Gmail

Apa itu Gmail ? Gmail adalah layanan e-mail gratis google yang memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Dengan membuat akun Gmail, Anda dapat masuk ke Google Webmasters, Google Analytics, Google Readers dan layanan-layanan online Google dengan satu akun Gmail saja. Enak ga ?

Kapasitas penyimpanan Gmail yang besar tidak khawatir storage anda penuh dengan email dan harus menghapusnya.  Apa saja yang ditawarkan kepada pengguna internet ketika mendaftar dan membuat akun Gmail ?

Layanan e-mail Gmail menawarkan sistem pengarsipan terhadap email anda, Dengan begitu akan memudahkan ketika suatu saat dibutuhkan.

Layanan Gmail juga memberikan layanan chat online dengan kontak email Anda, dan apabila jaringan anda besar Anda juga dapat menggunakannya untuk video chat sehingga dapat berkomunikasi langsung dengan teman, mitrabisnis, keluarga, pacar, dll

Fitur pelabelan pada Gmail memudahkan pengguna menemukan email di inbox susuai dengan labelnya.

Tertarik dan ingin mendapatkan akun Gmail gratis ? silahkan daftar di :www.gmail.com

10 Alasan Utama Menggunakan Layanan Gmail

10 alasan mengapa memilih layanan e-mail google sebagai sarana berkirim e-mail (surel=surat elektronik). Berikut alasannya :

  1. Sistem penyaringan Spam
  2. Sudah tahu kan bahwa Gmail siapa yang punya? itu lo raksasa mesin pencari internet..... O Google?! iyap betul sekali. Tidak diragukan lagi kemampuan Google dalam memfilter spam. Apa manfaatnya filter spam tersebut ? dengan adanya fasilitas pemfilteran terhadap spam maka inbox anda tidak dipenuhi oleh email spam. Sehingga email (Surel) yang berpotensi spam langsung ke kotak spam gmail tidak memenuhi inbox Anda.

  3. Fasilitas Pencarian
  4. Kalau dalam inbox banyak e-mail tentu menghabiskan waktu kalau harus mencari satu-persatu. Dengan adanya fasilitas pencarian email maka anda dapat menghemat banyak waktu untuk menemukan email.

  5. Percakapan
  6. Pesan-pesan dikelompokkan sehingga anda dapat melihat pesan-pesan sesuai dengan konteksnya.

  7. Terintegrasi dengan fasilitas chating.
  8. Ya benar layanan Google Gmail terintegrasi dengan fasilitas chat sehingga anda dapat menggunakan akun gmail anda untuk chating.

  9. Mobile
  10. Asal ada jaringan internet dan ada pulsa anda bisa mengakses dari perangkat apa saja yang mendukung penggunaan internet.

  11. Tempat Penyimpanan Besar
  12. Gmail memperbasar lagi jumlah batas penyimpanan setelah meluncurkan Google GDrive. Kalau dulu Google memberikan storage sebesar 7 GB sekarang Google memberikan storage sebesar 10 GB gratis bagi pengguna akun Gmail

  13. Memberi Label, Bintang dan Penyaringan
  14. Anda dapat memberikan label, bintang dan memfilter sesuai dengan keinginan Anda.

  15. Prioritas Inbox
  16. Layanan prioritas inbox sampai artikel ini diterbitkan masih dalam versi beta. Apa gunanya layanan Priority Inbox Gmail ? layanan priority inbox otomatis memilih dan memilah e-mail-email penting dan yang dijadikan prioritas utama untuk dibuka.

  17. Aman
  18. Layanan e-mail Gmail menggunakan https seperti yang diterapkan pada website perbankan sehingga aman bagi anda.

  19. Gratis
    Ya layanan e-mail gmail gratis bagi anda. Kalau layanan online gratis siapa kuat nolak ??!!.

Itulah tadi Top 10 alasan utama menggunakan layanan online e-mail google. Punya alasan lain? silahkan menambahkan di kolom komentar.

Sumber : gmail.com

Aplikasi Gmail Offline

Apakah sobat belajar online suka berkirim surat elektronik menggunakan layanan e-mail Gmail milik Google ? Kalau sobat kebetulan sering menggunakan email dan menginginkan mengakses e-mail secara offline maka aplikasi pada browser chrome berikut bisa dijadikan pilihan.

Sebelum beranjak lebih jauh, mari berkenalan dengan Gmail Offline sobat. Apa Gmail Offline itu ? Gmail Offline adalah aplikasi Gmail yang dibangun dan dibuat untuk mendukung akses e-mail Gmail secara offline yang memungkinkan untuk mengakses email tanpa harus terkoneksi ke internet. Asyik ga sobat ?

Aplikasi gmail offline mendukung akses offline dan bisa sobat gunakan untuk membaca email, merespon, mencari email, dan mengarsipkan email-email walaupun tanpa jaringan internet.

Gmail Offline secara otomatis akan mensinkronikasikan dan memperbarui email gmail sobat kapanpun sobat menjalankan browser google chrome dan akses internet tersedia.

Aplikasi Gmail offline bisa sobat sobat instal dengan cara mengaksesnya lewat Google webstore. Lalu bagaimana cara menginstall gmail offline ? tentu syarat utama untuk menggunakannya sobat harus mempunyai akun gmail.

