10 Falsafah Google

Apa yang terdetik di benak Anda apabila ada orang ngomong, Google, Googling, Mbah Google? kalau yang terdetik dalam benak saya adalah mesin pencari dengan pengguna terbanyak. Karena kalau kita menginstal browser mozilla firefox/ Google chrome, kedua browser ini menjadikan google sebagai mesin pencari utama bukan?

Selain itu Google memberikan fasilitas-fasilitas berkualitas dengan harga nol rupiah alias gratis. Coba kalau kita menggunakan jasa lainnya berapa harga yang harus kita bayar?

Pernahkan Anda memikirkan apa falsafah google memberikan aplikasi-aplikasi berguna untuk penggunanya? Yuk kita urai sepuluh falsafah Google tersebut.

1. Fokus Pada Kepuasan Pengguna
Sejak awal berdirinya, Google fokus untuk memberikan kepuasan dan pengalaman terbaik bagi pengguna aplikasi mesin pencarinya. Antar muka tampilan beranda mesin pencari Google yang sederhana dan simpel, memudahkan pengguna menggunakannya. Google tidak menjual peringkat rangking suatu website agar bisa menduduki nomor satu dalam hasil pencarian Google pada suatu kata kunci (keyword) tertentu.

Iklan yang muncul dalam hasil pencarian google pun masih relevan dengan kata kunci yang dicari pengguna mesin pencari Google.

Dengan fokus memberikan hasil pencarian terbaik kepada pengguna internet, Google pun mendapatkan hasil dari sektor lainnya diantaranya dari banyaknya pengiklan lewat Google Adwords/ Publisher iklan (Google Adsense).


2. Mengerjakan Satu Hal Dengan Sangat Baik (Sempurna)
Fokus pada hasil pencarian untuk memberikan kepada pengguna Google hasil pencarian sesuai dengan informasi yang sedang mereka butuhkan itulah pokok kerja Google. Google pun menggandeng salah satu grup riset terbesar didunia yang secara eksklusif fokus pada pemecahan masalah hasil penelusuran. Belajar dari kesalahan-kesalahan sebelumnya, akhirnya google pun mampu memecahkan masalah dalam penelusuran web, dan akhirnya menunjukkan hasil penelusuran yang relevan sesuai dengan kata kunci (keyword) pencari informasi. Penyempurnaan algoritma pencarian google memberikan manfaat untuk jutaan orang. Sehingga mereka menemukan informasi dengan cepat dan tepat sesuai informasi yang mereka butuhkan.

3. Lebih Baik Cepat Daripada Lambat.
Dalam mencari informasi di Internet, Anda pasti ingin cepat mendapatkan informasi yang anda butuhkan tanpa menunggu loading yang lama. Untuk menyajikan informasi hasil pencarian Google pun meluncurkan Google realtime sehingga ketika anda sedang mengetik, google bahkan telah memberikan informasi yang anda butuhkan.

Untuk memberikan hasil pencarian dengan cepat tersebut, Google mengurangi kelebihan byte dari halaman Google, sehingga meningkatkan efisiensi pencarian Anda.

4. Demokrasi Dalam Kerja Web
Google sukses karena mengandalkan jutaan tautan pengeposan individu-individu pemilik website, guna membandingkan situs mana diantara situs-situs tersebut yang mempunyai bobot lebih dari pada situs lainnya. Dalam menilai sebuah website, Google menggunakan lebih dari 200 sinyal dan teknik, diantaranya; lewat algoritma berpaten google, Google PageRanktm . Situs dengan tautan balik lebih mempunyai nilai lebih dari website sejenis.

5. Jelajahi Dunia Internet Dari Device Apapun
Teknologi telah merubah cara orang (pengguna internet) mencari informasi. Kalau beberapa tahun kemaren kita masih mengandalkan personal computer (PC) untuk mengakses internet. Dengan munculnya dan bertambah murahnya gadget ponsel berfasilitas internet merubah cara orang (pengguna internet) menjelajahi dunia maya.

