Teknik SEO Yang Baik Dan Masalah Penerapan SEO Pada Situs

Submitted by admin on Fri, 03/16/2018 - 20:40

Saya yakin bahwa Sobat yang belajar teknik seo mengetahui bahwa teknik seo dibagi menjadi 2 yaitu teknik seo on page dan teknik seo offpage. Teknik seo on page berkaitan langsung dengan kontent dan segala hal yang berhubungan dengan website tersebut atau lebih mudahnya faktor seo internal sedangkan teknik seo offpage berkaitan dengan faktor external situs tersebut. Pada postingan artikel belajar seo kali ini kita akan belajar teknik seo yang baik dengan menghindari kesalahan dan kekurangan yang ada pada situs kita dengan cara memperbaiki kesalahan seo agar peringkat situs semakin bain dimata mesin pencari (Search Engine).

Terdapat tiga kesalahan seo yang bisa jadi tidak disadari oleh sobat yang sedang memperbaiki situsnya untuk memperbaiki peringkat di mesin pencari. Apa saja faktor yang menghambat dalam penerapan teknik seo yang benar tersebut, sehingga situs sobat tidak membaik posisinya di hasil pencarian mesin pencari.

Dalam sebuah survey yang dilakukan Alexa para pakar seo mengatakan bahwa situs yang mobile friendly diberi peringkat lima dari skala penilaian 1-5. Ini artinya bahwa situs yang mobile friendly ada diberi peringkat lebih baik oleh mesin pencari dibandingkan situs yang tidak search engine friendly. Bagaimana cara mengetahui situs sobat telah seo friendly ? Coba cek blog sobat di cek pada halaman pengujian mobile friendly google berikut : https://search.google.com/test/mobile-friendly.

Foktor kedua dalam menerapkan teknik seo yang baik adalah invound link. Pada hasil survey inbond link mendapatkan peringkat 4 dari skala 5 tentang pentingnya menerapkan teknik seo yang benar dalam inbound link. Inbound link merupakan tautan yang mengarah pada situs sobat.

Foktor ketiga dalam menerapkan teknik seo yang baik adalah membuat kualitas konten untuk website Sobat. Ya kualitas konten mendapatkan nilai 4 dari skala 5 dalam menerapkan teknik seo yang benar. Selain mengupdate situs dengan konten-konten berita yang sedang ramai sesuai dengan niche situs sobat, buatlah konten-konten berkualitas yang memiliki sifat evergreen content artinya konten tersebut akan selalu relevan dan tidak mengenal kadaluwarsa.

Selain menerapkan teknik seo yang benar dengan memperbaiki situs agar mobile friendly, penerapan inbound link dan kualitas konten. Menghindari hal-hal yang tidak penting dalam memperbaiki seo dan fokus pada faktor-faktor seo yang baik. Selain memikirkan teknik seo yang baik, sobat juga perlu menyadari masalah-masalah seo yang buruk seperti berikut.

Permasalahan penerapan teknik seo yang baik pertama datang dari kompetitor dan hacker yang menerapkan negatif SEO. Apa itu negatif seo ? Negatif seo adalah masalah yang tidak diindahkan oleh pemilik situs yang akan mempengaruhi dan merugikan peringkat situs Sobat. Semua ahli seo telah mendengar adanya teknik negatif seo tersebut, teknik negatif SEO yaitu ketika pihak luar menggunakan teknik untuk mensabotase peringkat situs sobat.

Beberapa tanda bahwa situs sobat mengalami teknik negatif seo adalah spam inbound link dalam jumlah yang sangat besar, tidak muncul dalam hasil pencarian mesin pencari, situs scraping, serangan DDoS, dan teknik hacking situs lainnya. Bagaimana cara menghindari teknik negatif seo tersebut ? Sebuah saran dari ahli seo bisa sobat terapkan yaitu membuat situs terbaik untuk menghindari dampak buruk dari kampanye negatif seo. Dengan membangun situs yang baik diharapkan penerapan teknik negatif seo tidak memiliki pengaruh yang buruk bagi situs sobat.

