Teknik-Teknik SEO

Sebagaimana telah dipaparkan pada belajar seo gratis tentang bahwa pembahasan setelah jenis-jenis optimasi SEO Kita akan membahas teknik-teknik seo. Teknik SEO dibagi menjadi 2 yaitu Black Hat SEO VS White Hat SEO. Namun ahli seo ada juga yang berpendapat bahwa teknik seo dibagi menjadi tiga bagian besar yaitu teknik White Hat SEO, Black Hat SEO, dan Grey Hat SEO. Saya pribadi lebih memilih 2 teknik optimasi tersebut. Jadi kita akan membahas teknik White Hat SEO dan White Hat SEO.

Apa White Hat SEO itu ? Kalau kita artikan secara harfiah maka white hat seo artinya Topi Putih SEO. Rasanya garing menurut saya kalau diartikan secara harfiah. Teknik White Hat SEO merupakan teknik optimasi website yang dilakukan dengan jujur untuk menyediakan kepada pengunjung website/blog informasi yang mereka cari dan butuhkan.

Teknik white hat seo dilakukan dengan jujur untuk menyediakan konten dan informasi bermanfaat bagi pengguna internet. Perencanaan yang matang karena proses optimasi jenis white hat seo membutuhkan kesabaran, dan kejelian dalam optimasinya. Yang paling penting mereka mengikuti aturan-aturan dan menyesuaikan dengan algoritma mesih pencari.

Teknik white hat seo dimulai dari pencarian keyword (kata kunci) yang tepat, optimasi meta tag, optimasi meta description website mereka, pembangunan link building, optimasi on page dan optimasi off page.

Lalu apa itu Black Hat SEO ? Kalau kita artikan secara harfiah pun black hat seo artinya topi hitam seo. Black hat seo adalah teknik seo yang dilakukan semata-mata untuk mesin pencari. Optimasi dilakukan dengan berbagai cara yang penting berada pada posisi halaman pertama hasil pencarian google. Mereka tidak memikirkan jangka panjang kehidupan website/blog. Kalau website/blog anda cuma untuk sementara waktu saja, sah-sah saja menggunakan teknik black hat seo. Kalau anda membuat website/blog untuk jangka panjang maka hindari teknik-teknik black hat seo. Apa saja teknik-teknik black hat seo ? berikut diantara teknik-teknik black hat seo :

Itulah sekilas tentang pengenalan teknik-teknik seo, baik teknik white hat seo maupun black hat seo.

Teknik Black Hat SEO

Teknik Black Hat SEO bertujuan untuk segera terindeks oleh mesin pencari dengan menggunakan bermacam-macam cara untuk mengelabui algoritma mesin pencari dan akhirnya bertengker pada halam pertama hasil pencarian google misalnya. Mengapa para pengguna black hat seo lebih lebih memilih google ? Hari gini siapa yang ga kenal google gitu sob, mesin pencari terbesar dang digunakan sebagian pencari informasi lewat internet. Lalu apa saja teknik-teknik black hat seo tersebut ? berikut beberapa teknik/ metode black hat seo :

Keyword Stuffing
Keyword stuffing merupakan metode black hat dengan menempatkan berbagai macam keyword/kata kunci dengan varian-varian kata kunci termasuk juga dengan mempertimbangkan berapa kali keyword ditulis pada suatu halaman. Seperti belajar matematika yaa semuanya dihitung. Ya begitulah teknik keyword stuffing. Hal ini dilakukan agar postingan tampak rapi dan relevan dengan kata kunci yang ditulis pengguna internet.

Hidden atau Invisible Text
Hidden text atau invisible text merupakan teknik seo dengan menyamarkan dan menyembunyikan teks, sehingga tidak terlihat oleh pengunjung pada kondisi normal.
Selain menyembunyikan teknik hidden text juga dilakukan dengan memasukkin huruf kecil dan disembunyikan dengan kode html, no frame atau "alt" atribut.

Meta Tag Stuffing
Metode/teknik meta tag stuffing yang metode optimasi seo dengan cara mengulan kata kunci/keyword pada meta tag, serta menggunakan kata kunci pada meta tag yang tidak ada hubungannya dengan konten situs/blog.

