Pengaruh Kegunaan Situs, Pengalaman Pengguna dan Konten Dalam Peringkat Hasil Pencarian

Submitted by admin on Tue, 02/26/2019 - 18:10

Apakah ada pengaruhnya antara tampilan website, pengalaman pengguna dan konten website tersebut untuk berada dalam posisi teratas dalam hasil pencarian mesin pencari ? Pada artikel belajar online gratisi kita akan membahasnya sehingga pembaca mengetahui korelasi antara kesemuanya.

Dari waktu ke waktu mesin pencari selalu berupaya untuk meningkatkan kinerja mereka dengan menyajikan hasil pencarian terbaik yang sesuai dengan pengguna mesin pencari yang memanfaatkannya. Penilaian "terbaik" subjektif sesuai dengan yang menilai. Pada umumnya mesin pencari memiliki ide yang sangat bagus dari jenis halaman dan situs yang memuaskan pengguna mereka. Pada umumnya situs terbaik menurut mesin pencari memiliki beberapa sifat yang sama, yaitu

1. Website tersebut mudah digunakan,memiliki navigasi yang jelas dan mudah digunakan pengguna

2. Memberikan manfaat secara langsung dan memiliki informasi yang sesuai dengan apa yang pengguna cari

3. Website tersebut dirancang secara profesional dan dapat diakses dengan baik dari berbagai gadget

4. Memiliki konten yang berkualitas, kredibel dan memberikan informasi yang mudah dipahami

Meskipun perkembangan teknologi informasi berkembang dengan pesat, namun mesin pencari belum bisa memahami teks, melihat gambar, menonton video dengan cara yang sama seperti manusia. Dalam rangka memahami dan memeringkatkan konten suatu website, mesin pencari masih membutuhkan meta tag tentang bagaimana para pengguna berinteraksi de situs tersebut, Halaman website dan ini memberikan informasi ke mesin pencari terhadap kualitas konten dan halaman website tersebut di mata mesin pencari.

Dampak Usabiliti Website Terhadap Pengalaman Pengguna

Ada beberapa variabel yang mesin pencari dapat memperhitungkan secara langsung, termasuk kata kunci website, Link building, dan struktur website. Dengan cara menggabungkan pola, metrik keterlibatan pengguna, dan algoritma mesin pencari membuat sejumlah besar gambaran tentang website tersebut.

Kegunaan website dan pengalaman pengguna mengambil manfaat dari situs. Apabila banyak pengunjung yang betah dan sering mengunjungi website tersebut maka mesin pencari akan memberikan tingkat hasil pencarian yang bagus pada daftar pencarian. Ketika website memberikan manfaat kepada pengunjung maka secara tidak langsung website tersebut memberikan nilai bagus ke algoritma mesin pencari dengan algoritma yang dimiliki mesin pencari, maka mesin pencari akan mengukur popularitas website sehingga mesin pencari dapat menafsirkan seperti apa kualitas website tersebut. Tidak ada yang suka mengunjungi Crummy Site bukan ?

Cara Mengukur Kualitas Konten Website

Ada beberapa cara untuk menilai suatu website memiliki kualitas konten bagus atau tidak dengan memperhatikan beberapa hal berikut :

Yang pertama kualitas konten website dapat dinilai dari keterlibatan metrik ke website tersebut. Ketika mesin pencari memberikan hasil pencarian kepada pengunjung, maka ketika mesin pencari akan merekam apa yang dilakukan oleh pengunjung terhadap hasil yang diberikan oleh mesin pencari. Apabila pengunjung mesin pencari meng-klik link yang diberikan maka website tersebut mendapatkan nilai engangement yang bagus, Apabila pengunjung tersebut langsung menutup website yang baru dikunjungi maka akan memiliki nilai negatif pada hasil pencarian mesin pencari. Ketika hal itu terjadi mesin pencari menganggap pengunjung tidak banyak mendapatkan manfaat dari website yang baru dikunjunginya.

Dan apabila pengunjung berlama-lama menikmati konten yang ada pada website, maka mesin pencari akan menilai dan mengumpulkan data apa saja konten-konten yang pengunjung sukai dari website yang baru dikunjunginya dan menambah kualitas konten website tersebut dimana mesin pencari.

Cara kedua untuk menilai kualitas konten website dengan cara machine learning. Google menerapkan machine learning pada algoritma peringkatnya dan memperkenalkannya dengan nama Panda. Google Panda secara signifikan merubah bagaimana cara menilai kualitas website. Pada awalnya Google mulai dari menerapkan evaluator manual dengan mempekerjakan manusia untuk menilai ribuan situs dan menyingkirkan webiste berkualitas rendah.

Seiring berjalannya waktu, Google Panda pun menirukan bagaimana manusia menilai kualitas konten website, setelah belajar dari evaluator manual dari manusia tersebut pada akhirnya algoritma Google Panda menyingkirkan jutaan website spam yang selama ini berada dalam daftar hasil pencarian mesin pencari. Update google panda ini memberikan hasil yang memuaskan karena merubah 20% lebih dari hasil pencarian mesin pencari dengan memberikan hasil yang lebih baik kepada pengunjung mesin pencari.

Cara untuk menilai kualitas konten website yang ketika dengan menghubungkan pola link building website tersebut. Sejak awal munculnya mesin pencari menggunakan struktur link website sebagai proxy untuk menilai kualitas dan popularitas suatu website. Website yang memiliki kualitas tinggi dan informasi yang banyak akan memperoleh banyak link dari website yang lain.

Selain ketiga cara menerapkan kualitas konten pada website yang sudah dijelaskan diatas, kerajinan untuk membuat konten baru pada website juga penting dan hal ini sering diulang-ulang ketika belajar seo. Bahwa konten adalah raja bagi sebuah website. Memiliki kualitas konten website yang memberikan banyak manfaat bagi pengung sangat penting untuk optimasi mesin pencari. Setiap pencarian yang dilakukan oleh pengunjung mesin pencari dimaksudkan untuk belajar, memecahkan masalah, membeli, memperbaiki, merawat dan yang lain. Dengan sering update konten website akan memperbaiki hasil pencarian pada mesin pencari sebagaimaan belajar online gratis juga sedang memulai untuk meningkatkan jumlah konten bermanfaat sehingga bisa menjadi tempat belajar online yang gratis dan informatif bagi pengunjung.