Google

Google sebagai Raja Internet mempunyai banyak fasilitas-fasilitas berguna untuk kita pergunakan, apalagi kalau kita mempunyai website/blog banyak fasilitas-fasilitas google yang bisa kita gunakan. Dengan mempelajari macam macam layanan google kita akan tahu macam macam layanan Google dan manfaatnya. Google search engine atau mesin pencari google adalah mesin pencari paling banyak digunakan ketika pengguna internet mencari informasi tertentu.

1. Google Webmaster Tools
Google webmaster tools sangat berguna untuk mengoptimasi internal website/blog. Apa kata kunci dari website/blog kita, situs apa saja yang me-link ke blog kita, dan masih banyak fasilitas-fasilitas google webmaster tools yang bisa kita gunakan.

2. Google Analytics
Kalau Google webmaster tool berguna untuk mengoptimalkan internal website/blog, Google analytics berguna untuk mengoptimalkan website/blog dari sisi luar.

3. Google Chrome
Google chrome adalah browser milik google untuk menambah daftar free browsers yang ada selain Mozilla firefox, Internet explorer, Opera, Safari.

4. Google Docs
Google docs adalah layanan penyimpanan data office layaknya kita menulis office pada komputer, laptop. Dengan menggunakan Google docs kita bisa mengedit data-data milik kita sepanjand ada jaringan internet.

5. Google Translate
Google translate adalah layanan Google untuk menerjemahkan halaman-halaman dari berbagai bahasa di dunia. Saat ini google translate telah mampu untuk menerjemahkan ke dalam 50 bahasa populer di dunia termasuk bahasa Indonesia tentunya.

6. Google News
Kalau anda sedang mencari berita-berita terbaru dari segala pelosok sunia, maka google news adalah layanan Google yang bisa anda pergunakan

7. Google Reader
Google Reader adalah layanan untuk membaca rss sehingga kita bisa melihat selintas dari informasi-informasi di dunia maya.

8. Google +1
Layanan Google terbaru adalah Google +1, untuk saat ini Google +1 masih dalam tahap alpa dan beta, sehingga belum terbuka untuk umum. Walaupun masih dalam tahap beta, antusiasme netter untuk menggunakan google +1 sangatlah besar. Google +1 diperkirakan akan mempengaruhi kepopuleran Facebook Likes yang lebih dulu ada.

10 Falsafah Google

Apa yang terdetik di benak Anda apabila ada orang ngomong, Google, Googling, Mbah Google? kalau yang terdetik dalam benak saya adalah mesin pencari dengan pengguna terbanyak. Karena kalau kita menginstal browser mozilla firefox/ Google chrome, kedua browser ini menjadikan google sebagai mesin pencari utama bukan?

Selain itu Google memberikan fasilitas-fasilitas berkualitas dengan harga nol rupiah alias gratis. Coba kalau kita menggunakan jasa lainnya berapa harga yang harus kita bayar?

Pernahkan Anda memikirkan apa falsafah google memberikan aplikasi-aplikasi berguna untuk penggunanya? Yuk kita urai sepuluh falsafah Google tersebut.

1. Fokus Pada Kepuasan Pengguna
Sejak awal berdirinya, Google fokus untuk memberikan kepuasan dan pengalaman terbaik bagi pengguna aplikasi mesin pencarinya. Antar muka tampilan beranda mesin pencari Google yang sederhana dan simpel, memudahkan pengguna menggunakannya. Google tidak menjual peringkat rangking suatu website agar bisa menduduki nomor satu dalam hasil pencarian Google pada suatu kata kunci (keyword) tertentu.

Iklan yang muncul dalam hasil pencarian google pun masih relevan dengan kata kunci yang dicari pengguna mesin pencari Google.

Dengan fokus memberikan hasil pencarian terbaik kepada pengguna internet, Google pun mendapatkan hasil dari sektor lainnya diantaranya dari banyaknya pengiklan lewat Google Adwords/ Publisher iklan (Google Adsense).


2. Mengerjakan Satu Hal Dengan Sangat Baik (Sempurna)
Fokus pada hasil pencarian untuk memberikan kepada pengguna Google hasil pencarian sesuai dengan informasi yang sedang mereka butuhkan itulah pokok kerja Google. Google pun menggandeng salah satu grup riset terbesar didunia yang secara eksklusif fokus pada pemecahan masalah hasil penelusuran. Belajar dari kesalahan-kesalahan sebelumnya, akhirnya google pun mampu memecahkan masalah dalam penelusuran web, dan akhirnya menunjukkan hasil penelusuran yang relevan sesuai dengan kata kunci (keyword) pencari informasi. Penyempurnaan algoritma pencarian google memberikan manfaat untuk jutaan orang. Sehingga mereka menemukan informasi dengan cepat dan tepat sesuai informasi yang mereka butuhkan.