Doorway Page
Teknik doorway page merupakan web dengan sedikit konten, namun penuh dengan kata kunci dan frase. Halaman ini dirancang agar berada pada peringkat tinggi pada hasil pencarian mesin pencari. Biasanya halaman doorway menggunakan link "klick here to enter". Pernah mendapati halaman website tersebut ? kalau anda mendapati, berarti situs/blog tersebut menggunakan optimasi doorwar page agar nongkrong di posisi pertama hasil pencarian mesin pencari.

Scraper Site
Scraper site merupakan situs yang dibuat dengan program tertentu untuk menarik robot mesin pencari sehingga berada pada halaman utama hasil pencarian. Atau juga mengambil konten dari website lain dan mengolah konten dengan software tententu seakan-akan merupakan konten unik dan baru. Kadang website scraper bisa lebih tinggi posisinya daripada website aslinya.

Article Spinning
Teknik article spinning merupakan teknik menulis ulang artikel dengan menyesuaikannya dengan keyword yang diinginkan untuk menghindari duplikasi konten dari mesin pencari google terutama.

Link Building Software
Teknik membangun dan menambah jumlah link ke website tertentu menggunakan software link building. Apa tujuannya ? tujuannya agar mesin pencari mengira bahwa website/blog tersebut mempunyai kredibilitas tinggi karena mempunyai banyak link dari website lain.

Link Farms
Link farms merupakan teknik seo dengan cara bertukar referensi halaman website satu sama lain atau tukar link. Tujuannya dari link farms untuk meningkatkan situs lain yang terhubung ke suatu website/blog.

Hidden Link
Teknik hidden link dilakukan dengan cara menyembunyikan link agar tidak terlihat oleh pengunjung.

Page Hijacking
Teknik Page hijacking dilakukan dengan copy paste konten dari situs populer kemudian mengarahkan pengunjung ke situs yang tidak ada hubungannya dengan situs asli, bahkan bisa mengarahkan pengunjung ke situs berbahaya yang berisi virus.

Ad Only Pages
Halaman hanya berisi iklan semua dan menunjukkan kepada pengunjung sebelum mereka melihat konten sebenarnya.

Blog Spam
Blog spam dilakukan dengan menginstal wordpress dengan menonaktifkan Akismet spam protection. Kemudian memposting beberapa halaman sesuai target kata kunci mereka dan membiarkan spammer mengisi blog mereka. Setelah banyak spammer mengomentasi blog. mereka akan menghapus link keluar.

Domain Grabbing
Domain grabbing yaitu teknik seo dengan membeli domain lama yang gagal kemudian menjual kembali website tersebut melalui situs jual beli domain.

Itulah diantara teknik-teknik black hat seo. Apabila anda menggunakannya resiko tanggung sendiri. Posting ini hanya informasi untuk menambah wawasan tentang dunia per-seo-an.

Teknik White Hat SEO

Setelah kita belajar teknik black hat SEO, pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama belajar seo gratis dengan topik Teknik White Hat SEO. Teknik topi putih seo merupakan teknik seo legal dan google pun memberikan banyaak tool gratis bagi kita untuk mengoptimasi website kita.

Dalam menilai suatu website, website mempunyai ratusan indikator dan penilaian sehingga suatu website/blog relevan atau tidak. Jumlah indikator penilaian Google bahkan mencapai ratusan, namun sayang penjabaran detail indikator-indikator tersebut hanya google yang tahu.

Kalau Anda serius dan berpendapat pentingnya berada pada halaman pertama hasil pencarian google, verifikasilah website anda pada webmaster tools google dan Google analytics agar anda segera tahu bagaimana kondisi website anda, apa saja kata kunci yang digunakan pengunjung sampai ke website Anda. Apakah file robot berjalan sempurna/ bahkan menghalangi robot google dari mengindeks website Anda.

Tidak lucu juga kan anda punya banyak original content/ konten asli hasil karya anda sendiri, namun tidak bisa diindeks oleh google karena file robot.txt pada website anda menghalangi robot Google.

