Belajar Membuat Game Online

Dengan banyaknya sobat belajar online yang sedang mencari informasi tentang bagaiman cara membuat game online. Untuk membantu para sobat sekalian maka belajaronlinegratis.com membuat buku online belajar membuat game online.

Sebelum kita belajar lebih jauh yuk kita lihat apa sih game online itu ? Pengertian game online wikipedia adalah : "jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer (LAN atau Internet) sebagai medianya. Biasanya permainan daring disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan jasa online, atau dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut".

Sedang pengertian game online menurut para ahli dalam hal ini diwakili Andrew Rollings dan Ernest Adams, memberikan pengertian bahwa game online (permainan daring) lebih tepat disebut sebagai sebuah teknologi debandingkan diartikan sebagai sebuah genre permainan. Game online merupakan mekanisme untuk menghubungkan pemain bersama dibandingkan dengan pola tertentu dalam sebuah permainan (Rolling & Adams) 2006:770)

Sumber : wikipedia.org

Bagi sobat belajar online yang serius ingin terjun dan mendalami pembuatan game dapat membaca review aplikasi-aplikasi pembuat game online, karena artikel-artikel ini saya buat seperti buku sehingga setiap link  menggambarkan satu bahasan.

Aplikasi Pembuat Game Online

Aplikasi-aplikasi pembuat game online berkembang seiring dengan perkembangan game online selama ini. Aplikasi untuk membuat game online tersebut tentu sangat membantu para pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis game online.
Walau kadang software pembuat game online gratis memikili keterbatasan layanan dan fitur dibandingkan software untuk membuat game yang berbayar, setidaknya dapat menjadi pijakan pertama dan memudahkan membuat game bagi sobat yang memiliki.
Bagi sobat belajar online yang sedang ingin membuat game online semoga informasi aplikasi-aplikasi game online gratis disini dapat membantu sobat sekalian dalam membuat game online walau minim dengan bahasa pemrograman.

Aplikasi 3D Rad

Aplikasi 3D Rad adalah aplikasi pembuat game untuk windows XP/Vista/7. 3D Rad merupakan aplikasi pembuat game yang dilengkapi dengan objek tempat, simulasi untuk melihat preview game yang sedang dikerjakan.


aplikasi 3D Rad dirancang khusus untuk memudahkan mereka yang ingin membuat game tanpa pusing dengan kode-kode yang harus ditulis, hal ini bertujuan untuk menyederhanakan alur kerja dalam pembuatan dan pengembangan game dengan tanpa mengorbankan hasil game.


Editor dalam 3D Rad berbasis atas kumpulan komponen/objek yang dapat dikombinasikan dan disetting sendiri oleh pembuat game yang sesuai dengan keperluannya. Untuk membuat game dengan tingkat lanjut 3D Rad juga mendukung scripting (via AngelScript) sehingga pembuat game dapat membuat dan mengembangkan game yang lebih komplek.


Untuk mengetahui lebih lanjut tentang 3D Rad silahkan ke situs resminya : www.3drad.com

Ardor 3D Game Engine

Ardor 3D game engine merupakan aplikasi pembuat game online berbasis 3D, yang ditulis menggunakan bahasa java dan untuk menghasilkan game dan visual game yang mempunyai performa bagus.


Ardor3D awalnya sebagai penyempurna jMonkeyEngine yang dibuat oleh Joshua Slack dan Rikard Herlits untuk menyempurnakan peta, licensi dan struktur komunitas dalam sistem game dengan lisensi open source. Ardor 3D game engine mulai dirilis pertama pada 2 Januari 2009 dengan pembaruan rilis tiap bulan.


Sobat belajar online yang ingin menggunakan Ardor 3D game engine untuk membuat game online dapat mendownload Ardor 3D game gratis dari link berikut :

http://www.ardor3d.com/get-started/download.php

Cara Menggunakan Ardor 3D Game Engine

Setelah mendownload aplikasi pembuat game online Ardor 3D, apa langkah selanjutnya ? Tentu saja menginstal software pembuat game online tersebut di komputer sobat belajar online. Kalau sudah menginstall program ardor 3D ada tambahan software lagi sobat agar bisa menggunakan tutorial pembuatan game berikut. Sobat belajar game harus menginstal Eclipse IDE dan GIT juga. Untuk mendapatkan pengetahuan mengenai cara menggunakan GIT dan Eclipse IDE, silahkan sobat ke link https://github.com/Renanse/Ardor3D/wiki Setelah semuanya terinstal ikutilah langkah-langkah berikut :

Carilah dan Buka project dengan nama ardor3d-examples. Disana ada beberapa cara di Eclipse untuk melihat file project sobat. Sobat belajar online kalau ingin membuat game online menggunakan ardor 3d game engine disarankan menggunakan "Package Explorer". Kalau tidak ada sobat bisa membuka projek dengan cara "windows-->Show View -->Other ......" dan filter untuk "package explorer", maka sobat belajar akan melihat daftar projek-daftar projek berikut :

  • ardor3d-animation
  • ardor3d-awt
  • ardor3d-core
  • ardor3d-collada
  • ardor3d-effects
  • ardor3d-examples
  • ardor3d-extras
  • ardor3d-jogl
  • ardor3d-lwjgl
  • ardor3d-swt
  • ardor3d-ui

Buka ardor3d-exampler, maka sobat belajar online akan menemukan node-node berikut dalam projek :

  • src/main/java
  • src/main/resources
  • JRE System Library [JavaSE-1.6 (atau semisalnya)]
  • src
  • ardor3d-examples.iml
  • assembly.xml
  • nbactions.xml
  • pom.xml

Pada kode java dalam hal ini kode java contoh game diletakkan di  src/main/java sedang teksture dan model untuk contoh game terletak di src/main resources.