3. Lebih Baik Cepat Daripada Lambat.
Dalam mencari informasi di Internet, Anda pasti ingin cepat mendapatkan informasi yang anda butuhkan tanpa menunggu loading yang lama. Untuk menyajikan informasi hasil pencarian Google pun meluncurkan Google realtime sehingga ketika anda sedang mengetik, google bahkan telah memberikan informasi yang anda butuhkan.

Untuk memberikan hasil pencarian dengan cepat tersebut, Google mengurangi kelebihan byte dari halaman Google, sehingga meningkatkan efisiensi pencarian Anda.

4. Demokrasi Dalam Kerja Web
Google sukses karena mengandalkan jutaan tautan pengeposan individu-individu pemilik website, guna membandingkan situs mana diantara situs-situs tersebut yang mempunyai bobot lebih dari pada situs lainnya. Dalam menilai sebuah website, Google menggunakan lebih dari 200 sinyal dan teknik, diantaranya; lewat algoritma berpaten google, Google PageRanktm . Situs dengan tautan balik lebih mempunyai nilai lebih dari website sejenis.

5. Jelajahi Dunia Internet Dari Device Apapun
Teknologi telah merubah cara orang (pengguna internet) mencari informasi. Kalau beberapa tahun kemaren kita masih mengandalkan personal computer (PC) untuk mengakses internet. Dengan munculnya dan bertambah murahnya gadget ponsel berfasilitas internet merubah cara orang (pengguna internet) menjelajahi dunia maya.

Agar bisa mengadapsikan diri dengan teknologi terkini, Google pun menawarkan solusi layanan seluler baru yang membatu orang-orang mencari informasi lewat gadget apapun dan darimanapun. Apalagi OS Android yang banyak terpasang di smartphone, tentu ini menjadi fokus tersendiri bagi Google untuk memberikan inovasi kepada pengguna seluler di dunia mana saja.

6. Anda Dapat menghasilkan Uang Tanpa Merugikan Orang Lain
Tidak bisa dipungkiri bahwa Google adalah seperti perusahaan lainnya yaitu berbisnis untuk menghasilkan uang lewat penawaran teknologi penelusuran dan dari penjualan iklan yang dipajang di situs Google serta situs lain. Google menawarkan Google Adwords sebagai sarana beriklan untuk mempromosikan bisnis produk/jasa. Selain itu Google juga menggandeng pemilik situs untuk menampilkan iklan dari Google Adwords melalui program Google Adsense. Untuk menjamin layanannya baik Google Adwords /Google Adsense, Google memiliki prinsip dalam program periklanannya diantaranya:
7. Informasi Selalu Bertambah
Apa yang dilakukan Google setelah mengindeks lebih banyak HTML dibandingkan layanan penelusuran lainnya, Google pun berusaha memberikan informasi tambahan lainnya seperti menambahkan nomor telepon, pencarian alamat, direktori bisnis, penelusuran berita, arsip, paten, jurnal akademik, miliaran gambar, buku online, dan informasi-informasi lainnya.

8. Kebutuhan Informasi Melebihi Apapun
Walaupun perusahaan google didirikan di California, namun Google mempunyai misi untuk memfasilitasi semua pencari informasi dari seluruh dunia dan dalam setiap bahasa. Untuk mewujudkan misi tersebut google memiliki kantor-kantor di 60 negara, mengurus lebih dari 180 domain internet, dan separuh hasil penelusuran google disajikan kepada pengguna di luar Amerika Serikat. Google pun menawarkan antarmuka penelusuran lebih dari 130 bahasa. Google pun punya Google Translate untuk menerjemahkan ke lebih dari 60 negara. Sehingga kita dapat menambah informasi lewat banyak bahasa.

9. Anda Bisa Menghasilkan Kreatifitas Walau Tanpa Kondisi Formal
Pendiri Google yakin bahwa kerja harus dimulai dari ide kreatif. Walaupun pekerja-pekerja Google tampak santai ternyata mereka bisa menghasilkan ide-ide kreatif untuk bekerja, bermain, dan menjalani hidup. Atmosfir kerja di perusahaan Google selintas tampak santai, tiada kesan formal. Namun saat ide-ide kreatif tersebut muncul baik itu di antrean kafe, rapat tim, gimnasium. Ketika ide kreatif tersebut disepakati, diuji, dan dipraktekkan dalam sekejap, ide kreatif tersebut bisa menjadi landasar proyek baru yang ditujukan bagi penggunaan di seluruh dunia. Jadi untuk menghasilkan ide kreatif tidak harus kondisi formal bukan ?

