi mesin pencari semakin canggih namun teknologi search engine belum bisa seperti cara manusia memandang halaman web. Oleh karena itu dasar SEO akan membatu mesin pencari tahu setiap pembahasan halaman website dan bagaimana cara manusia berinteraksi dengan situs tersebut. Pada posingan sebelumnya belajar online gratis membahas tentang cara manusia berinteraksi dengan mesin penncari.

Pada postingan tersebut situs belajar online menyampaikan bagaimana proses manusia berinteraksi dengan mesin pencari, selain proses yang dijalani pengunjung ketika memanfaatkan mesin pencari juga membahas tentang bagaimana online marketing memanfaatkan mesin pencari untuk penjualan dan bagaimana pengaruh posisi hasil pencarian mesin pencari terhadap klik link ke situs tersebut dari mesin pencari Google dan Mesin pencari Bing Milik Microsoft.

Walaupun begitu banyak online marketing yang tidak setuju dengan penerapan seo untuk mesin pencari dengan argumen, bahwa tidak pernah memberikan aturan pasti yang mengharuskan pemilik situs untuk mengikuti aturan dan prinsip dari mesin pencari agar mendapatkan peringkat tinggi dan di index mesin pencari. Buktinya situs yang biasa saja tidak mengikuti kaidah seo masih ada yang bertengger di posisi teratas hasil pencarian mesin pencarian dan mengalahkan situs yang sudah dioptimasi. Kalau Sobat juga berpikiran seperti itu bagaimana ketika situs sobat terdiri dari banyak gambar dan Sobat ingin mengoptimalkan konten gambar tersebut ?

Teknologi mesin pencari belum bisa melihat file gambar sebagaimana kita melihat file gambar tersebut. Apakah sobat tetap tidak mau mengoptimalkan file gambar tersebut, padahal itu konten utama situs. Sobat ? Kalau Sobat mau menerapkan teknik seo yang benar untuk gambar tersebut maka konten utama gambar tersebut akan mendapatkan posisi yang lebih baik dalam hasil pencarian mesin pencari. Apakah tetap tidak mau belajar SEO dari contoh tersebut ?

Pada prinsipnya semua mesin pencari beroperasi pada prinsip yang sama, seperti robot pencarian otomatis yang menjelajahi web yang berada di internet, mengikuti link, dan memasukkan dalam index konten dalam database besar. Mesin pencari tersebut melakukannya dengan kecerdasan buatan yang mengagumkan. Walaupun demikian masih ada kelemahan pada teknologi mesin pencari saat ini. Berikut diantara kekurangan yang ada dalam mesin pencari.

Masalah yang pertama soal perayapan dan pengindeksan sebuah situs. Salah satu masalah perayapan dan pengindeksan mesin pencari dalam soal duplikat konten. Website yang dibuat dengan menggunakan cms kemudian menduplikat cms dengan domain baru yang mirip dan serupa. Mesin pencari juga tidak bisa merayapi konten website yang diblokir oleh robo.txt website. Atau bisa jadi karena buruknya struktur tautan website sehingga menyulitkan mesin pencari untuk merayapi dan mengindeks seluruh konten website. Ingat mesin pencari juga tidak bisa merayapi dan mengindeks dan membaca teks non html, juga konten dalam format rich media seperti flash, gambar, foto, video, audio dan plug-in konten.

Masalah mesin pencari kedua adalah pencocokan antara query yang dimasukkan pengunjung dan konten. Ketika pengunjung mesin pencari menulis query yang jarang digunakan akan diarahkan ke konten yang sering digunakan oleh pengunjung mesin pencari. Misalkan pengunjung mengetikkan mesin pendingin makanan, maka mesin pencari akan memberikan daftar mesin pencari. Karena yang biasa untuk mendinginkan makanan adalah lemari es. Terkait dengan bahasa seperti singular dan plural yaitu benda satu dan benda banyak ketika memasukkan query ke dalam kotak pencarian mesin pencari. Selain itu juga mencocokkan antara judul dan konten halaman tersebut.

Bagaimana cara agar konten situs ramah mesin pencari ? Membuat dan memilik rincian teknis detail sehingga memudahkan mesin pencari merayapi website adalah penting. Namun Sobat juga harus membagikan situs sobat tersebut. Teknologi pencarian mesin pencari bergantung pada metrik relevansi dan pentingnya konten dengan mengukur metrik dengan melacak apa yang dilakukan orang, apa yang mereka temukan, bagaimana pengunjung situs berinteraksi dengan situs, komentar dan backlink situs. Jadi sobat tidak bisa hanya membangun sebuah website yang sempurna dan menulis konten berkualitas. Sobat juga harus membagikan situs tersebut agar bertambah link berkualitas ke situs tersebut. Bagaimana perubahan teknologi mesin pencari ?

Teknologi online marketing mulai ada pada tahun 1990-an yang dilakukan secara manual, meta tag, kata kunci dan isin kata kunci ke mesin direktori mesin pencari. Namun pada tahun 2004 terjadi bom situs yang menggunakan anchor teks, memlbeli link, dan injektor otomatis blog, komentar spam, dan inner-linking site (membuat bebarapa situs yang saling membeli link) untuk menaikkan lalu lintas situs utama.

Pada Tahun 2011 ketika media sosial dan muncul instilah media sosial online marketing. Maka mesin pencari pun berevolusi menyempurnakan dirinya agar bisa memberikan hasil pencarian sesuai dengan query pengunjung. Bagaimana masa depan mesin pencari ? Online marketing tetap menjadi prioritas utama apabila sobat tetap ingin situs yang dimiliki mendapatkan peringkat bagus mesin pencari. Sebuah situs akan terus bersaing dengan situs sejenis untuk mendapatkan perhatian dan penempatan di hasil pencarian mesin pencari, dan orang-orang mencari pengetahuan dan pengalaman dengan mengunjungi situs. Apabila mereka memiliki konten berkualitas dan pengunjung betah berlama-lama menikmati konten situs tersebut, maka situs tersebut akan terus menerima manfaat dari peningkatan lalu lintas dan visibilitas.