Pada kesempatan ini belajaronlinegratis.com anggap sobat telah mempunyai akun Gmail. Untuk mulai menggunakan aplikasi Gmail Offline, setelah sobat menginstalnya lewat google webstore, maka akan terbukan tab baru di Chrome. Pada panel tab baru sobat akan melihat icon Gmail offline. Klik ikon Gmail Offline tersebut dan gmail offline siap untuk digunakan.
Tertarik menggunakan aplikasi Gmail Offline ? silahkan halaman aplikasi gmail offline berikut sobat : 

https://chrome.google.com/webstore/detail/gmail-offline/ejidjjhkpiempkbhmpbfngldlkglhimk

Fitur-Fitur Terbaru Gmail

Gmail dalam blog resminya mengumumkan fitur-fitur gmail yaitu : Automatic Message Translation (AMT), Smart Mute (SM), dan Title Tweaks (TT).

Lalu bagaimana cara menggunakan Gmail Automatic Message Translation ? Kalau anda mendapatkan e-mail dalam bahasa jepang, apakah Anda harus belajar dulu bahasa jepang untuk memahami e-mail dari teman/klien anda ? tentu pekerjaan ini akan membuang banyak waktu anda bukan ?

lain lagi kalau anda memang sudah terbiasa dan menggunakan bahasa jepang sebagai bahasa percakapan dan tulisan anda. Dengan hadirnya fitur Automatic Message Translation memudahkan kita memahami berbagai bahasa bukan? Nunggu lama ya begini cara menggunakan automatic message translation. Kalau Anda sering menerima inbox berbahasa inggris dan ingin langsung menerjemahkannya ke dalam bahasa indonesia maka pada bagian atas kotak email anda pilihkan alwas translate (Selalu terjemahkan) pilih bahasa indonesia.

Kalau tanpa sengaja anda mematikan fasilitas terjemahan gmail, maka yang harus anda lakukan adalah klik tanda panah turun di sebelah balas di kanan atas panel pesan anda dan pilih bagian terjemahkan pesan pada menu drop-down tersebut.

Fasilitas Title Tweaks Gmail memudahkan anda mengetahui dan melihat pesan-pesan baru buat anda

Fasilitas Smart Mute Gmail berguna untuk menghilangkan bunyi email agar tidak berisik untuk info lebih lanjut silahkan baca di threat bantuan Gmail.

Sumber : http://gmailblog.blogspot.com

Mengenal Gmail Meter

Apa itu Gmail Meter ? Gmail Meter adalah sebuah aplikasi script yang berjalan pada setiap awal bulan. Apa bedanya Gmail Meter dengan e-mail lainnya ? Aplikasi Gmail Meter akan mengirim email yang berisi statistik kotak masuk Anda, tentang aktivitas ber-e-mail ria, baik bersama kolega bisnis maupun sesama saudara Anda. Gmail Meter akan memberitahu anda dalam bentuk statistik, bagaimana Anda telah menggunakan Akun Google Anda. Gmail Meter memberitahu Anda berbagai statistik yang dapat digunakan untuk memaksimalkan berkomunikasi melalui Gmail. Apa saja statistik yang dipaparkan Gmail Meter ? Simak terus ulasannya yaaa :
  1. Statistik volume (volume statistic). Statistik volume menunjukkan kepada Anda jumlah pesan penting dan pesan berbintang, berapa banyak orang yang mengirimi Anda e-mail dan lainnya. Statistik volume sangat berguna bagaimana Anda memprioritaskan dari semua e-mail yang ada di kotak masuk Gmail
  2. Lalu lintas harian (Daily traffic) Grafik lalu lintas harian memberikan perkiraan kepada Anda, kapan Anda menerima e-mail masuk dan berapa lama Anda membalas e-mail tersebut pada bulan berjalan.
  3. Pola lalu lintas (Traffic Pattern) melalui grafik pola lalu lintas, Anda dapat mengetahui keseluruhan aktifitas ber-e-mail selama seminggu terakhir.
  4. Kategori Email (Email Category) Kategori Email menunjukkan kepada Anda berapa % jumlah email di kotak masuk, label, archive, dan label buatan Anda sendiri
  5. Waktu Sebelum Respon Pertama (Time Before First Response) menggambarkan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk merespon Email, maupun respon orang lain terhadap Email Anda.
  6. Jumlah Kata (Word Count) menggambarkan apakah Anda suka menulis email-panjang-panjang atau pendek-pendek.
  7. Thread Panjang (Thread Lengths) membantu Anda untuk mengetahui percakapan-percakapan panjang antara Anda dan seseorang yang menghasilkan thread panjang. dengan adanya top senders and top recipients mengetahui dan mengidentifikasi seberapa sering frekuensi percakapan antara Anda dan seseorang melalui Email.
Bagaimana Cara Menginstall (Set-Up) Gmail Meter ? Setelah mengetahui manfaat-manfaat Gmail Meter tersebut diatas, maka kita akan membahas bagaimana cara men-set-up Gmail Meter. Berikut cara pengaturan Gmail Meter : Pertama, bukalah Google Docs -->Buka Spreadsheet -->Klik Tools -->Script Gallery -->Cari "Gmail Meter" dan klik Install. Setelah proses penginstalan Gmail Meter selesai Anda akan melihat Item baru bernama Gmail Meter pada layar Spreadsheet. Klik Gmail Meter -->Get a Report. Anda dapat memilih tipe laporan. Tunggu beberapa saat, ketika proses pelaporan selesai anda akan mendapatkan laporan pada Email Anda. Kurang jelas juga penjelasannya dan ingin belajar lagi mendalami Gmail Meter ? Silahkan buka link sumbernya berikut : http://gmailblog.blogspot.com/2012/04/know-your-gmail-stats-using-gmail-meter.html