10. Hebat Saja Belum Cukup
Dalam pandangan Google, Hebat saja tidak cukup. Google menetapkan tujuan dan berusaha untuk mencapai tujuan tersebut. Berusaha keras mencapai tujuan dan pada akhirnya melampaui tujuan semula untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi dan banyak. Sebagai contoh ketika insinyur Google mendapati bahwa penelusuran dapat berfungsi baik dengan ejaan yang benar, maka insinyur Google memikirkan bagaimana penelusuran menangani kesalahan dalam pengetikan kata kunci (keyword). Hasilnya, insinyur Google berhasil menciptakan pemeriksaan ejaan yang lebih intuitif dan membantu.

Ketika anda bingung pun mencari apapun Google memberikan jawaban di web. Google berusaha untuk menjangkau semua audiens Global, dan memenuhinya dengan produk dan layanan yang sesuai standar terkini. Google pun menjadikan ketidakpuasan pelanggan sebagai pendorong untuk memberikan layanan yang lebih baik.

Belajar dari falsafah google tersebut, apa yang kita berikan kepada pengunjung akan memberikan feedback kepada situs itu sendiri. 

Sumber: Google.com

Gmail

Apa itu Gmail ? Gmail adalah layanan e-mail gratis google yang memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Dengan membuat akun Gmail, Anda dapat masuk ke Google Webmasters, Google Analytics, Google Readers dan layanan-layanan online Google dengan satu akun Gmail saja. Enak ga ?

Kapasitas penyimpanan Gmail yang besar tidak khawatir storage anda penuh dengan email dan harus menghapusnya.  Apa saja yang ditawarkan kepada pengguna internet ketika mendaftar dan membuat akun Gmail ?

Layanan e-mail Gmail menawarkan sistem pengarsipan terhadap email anda, Dengan begitu akan memudahkan ketika suatu saat dibutuhkan.

Layanan Gmail juga memberikan layanan chat online dengan kontak email Anda, dan apabila jaringan anda besar Anda juga dapat menggunakannya untuk video chat sehingga dapat berkomunikasi langsung dengan teman, mitrabisnis, keluarga, pacar, dll

Fitur pelabelan pada Gmail memudahkan pengguna menemukan email di inbox susuai dengan labelnya.

Tertarik dan ingin mendapatkan akun Gmail gratis ? silahkan daftar di :www.gmail.com

10 Alasan Utama Menggunakan Layanan Gmail

10 alasan mengapa memilih layanan e-mail google sebagai sarana berkirim e-mail (surel=surat elektronik). Berikut alasannya :

  1. Sistem penyaringan Spam
  2. Sudah tahu kan bahwa Gmail siapa yang punya? itu lo raksasa mesin pencari internet..... O Google?! iyap betul sekali. Tidak diragukan lagi kemampuan Google dalam memfilter spam. Apa manfaatnya filter spam tersebut ? dengan adanya fasilitas pemfilteran terhadap spam maka inbox anda tidak dipenuhi oleh email spam. Sehingga email (Surel) yang berpotensi spam langsung ke kotak spam gmail tidak memenuhi inbox Anda.

  3. Fasilitas Pencarian
  4. Kalau dalam inbox banyak e-mail tentu menghabiskan waktu kalau harus mencari satu-persatu. Dengan adanya fasilitas pencarian email maka anda dapat menghemat banyak waktu untuk menemukan email.

  5. Percakapan
  6. Pesan-pesan dikelompokkan sehingga anda dapat melihat pesan-pesan sesuai dengan konteksnya.

  7. Terintegrasi dengan fasilitas chating.
  8. Ya benar layanan Google Gmail terintegrasi dengan fasilitas chat sehingga anda dapat menggunakan akun gmail anda untuk chating.

  9. Mobile
  10. Asal ada jaringan internet dan ada pulsa anda bisa mengakses dari perangkat apa saja yang mendukung penggunaan internet.

  11. Tempat Penyimpanan Besar
  12. Gmail memperbasar lagi jumlah batas penyimpanan setelah meluncurkan Google GDrive. Kalau dulu Google memberikan storage sebesar 7 GB sekarang Google memberikan storage sebesar 10 GB gratis bagi pengguna akun Gmail

  13. Memberi Label, Bintang dan Penyaringan
  14. Anda dapat memberikan label, bintang dan memfilter sesuai dengan keinginan Anda.