Agar bisa mengadapsikan diri dengan teknologi terkini, Google pun menawarkan solusi layanan seluler baru yang membatu orang-orang mencari informasi lewat gadget apapun dan darimanapun. Apalagi OS Android yang banyak terpasang di smartphone, tentu ini menjadi fokus tersendiri bagi Google untuk memberikan inovasi kepada pengguna seluler di dunia mana saja.

6. Anda Dapat menghasilkan Uang Tanpa Merugikan Orang Lain
Tidak bisa dipungkiri bahwa Google adalah seperti perusahaan lainnya yaitu berbisnis untuk menghasilkan uang lewat penawaran teknologi penelusuran dan dari penjualan iklan yang dipajang di situs Google serta situs lain. Google menawarkan Google Adwords sebagai sarana beriklan untuk mempromosikan bisnis produk/jasa. Selain itu Google juga menggandeng pemilik situs untuk menampilkan iklan dari Google Adwords melalui program Google Adsense. Untuk menjamin layanannya baik Google Adwords /Google Adsense, Google memiliki prinsip dalam program periklanannya diantaranya:
7. Informasi Selalu Bertambah
Apa yang dilakukan Google setelah mengindeks lebih banyak HTML dibandingkan layanan penelusuran lainnya, Google pun berusaha memberikan informasi tambahan lainnya seperti menambahkan nomor telepon, pencarian alamat, direktori bisnis, penelusuran berita, arsip, paten, jurnal akademik, miliaran gambar, buku online, dan informasi-informasi lainnya.

8. Kebutuhan Informasi Melebihi Apapun
Walaupun perusahaan google didirikan di California, namun Google mempunyai misi untuk memfasilitasi semua pencari informasi dari seluruh dunia dan dalam setiap bahasa. Untuk mewujudkan misi tersebut google memiliki kantor-kantor di 60 negara, mengurus lebih dari 180 domain internet, dan separuh hasil penelusuran google disajikan kepada pengguna di luar Amerika Serikat. Google pun menawarkan antarmuka penelusuran lebih dari 130 bahasa. Google pun punya Google Translate untuk menerjemahkan ke lebih dari 60 negara. Sehingga kita dapat menambah informasi lewat banyak bahasa.

9. Anda Bisa Menghasilkan Kreatifitas Walau Tanpa Kondisi Formal
Pendiri Google yakin bahwa kerja harus dimulai dari ide kreatif. Walaupun pekerja-pekerja Google tampak santai ternyata mereka bisa menghasilkan ide-ide kreatif untuk bekerja, bermain, dan menjalani hidup. Atmosfir kerja di perusahaan Google selintas tampak santai, tiada kesan formal. Namun saat ide-ide kreatif tersebut muncul baik itu di antrean kafe, rapat tim, gimnasium. Ketika ide kreatif tersebut disepakati, diuji, dan dipraktekkan dalam sekejap, ide kreatif tersebut bisa menjadi landasar proyek baru yang ditujukan bagi penggunaan di seluruh dunia. Jadi untuk menghasilkan ide kreatif tidak harus kondisi formal bukan ?

10. Hebat Saja Belum Cukup
Dalam pandangan Google, Hebat saja tidak cukup. Google menetapkan tujuan dan berusaha untuk mencapai tujuan tersebut. Berusaha keras mencapai tujuan dan pada akhirnya melampaui tujuan semula untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi dan banyak. Sebagai contoh ketika insinyur Google mendapati bahwa penelusuran dapat berfungsi baik dengan ejaan yang benar, maka insinyur Google memikirkan bagaimana penelusuran menangani kesalahan dalam pengetikan kata kunci (keyword). Hasilnya, insinyur Google berhasil menciptakan pemeriksaan ejaan yang lebih intuitif dan membantu.

Ketika anda bingung pun mencari apapun Google memberikan jawaban di web. Google berusaha untuk menjangkau semua audiens Global, dan memenuhinya dengan produk dan layanan yang sesuai standar terkini. Google pun menjadikan ketidakpuasan pelanggan sebagai pendorong untuk memberikan layanan yang lebih baik.

Belajar dari falsafah google tersebut, apa yang kita berikan kepada pengunjung akan memberikan feedback kepada situs itu sendiri. 

Sumber: Google.com