Cara Mengembalikan Akun Twitter Yang di Hack Orang Lain

Menjadi mimpi buruk ketika mendapati bahwa akun twitter sudah tidak bisa dibuka kembali, padahal username dan password yang dimasukkan benar. Mencoba berulang-ulang namun tetap tidak bisa masuk ke Twitter juga. Klik forgot my password, namun ketikan memasukkan email dapat notifikasi bahwa email tidak ada dalam database Twitter.

Kalau sobat belajar online mengalami hal sebagaimana cerita diatas kemungkinan besar bahwa akun twiiter telah di hack orang yang tidak bertanggung jawab dan mengganti email lama dengan email baru. Lalu bagaimana cara mengembalikan akun twitter yang telah di hack orang lain tersebut ?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut berikut tindakan prefentif agar orang lain tidak mudah meng-hack akun Twitter sobat online. Ikutilah langkah-langkah berikut untuk mengamankan akun Twitter agar tidak di hack orang lain.

Pergunakan kombinasi password yang terdiri dari huruf, angka, dan simbol agar tidak mudah di hack orang lain. Jangan menggunakan tanggal lahir/ tempat lahir dan hal-hal yang secara umum menggambarkan diri sobat online. Dengan menggunakan kombinasi password yang sulit ditebak akan menyulitkan orang untuk menebak password akun twitter.

Selain pasword yang kuat juga bedakan password untuk setiap akun yang sobat online punya. Mengapa harus membedakan password untuk setiap akun ? bukankah itu berarti bahwa kita telah menyusahkan diri sendiri ?

Kalau sobat belajar online pernah mendengar istilah janganlah menaruh telur-telur dalam satu ranjang. Kalau kita membuat password yang berbeda untuk setiap akun, ketika satu akun di hack, akun yang lain tidak ikut bocor password-nya. Bukankah begitu ? Kalau kesulitan menghapal password untuk setiap akun, sobat bisa memakai software password yang banyak beredar di internet.

Jangan sembarangan menggunakan komputer orang lain untuk login ke Twitter, kalau terpaksa menggunakan komputer/laptop orang lain pastikan komputer tersebut tidak dipasangi keylogger.

Pastikan komputer terlindungi oleh antivirus yang terbaru, baik itu antivirus gratis maupun yang berbayar.

Aktifkan verifikasi menggunakan sms yang berguna untuk pengamanan twitter yang lain. Dengan mengaktifkan verifikasi twitter lewat sms, ketika menggunakan perangkat baru sobat akan diminta memasukkan kode ferifikasi yang dikirimkan ke nomor hp untuk verifikasi twitter.

Itulah tindakan prefentif yang bisa kita lakukan untuk mengamankan akun twitter dari ancaman hack orang. Namun apabila akun Twitter yang telah di hack orang lain, maka kita ambil langkah proses klain akun twitter kita dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Masuk ke halaman : support.twitter.com/forms/hacked untuk membuka 'request help signing in to your account'
  • Pada bagian 'were you able to access your account ? Pilih 'No'
  • Pada bagian 'Does the form recognize your email address ?' Pilih 'No'
  • Pada bagian 'were any of those email addresses recognized ?' pilih 'No' apabila tidak ada alamat email untuk akun twitter sobat.
  • Masukkan 'username' Twitter sobat pada bagian 'Twitter username', masukkan email twitter pada kolom 'Your Email', isi waktu terakhir akses twitter pada kolom 'last sign in', tambahkan data lain yang berkaitan dengan akun twitter yang telah di hack orang lain/ konfirmasi akun dari twiter waktu pertama daftar.
  • Klik 'Submit' untuk mengirimkan data klaim yang sobat buat barusan ke administrator Twitter agar di investigasi oleh mereka.

Semoga akun twitter bisa kembali dari tangan orang yang tidak bertanggung jawab sob.