Langkah selanjutnya

  1. Buka node src/main/java
  2. buka com.ardor3d.example
  3. maka sobat belajar online akan melihat file dengan type java yaitu ExampleRunner.java
  4. Klik kanan file ExampleRunner.java dan pilih "run as -->Java Application"

Hal tersebut diatas akan membuka jendela contoh contoh yang bisa sobat belajar jadikan inspirasi untuk membuat game online dengan ardor3d game engine.

Bagi sobat belajar online yang ingin mempelajari lebih lanjut silahkan langsung ke sumbernya : https://github.com/Renanse/Ardor3D/wiki/Your%20First%20Steps

Macam-Macam Game Online

Setelah kita membahas sekilas tentang pengertian game online wikipedia dan pengertian game online menurut ahli, maka pada kesempatan kali ini belajaronlinegratis.com akan sharing tentang macam-macam game online. Secara garis besar game online dapat dibagi menjadi tiga macam yaitu berdasarkan jenis pemainnya, teknologi yang dipakai, proses mendapatkannya.

Oke sobat dari ketiga macam tersebut maka muncullah jenis-jenis game online darinya. Kita bahas satu-satu ya sob.

1. Game online berdasarkan pemainnya
A. Massively Multiplayer Online First-Person Shooter Games (MMOFPS)
Game online jenis MMOFPS mengambil pandangan orang pertama sehingga seolah-olah pemain berada dalam permainan tersebut dalam sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan. Permainan game online jenis MMOFPS biasanya mengambil setting peperangan dengan senjata militer. Contoh game online jenis MMOFPS seperti Counter Strike, Call Of Duty, Point Blank

B. Massively Multiplayer Online Real-Time Strategy Games (MMORTS)
Jenis game online tipe MMORTS ini menekankan pada kehebatan strategi pemainnya dengan ciri khas pemain harus mengelola suatu dunia maya dan mengatur strategi dalam waktu apapun. Contoh game online berjenis MMORTS adalah Age of Empires, Warchaft, Star Wars

C. Massively Multiplayer Online-Role-Playing Games (MMORPG)
Jenis game online MMORPG bercirikan pemain memerankan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. RPG biasanya lebih berfokus pada kolaborasi dan kehidupan sosial daripada kompetisi. Biasanya pemain tergantu dalam satu kelompok. Contoh jenis game online MMORPG adalah Game Ragnarog Online, The Lord of the Rings online, Final Fantasy.

D. Cross-Platform Online Play (CPOP)
Jenis game online CPOP dapat dimainkan secara online melalui berbagai perangkat berbeda. Contoh jenis game online CPOP adalah Need for Speed Underground. Jenis game CPOP bercirikan dapat dimainkan secara online maupun konsol games seperti Play Station 2, Xbox.

E. Massively Multiplayer Online Browser Game (MMOBG)
Jenis game online MMOBG ini dimainkan melalui pengaya internet (Browser) seperti mozilla firefox, Google Chrome, Opera, Internet Explorer dan lainnya. Jenis game online MMOBG menggunakan teknologi scripting HTML (JavaScript, ASP, PHP, MySQL).

F. Simulation Games (SG)
Jenis game online SG bertujuan untuk memberi pengalaman melalui dunia digital. Yang termasuk simulation game adalah lifi-simulation games, construction and management simulation games, dan vihicle simulation. Contoh jenis game online simulation games adalah Second Life.

G. Massively Multiplayer Online Games (MMOG)
Jenis online game MMOG merupakan permainan yang dimainkan dengan skala besar (>100 pemain)

2. Macam-macam game online berdasarkan teknologi grafisnya
A. 2 Dimensi (2D)
Jenis online game 2D mengadopsi teknologi ini biasanya jenis game ringan dan tidak membebani sistem/server. Hal ini berakibat ke kualitas gambar game 2D pun kalah apabila dibandingkan dengan permainan 3D.

B. 3 Dimensi (3D)
Jenis game 3D memiliki grafis lebih baik dibandingkan dengan game dengan jenis 2D dan mirip dengan gambaran sebenarnya. Jenis game 3D biasanya memiliki sudut pandang hingga 360 derajat, sehingga kita bisa melihat seluruh dunia dalam permainan 3D.

3. Macam game berdasarkan cara pembayarannya
A. Pay To Play (PTP)
Jenis game online ini pemain harus membayar sejuamlah uang tertentu untuk bermain. Pembelian juga bisa saja berlaku bagi pemain yang ingin cepat naik level atau untuk membeli senjata virtual. contohnya : Gunbound, Ragnarok Online, dan Ghost Online.

B. Free To Play (FTP)
Jenis online game free to play tidak meminta anda membayar sejumlah uang untuk memainkan game online  tersebut. Karena anda tidak dikenakan bayaran, Jenis game online free to play biasanya diselingi oleh iklan. Ya itung-itung sebagai balasan untuk mereka. Kan ga da yang benar-benar gratiskan ? contoh game free to play adalah : Subspace, Travian, Terra.

Itulah tadi sobat belajar online macam-macam game online dan jenis-jenis game online sebagaimana admin tulis ulang dari : id.wikipedia.org