Ayo segera login ke akun google kalian dan masuk ke google webmaster tools dan google analytics tunggu apa lagi ? Pembahasan teknik White Hat SEO sampai disini dulu kita lanjutkan nanti, oke bos ? he he

Cara Membuat Judul Blog Menarik

Judul blog yang menarik dan membangkitkan keinginan pengunjung untuk klik merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan traffic pengunjung dari search engine. Lalu bagaimana cara membuat judul blog yang menarik pengunjung untuk meng-klik ?

Sebagai contoh berikut beberapa judul sebagai contoh :
1. Membuat blog
2. Cara membuat blog
3. Cara membuat blog menarik dalam 5 menit
Dari ketiga judul tersebut diatas manakah yang menarik pengunjung untuk meng-klik hasil pencarian ?

Membuat judul blog merupakan salah satu seni dalam blogging. Sebagai seorang blogger harus bisa membuat judul yang menarik agar banyak traffic. Lalu bagaimana cara membuat judul blog yang menarik tersebut ?

Masih ingat bagaimana mencari kata kunci populer ? belum membacanya silahkan baca dulu bagaimana cara mendapatkan kata kunci populer.

Buat judul menarik untuk situs, keterangan situs dan judul untuk setiap halaman posting sobat blogger. Untuk judul domain pilihlah judul yang lebih umum dan lebih luas agar dan banyak sub judul pembahasan, sehingga ketika mentok dalam suatu topik, Sobat bisa posting tentang topik lainnya.

Hal ini tidak berlaku apabila sobat blogger membuat situs untuk menjual software/ebook online. Untuk kasus ini pilihlah topik khusus dan menjurus langsung ke topik software/ebook sobat blogger, selanjutnya dioptimasi melalui Google Adwords.

Kembali ke laptop eh salah kembali ke topik bahasan membuat judul menarik. Setelah menemukan judul untuk domain Sobat dan membelinya melalui hosting yang sobat percayai.

Buatlah judul untuk setiap posting sobat secara akurat, dan menggambarkan posting halaman tersebut serta hindari memilih judul yang tidak ada hubungannya dengan konten halaman tersebut. Setiap halaman harus mempunyai judul unik. Jangan gunakan satu judul untuk sebagian besar konten situs/blog bahkan lebih parah lagi untuk semua halaman posting. Kalau hal ini sobat blogger lakukan, jangan salahkan Google kalau situs sobat hilang dari pencarian google nanti karena ada dianggap melakukan teknik black hat seo.

Cara Mencari Keyword Populer

Tanya mengapa judulnya bagaimana cara mencari keyword populer ? Saya memilih hal tersebut karena situs yang akan kita buat untuk jangka panjang jadi harus benar-benar memperhatikan kata kunci populer dan juga menganalisa apakah kata kunci populer yang kita bidik tersebut bernilai atau tidak.

Kata kunci populer Google akan kita gunakan sebagai alamat domain kita nantinya seperti juga website belajaronlinegratis.com dalam memilih kata kunci belajar online gratis sebagai alamat domain utama.

Mencari kata kunci/mencari keyword yang banyak dicari orang namun sedikit kompetitor memang membutuhkan tenaga dan pikiran agar kita mendapatkan kata kunci yang pas untuk website/blog kita.

Yakinlah bahwa usaha dan kelelahan anda akan terbayar dengan berkurangnya tenaga untuk optimasi selanjutnya, kecuali anda punya investor dengan dana banyak anda dapat membeli niche keyword dari penyedia online dan mendatangkan traffic ke website/blog melalui google adwords/ppc lainnya. Silahkan abaikan topik bagaimana mencari keyword populer ini.

Apa yang dicari ? namanya juga cara mencari kata kunci populer yang kita cari adalah kata atau rangkaian kata yang banyak dicari orang namun sedikit persaingan dari website lain/ sering di istilahkan dengan mencari Niche Keywords.

Niche keyword merupakan kata kunci dengan jumlah pencarian mesin pencari yang banyak, namun masih sedikit website/blog yang membahasnya. Ya kira-kira kata kunci tersebut dicari oleh 100-500 pencarian dengan persaingan antara 10.000-15.000 website yang membahasnya.