Masalah penerapan seo yang kedua adalah teknik Black Hat SEO atau pembaruan algoritma mesin pencari yang menyebabkan situs mendapatkan hukuman dari mesin pencari karena perubahan algoritma mesin pencari tersebut. Apa saja yang bisa menyebabkan situs terlempar dari hasil pencarian mesin pencari ?

Penyebab yang paling dominan yang dilaporkan oleh ahli seo terkait teknik Black Hat SEO dan diinformasikan oleh pakar seo adalah Backlink yang buruk, Duplikat konten, Scraped konten, keyword stuffing, Anchor link yang terlalu banyak, Hidden link, Cloaking, Hacking, Konten yang tidak sesuai, dan Situs timeout. Dan hal-hal tersebut bisa menyebabkan situs mendapatkan hukuman dari google dan mesin pencari lainnya yaitu dengan hilangnya situs dari hasil pencarian mesin pencari. Bagaimana caranya agar terhindar dari hukuman mesin pencari ?

Cara terbaik agar tidak kena kukuman Google tentu saja menghindari teknik-teknik black hat seo tersebut dengan fokus pada pengunjung situs terlebih dahulu agar pengunjung yang datang ke situs sobat tersebut mendapatkan manfaat. Namun apabila situs sobat mendapatkan hubuman dari Google berikut cara agar pulih dari hukuman mesin pencari tersebut sehingga situs kembali muncul pada hasil pencarian mesin pencari.

Teknik keluar dari hukuman mesin pencari Google diantaranya dengan cara menghilangkan anchor link yang berlebihan pada author's box, Tidak menempatkan backlink berkualitas rendah, Membangun back link yang berkualitas, merevisi duplikat konten, Melakukan audit menyeluruh terhadap situs dan pastikan sobat fokus pada hal yang menyebabkan situs sobat di banned oleh Google dan mesin pencari lainnya, Dan yang paling extrem adalah ganti website dan hosting lalu mengirimkan ulang ke webmaster tool google dan mesin pencari lainnya.

Masalah ketiga dalam penerapan teknik seo yang benar adalah ranking situs yang rendah akibat kanibalisasi kata kunci pada situs tersebut. Apa yang dimaksud kanibalisasi kata kunci (Keyword Cannibalization) tersebut ? Kanibalisasi kata kunci adalah membuat beberapa halaman dari sebuah situs dengan menargetkan kata kunci yang sama. Hal ini termasuk merubah konten untuk fokus pada kata kunci yang sama pada beberapa halaman situs, Situs yang memilih membuat duplikat kontent dibandingkan redirect ke konten yang sudah ada, dan CMS yang dibuat untuk tujuan duplikat konten. Bagaimana cara mengatasi masalah situs yang memiliki peringkat rendah dimata mesin pencari akibat Kanibalisasi kata kunci (Keyword Cannibalization) ?

Untuk mengatasi peringkat rendah situs akibat kanibalisasi kata kunci (Keyword Cannibalization) adalah dengan melakukan penelitian kata kunci secara mendalam terhadap situs dan memetakannya, itu hal terpenting ketika situs mendapatkan peringkat rendah karena kanibalisasi kata kunci. Sobat mungkin juga perlu melakukan restrukturisasi Situs apabila diperlukan. Berikut beberapa saran apabila situs mengalami peringkat rendah di hasil pencarian google dan mesin pencari akibat kanibalisasi kata kunci.

Menata ulang halaman-halaman situs dan mengkategorikan sesuai dengan topiknya, Menghapus halaman, mengedit, dan mengubah target kata kunci halaman, Merubah judul dan konten kemudian mempublikasikan perubahan dan membagikannya ke media sosial. Menerapkan semantik alternatif kata kunci tertarget dan membuat postingan yang berlawanan pada halaman baru sehingga topik bahasan menjadi lebih luas.

Dari pembahasan tentang teknik seo yang baik dan masalah seo yang bisa menyebabkan turunnya peringkat situs di hasil pencarian Google dan mesin pencari lainnya dengan mengecek backlink situs secara berkala, melakukan internal audit, dan menerapkan praktek seo terbaik untuk setiap halaman situs. Apabila mendapatkan masalah seo laporkan ke Google.

Sumber : Alexa