Penelitian Kata Kunci Untuk Website

Submitted by admin on Thu, 01/03/2019 - 21:57

 Artikel belajar online gratis buat website ini tidak membahas tentang penelitian kata kunci kuantitatif untuk karya ilmian juga tidak menerangkan kata kunci kualitatif untuk penelitian yang Anda lakukan dan tidak pula menyuguhkan bagaimana proses penelitian kata kunci experimental. Penelitian kata kunci untuk website ini ditujukan bagi pemilik website / yang sedang belajar bagaimana mencari dan meneliti kata kunci yang tepat untuk websitenya.

Pencarian kata kunci dimulai ketika Anda mengetikkan kata tertentu pada kotak pencarian mesin pencari. Sebagai contoh ketika Anda mengetikkan kata Belajar maka mesin pencari akan menyuguhkan term / instilah yang sering digunakan oleh pengunjung mesin pencari terkait kata belajar tersebut. Bisa jadi akan muncul kata kunci sebagai berikut misalnya : Belajar online, belajar SEO, belajar gratis, belajar cepat, belajar bahasa arab dan masih banyak kata kunci yang disuguhkan mesin pencari sesuai dengan kata kunci yang Anda ketikkan pada kotak pencarian mesin pencari.

Untuk pemilik website penelitian kata kunci adalah sesuatu yang sangat penting dan berharga sekaligus memiliki nilai tinggi dalam persaingan di hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing sebagai 3 search engine utama saat ini. Mendapatkan kata kunci yang tepat dapat membuat website Anda berada dalam posisi yang tinggi di mata mesin pencari. Agar penelitian kata kunci yang Anda lakukan semakin bermanfaat, Anda juga harus mempertimbangkan dan mempelajari kebiasaan pengunjung website secara keseluruhan.

Penelitian kata kunci untuk website tidak hanya berkutat pada cara mendapatkan pengunjung saja, apalagi kalau website itu merupakan website komersil yang berisi produk untuk dipasarkan ke konsumen. lebih dari hanya mendapatkan pengunjung, Anda juga harus memikirkan bagaimana cara mendapatkan pengunjung yang tepat yang sedang mencari produk yang Anda tawarkan melalui website tersebut.

Dengan memahami proses penelitian kata kunci buat website, Anda memiliki keuntungan untuk memprediksi pergeseran permintaan, merespon perubahan kondisi pasar, dan menghasilkan produk, jasa dan konten yang sedang viral dicari oleh pengunjung search engine. Dalam dunia pemasaran di semua lini terdapat persaingan pasar yang harus Anda taklukkan untuk memenangkan persaingan dalam pasar yang digeluti.

Bagaimana cara menilai harga sebuah keyword (kata kunci) ? Berapa harga keyword website Anda ? Sebagai contoh ketika anda memasarkan tas wanita melalui website. Anda dihadapkan pada berbagai jenis tas wanita yang harus diteliti kata kunci tas apa yang banyak menghasilkan kunjungan untuk website tas online tersebut. Apa kata kunci dan jenis tas yang paling banyak mendatangkan kunjungan ke website Anda. Untuk mengetahui berbagai kata kunci pilihan yang hendak Anda maksimalkan untuk website tas online tas online tersebut, Anda bisa memanfaatkan Google Analytics Tools. Apabila Anda ingin menggunakan layanan berbayar juga banyak penyedia layanan online.

Selain memanfaatkan Google Analytic Tool tersebut, untuk memahami nilai dari suatu keywords/kata kunci perlu juga memahami konten website sendiri, membuat beberapa hipotesa, tes, lalu mengulang-ulang rumus pemasaran web kalisk. Berikut sebuah proses dasar untuk menilai harga kata kunci.

Bertanya pada diri sendiri

Adakah kata kunci yang relevan dengan konten situs Anda ? Apakan pencari informasi online menemukan apa yang mereka cari di situs Anda ketika mereka mencari menggunakan kata kunci tersebut ? Apakah mereka akan senang dengan apa yang mereka temukan pada website Anda ? Apakah lalu lintas tersebut memberikan keuntungan dan manfaat baik manfaat finansial maupun non finansial lainnya ? Jika jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut jawabannya ya maka lanjutkan pengembangan konten website Anda.

