Pro Dan Kontra Penerapan Sistem Manajemen Pembelajaran Open Source

Submitted by admin on Fri, 07/30/2021 - 22:47

Apakah Sistem Manajemen Pembelajaran open source pilihan terbaik untuk organisasi Sobat? Ini mungkin akan memangkas anggaran biaya pembuatan LMS, tetapi apakah ada kerugian yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat keputusan akhir ? Pada artikel ini, belajaronlinegratis.com akan mengeksplorasi pro dan kontra dari Sistem Manajemen Pembelajaran open source.

Pro Dan Kontra Sistem Manajemen Pembelajaran Open Source
Ada begitu banyak pilihan yang harus dibuat ketika memilih Sistem Manajemen Pembelajaran yang tepat. Fitur dan layanan dukungan apa yang Sobat perlukan untuk mendapatkan ROI maksimum? Opsi penerapan apa yang paling sesuai untuk organisasi Sobat ? Namun, semua pertimbangan ini bergantung pada satu faktor yang sangat penting: anggaran Sobat.

Model penetapan harga/lisensi LMS yang berbeda membawa keuntungan dan kesulitan yang berbeda. Sementara banyak perusahaan memilih LMS open source untuk mengembangkan dan menyebarkan pelatihan online mereka, apakah itu cocok untuk organisasi Sobat? Tanpa basa-basi lagi, mari kita selidiki kelebihan dan kekurangan Sistem Manajemen Pembelajaran open source.

Keuntungan Sistem Manajemen Open Source

1. Bebas/ Biaya Pembuatan LMS rendah
Tidak diragukan lagi, salah satu manfaat yang paling dipuji dari Sistem Manajemen Pembelajaran open source adalah bahwa mereka bebas untuk digunakan. Sobat cukup mengunduh perangkat lunak tanpa harus memberikan info kartu kredit atau memilih paket pembayaran.

Namun, ada beberapa pengecualian untuk aturan tersebut. Platform open source tertentu memerlukan biaya nominal atau dikenal sebagai sistem 'freemium' , di mana Sobat mendapatkan kode dasar secara gratis tetapi harus membayar untuk upgrade atau add-on tambahan. Ini menjadikannya pilihan tepat bagi organisasi yang tidak mampu membayar biaya lisensi bulanan atau tahunan.

2. LMS Open Source Sepenuhnya Dapat Disesuaikan
Kode fitur Sistem Manajemen Pembelajaran open source bisa Sobat sesuaikan dengan kebutuhan Sobat; asalkan Sobat memiliki pengetahuan dan pengalaman pemrograman, yaitu. Sobat dapat menggabungkan brand, menyesuaikan tata letak, dan mempersonalisasi dashboard. Singkatnya, modifikasi setiap aspek platform LMS Open Source untuk mencapai tujuan pelatihan spesifik Sobat. Yang terbaik dari semuanya, Sobat tidak perlu mendapatkan izin, karena ini adalah sistem yang bebas untuk digunakan.

3. Komunitas Pengguna Aktif Untuk Dukungan Berkelanjutan
Banyak Sistem Manajemen Pembelajaran open source datang lengkap dengan komunitas pengguna online. Di sana Sobat akan menemukan tip, trik, dan saran untuk membantu Sobat meningkatkan fungsionalitas dan menguasai fitur dari platform LMS Open Source yang sobat gunakan. Sobat juga dapat mengajukan pertanyaan saat mengalami masalah dan membagikan petunjuk Sobat sendiri setelah membiasakan diri dengan tool tersebut. Kuncinya adalah menemukan sistem dengan komunitas pengguna aktif dan/atau sumber daya dukungan online, seperti tutorial pelatihan online atau FAQ.

Kekurangan
1. Membutuhkan Pengetahuan Pemrograman
Poin penting yang paling umum yang mencegah organisasi beralih ke platform open source adalah kurva pembelajaran. Tidak seperti solusi LMS lainnya, Sistem Manajemen Pembelajaran open source harus disesuaikan dengan baik sebelum Sobat memulai proses pengembangan kursus online.