Lalu bagaimana mencari niche keyword populer tersebut ? Untuk tahap awal sobat belajar online bisa menggunakan mesin pencari Google, Yahoo, dan Bing dan coba merangkai sendiri dan mengira-ngira kira-kira apa kata kunci populer Google dan mesin pencari lainnya namun hasil pencariannya sedikit.

Ketika mencari kata kunci populer menurut sobat belajar online berilah tanda kutip pembuka dan penutup contohnya kalau sobat mencari kata kunci belajar online gratis, maka cara menulis di kotak pencarian seperti ini : "belajar online gratis".

Keduanya bisa memberikan perbedaan hasil pencarian pada halaman utama mesin pencari. Kok bisa begitu ? ya karena cara pertama akan mengkombinasikan dari ketiganya atau juga dari salah satunya, nah cara kedua mesin pencari hanya memunculkan kata kunci yang sama persis diketik oleh pengguna internet.

Apa tidak ada aplikasi/tool kata kunci gitu sehingga pencarian kata kunci populer lebih efisien ? Sebenarnya banyak tool pencari keyword populer. Silahkan googling sendiri kalau tidak sabar, atau menunggu posting selanjutnya tentang tool pencari kata kunci populer google. Oke sobat semua selamat mencari niche keyword semoga berhasil.

Gratis Keyword Tool Online

Setelah belajar online posting bahwa setelah membahas bagaimana cara mencari keyword populer akan sharing tentang gratis keyword tool bagi sobat belajar online. Berikut diantara keyword tool online gratis yang bisa sobat online gunakan :

1. Google Adwords Keyword Tool

Google adwords adalah layanan online google bagi para advertiser atau pemasang iklan Google. Layanan ini disediakan bagi mereka untuk menentukan target iklan mereka, apakah target kata kunci mereka sesuai dengan apa yang mereka harapkan sekaligus untuk survei keinginan pengguna internet terhadap suatu kata kunci/keyword.

Saya tidak mengiklankan perusahaan saya, apakah saya boleh menggunakannya ? Jangan risau begitu, google tetap berbaik hati kok selama sobat punya akun Google bisa menggunakannya dengan gratis.

2. Google Trends

Google Trends apa gunanya ? Sobat belajar online bisa menggunakan google trends untuk melihat grafik pencarian dari suatu kata kunci atau bisa juga membandingkan antara satu kata kunci dengan kata kunci lainnya.

3. FreeKeywords WordTracker

Kalau Free keyword tool ini bukan dari Google, layanan gratis keyword tool online ini dari WordTracker Inc sebagai sarana promosi produk mereka menurut saya.

Walaupun tidak diberikan full service karena kita menggunakannya juga gratis ya sudah cukuplah untuk menilai suatu tren dan persaingan dari suatu kata kunci.

4. Alexa

Ini nama cewek atau nama band ? ya kalau ada kemiripan ini cuma kebetulan tidak ada hubungannya.  Cuma ingin sedikit bercanda untuk mengurangi stress, Betul ga ?

Alexa adalah layanan online untuk menilai suatu website dengan menggunakan indikator traffic dan link dalam menilai suatu website. Begitu menurut saya. Kalau menurut kamu ?

Dalam menentukan nilainya jangan salah baca yaa karena penilaian alexa semakin sedikit nilai suatu website/blog berarti nilainya semakin bagus berbeda dengan page rank. Kalau dalam penilaian 1-10 maka nilai terbaik alexa adalah satu sedang kalau kita menilai page rank suatu website, nilai terbaiknya adalah 10.

Alexa juga memberikan kita alternatif kata kunci sebagai pilihan lain untuk menentukan kata kunci terbaik yang akan kita gunakan.

5. Keyword Country

Layanan online gratis keyword Country mencakup kata kunci, volume pencarian, dan jumpah persaingan dari suatu kata kunci. Kalau anda mendapatkan kata kunci bahasa indonesia muncul peringatan kata kunci tidak ditemukan, Ya coba mencari kata kunci yang lebih umum.


Itulah 5 daftar keyword tool online terbaik menurut belajaronlinegratis.com. Sobat belajar online ingin menambahkan daftar keyword tool gratis lainnya ? Jangan sungkan tambahkan pada komentar.