Mencari Istilah / Frase di mesin pencari

Dengan mencari istilah / frase padamesin pencari utama tersebut, pilihlah kata kunci yang memberikan keuntungan pada website anda dan website tersebut mampu bersaing dengan website dengan niche keyword serupa Anda akan mampu bersaing dan memenangkan persaingan. Juga hindari istilah / frase yang anda harus bersusah payah untuk memenangkan persaingan kata kunci tersebut.

Apakah ketika mencari istilah / frase kata kunci tersebut Anda mendapatkan ada iklan penelusuran diatas hasil penelusuran organic tersebut ? Biasanya apabila Anda mendapati terdapat banyak iklan biasanya kata kunci tersebut memiliki nilai tinggi dan biasanya banyak terdapat banyak terdapat banyak iklan penelusuran diatas hasil penelusuran organik tersebut. Triknya apabila anda hendak mencarinya adalah, cari niche keyword yang tidak banyak orang yang membahas namun terdapat banyak iklan penelusuran. Betul tidak ?

Beriklan di Google Adword / Bing AdCenter

Apabila situs web Anda tidak berada dalam posisi yang bagus pada kata kunci yang ditargetkan, maka Anda dapat mencoba membeli iklan di Google Adwords / Bing AdCenter untuk mendapatkan lalu lintas ke website. Hal tersebut dilakukan untuk melihat seberapa baik konversi iklan tersebut ke website Anda. Apabila anda beriklan menggunakan Google Ads, maka pilihlah iklan yang "sama persis" artinya iklan anda hanya akan muncul sesuai target kata kunci yang sudah Anda tentukan sebelumnya dan arahkan langsung pada halaman yang berisi kata kunci tersebut. Cobalah untuk melacak itayangan iklan hingga 200-300 klik sehingga Anda mendapatkan gambaran lebih dari target kata kunci tersebut.

Menggunakan data iklan Google Ads untuk menemukan harga suatu kata kunci

Sebagai contoh misalnya pada iklan pencarian saya beriklan menggunakan kata kunci 'belajar SEO'. Website belajaronlinegratis.com mendapatkan tayangan sebanyak 5.000 tayangan dalam satu hari. Dari 5.000 tampilan iklan belajar SEO tersebut ada 100 pengunjung yang datang ke halaman belajar SEO belajaronlinegratis.com. Dari 100 orang pengunjung tersebut ada 3 orang yang membeli produk belajar SEO. Saya menyediakan dana 300 ribu untuk beriklan di google adwords, maka dalam hal ini satu pengunjung untuk kata kunci 'belajar SEO' bernilai 3 rupiah untuk bisnis saya tersebut.

Untuk memulai proses penelitian kata kunci tersebut, Google Adwords keyword planner tool merupakan cara terbaik untuk memulai penelitian kata kunci untuk SEO website. Google adwords keyword planner tool tidak hanya menunjukkan kata kunci dan memberikan perkiraan volume pencarian dari suatu kata kunci, tetapi juga memberikan prediksi biaya untuk menjalankan kampanye iklan di google ads.  Untuk mengatur jenis pencocokan langsung dan lihat dibawah penelusuran pilih dalam rentang penelusuran lokal bulan ini. Ingat bahwa ini mewakili total pencarian. Tergantung pada peringkat iklan google ads dan klik per tayang, jumlah sebenarnya yang anda dapatkan lebih sedikit dari yang ditampilkan.

Sebagai akhir dari pembahasan penelitian kata kunci website. Sekali lagi bahasan kata kunci buat website ini tidak membahas penelitian kata kunci kualitatif, penelitian kata kunci kunci kuntitatif, dan penelitian kata kunci experimental yang mungkin saja bisa memiliki istilah yang sama dalam penelitian ilmiah.