Ini bukan hanya masalah menyesuaikan skema warna atau mengintegrasikan elemen branding, tetapi memodifikasi pengkodean back-end dari buttom to up. Dengan demikian, Sobat membutuhkan orang-orang di tim belajar online Sobat dengan pengalaman pemrograman yang dapat mempersonalisasi platform LMS berdasarkan kebutuhan pelatihan kursus online.

2. Mungkin Kekurangan Fitur Tertentu
Beberapa Sistem Manajemen Pembelajaran open source memiliki fitur dan fungsi yang terbatas. Dalam kasus tertentu, Sobat dapat memperluas fungsionalitas dengan menyesuaikan pengkodean. Di tempat lain, Sobat harus membayar biaya tambahan untuk mengakses layanan 'freemium'.

Misalnya, meningkatkan ke fitur pelaporan yang lebih kuat atau membuka kunci dukungan sertifikasi. Inilah sebabnya mengapa Sobat perlu memverifikasi semua biaya yang terkait dengan platform sebelumnya. Jika ragu, tanyakan kepada pengembang apa yang termasuk dalam unduhan dan apa yang dikenakan biaya tambahan.

3. Opsi Dukungan Terbatas
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, banyak Sistem Manajemen Pembelajaran open source memiliki komunitas pengguna. Tapi kebanyakan tidak berani lebih dari itu. Sobat mungkin tidak akan memiliki akses ke dukungan teknis email atau nomor bebas pulsa. Namun, beberapa vendor LMS memang menawarkan fasilitas ini dengan biaya tambahan.

Ini adalah masalah utama bagi organisasi yang membutuhkan layanan dukungan lebih lanjut untuk meningkatkan fungsionalitas LMS Open Source. Misalnya, mereka tidak memiliki staf TI khusus yang dapat menangani kesalahan atau gangguan pengkodean, atau mereka tidak dapat mengatur sistem di server lokal mereka.

Apakah LMS Open Source Tepat Untuk Sobat?
Platform LMS open source adalah pilihan yang bagus untuk organisasi yang telah memiliki tim belajar online internal dengan keahlian pengkodean atau mereka yang bersedia berinvestasi dalam pelatihan online untuk meningkatkan kecepatan pengembangan staf mereka.

Yang mungkin melibatkan kurva belajar yang panjang, tergantung pada keahlian dan latar belakang mereka saat ini. Di sisi lain, organisasi yang memerlukan dukungan lebih lanjut dan ingin segera menerapkan sistem mereka mungkin ingin mempertimbangkan opsi lain, seperti LMS berbasis cloud yang ramah pengguna yang tidak memerlukan unduhan perangkat lunak apa pun dan menawarkan paket harga layanan LMS cloud yang fleksibel .

Cara Menemukan Sistem Manajemen Pembelajaran Open Source yang Tepat Untuk Proyek Belajar Online
Setelah Sobat mempersempit daftar Sobat menjadi beberapa pesaing teratas, inilah saatnya untuk menguji komunitas online mereka dan kemudahan penggunaan. Download source code lms open source dan undang tim Sobat untuk menyelesaikannya. Akses komunitas pengguna untuk melihat seberapa cepat pertanyaan dijawab dan seberapa sering orang memposting.

Misalnya, terakhir kali seseorang meninggalkan komentar atau membagikan tip adalah 4 minggu yang lalu. Ini mungkin tSobat bahaya bahwa komunitas tidak akan banyak berguna dalam keadaan darurat, seperti jika Sobat menemukan kesalahan dengan sistem yang harus segera diatasi untuk menghindari penundaan peluncuran.

Learning Management System open source bukan untuk semua orang. Namun, mereka mungkin merupakan pilihan yang hemat biaya pembuatan lms untuk tim kursus online yang memiliki pengetahuan pemrograman dan menginginkan lebih banyak kebebasan berkreasi. Lakukan analisis kebutuhan pelatihan dan dapatkan masukan dari staf L&D Sobat untuk menentukan model lisensi mana yang terbaik. Sobat juga dapat mendaftar untuk uji coba dan demo gratis LMS untuk menguji opsi harga yang berbeda secara langsung.

LMS open source menawarkan Sobat kemampuan untuk menggabungkan branding Sobat dan mempersonalisasi setiap aspek desain kursus online Sobat. Tetapi bahkan jika Sobat adalah seorang pro kursus online yang paham teknologi, Sobat masih harus menemukan LMS yang tepat.