  15. Prioritas Inbox
  16. Layanan prioritas inbox sampai artikel ini diterbitkan masih dalam versi beta. Apa gunanya layanan Priority Inbox Gmail ? layanan priority inbox otomatis memilih dan memilah e-mail-email penting dan yang dijadikan prioritas utama untuk dibuka.

  17. Aman
  18. Layanan e-mail Gmail menggunakan https seperti yang diterapkan pada website perbankan sehingga aman bagi anda.

  19. Gratis
    Ya layanan e-mail gmail gratis bagi anda. Kalau layanan online gratis siapa kuat nolak ??!!.

Itulah tadi Top 10 alasan utama menggunakan layanan online e-mail google. Punya alasan lain? silahkan menambahkan di kolom komentar.

Sumber : gmail.com

Aplikasi Gmail Offline

Apakah sobat belajar online suka berkirim surat elektronik menggunakan layanan e-mail Gmail milik Google ? Kalau sobat kebetulan sering menggunakan email dan menginginkan mengakses e-mail secara offline maka aplikasi pada browser chrome berikut bisa dijadikan pilihan.

Sebelum beranjak lebih jauh, mari berkenalan dengan Gmail Offline sobat. Apa Gmail Offline itu ? Gmail Offline adalah aplikasi Gmail yang dibangun dan dibuat untuk mendukung akses e-mail Gmail secara offline yang memungkinkan untuk mengakses email tanpa harus terkoneksi ke internet. Asyik ga sobat ?

Aplikasi gmail offline mendukung akses offline dan bisa sobat gunakan untuk membaca email, merespon, mencari email, dan mengarsipkan email-email walaupun tanpa jaringan internet.

Gmail Offline secara otomatis akan mensinkronikasikan dan memperbarui email gmail sobat kapanpun sobat menjalankan browser google chrome dan akses internet tersedia.

Aplikasi Gmail offline bisa sobat sobat instal dengan cara mengaksesnya lewat Google webstore. Lalu bagaimana cara menginstall gmail offline ? tentu syarat utama untuk menggunakannya sobat harus mempunyai akun gmail.

Pada kesempatan ini belajaronlinegratis.com anggap sobat telah mempunyai akun Gmail. Untuk mulai menggunakan aplikasi Gmail Offline, setelah sobat menginstalnya lewat google webstore, maka akan terbukan tab baru di Chrome. Pada panel tab baru sobat akan melihat icon Gmail offline. Klik ikon Gmail Offline tersebut dan gmail offline siap untuk digunakan.
Tertarik menggunakan aplikasi Gmail Offline ? silahkan halaman aplikasi gmail offline berikut sobat : 

https://chrome.google.com/webstore/detail/gmail-offline/ejidjjhkpiempkbhmpbfngldlkglhimk

Fitur-Fitur Terbaru Gmail

Gmail dalam blog resminya mengumumkan fitur-fitur gmail yaitu : Automatic Message Translation (AMT), Smart Mute (SM), dan Title Tweaks (TT).

Lalu bagaimana cara menggunakan Gmail Automatic Message Translation ? Kalau anda mendapatkan e-mail dalam bahasa jepang, apakah Anda harus belajar dulu bahasa jepang untuk memahami e-mail dari teman/klien anda ? tentu pekerjaan ini akan membuang banyak waktu anda bukan ?

lain lagi kalau anda memang sudah terbiasa dan menggunakan bahasa jepang sebagai bahasa percakapan dan tulisan anda. Dengan hadirnya fitur Automatic Message Translation memudahkan kita memahami berbagai bahasa bukan? Nunggu lama ya begini cara menggunakan automatic message translation. Kalau Anda sering menerima inbox berbahasa inggris dan ingin langsung menerjemahkannya ke dalam bahasa indonesia maka pada bagian atas kotak email anda pilihkan alwas translate (Selalu terjemahkan) pilih bahasa indonesia.

Kalau tanpa sengaja anda mematikan fasilitas terjemahan gmail, maka yang harus anda lakukan adalah klik tanda panah turun di sebelah balas di kanan atas panel pesan anda dan pilih bagian terjemahkan pesan pada menu drop-down tersebut.

Fasilitas Title Tweaks Gmail memudahkan anda mengetahui dan melihat pesan-pesan baru buat anda

Fasilitas Smart Mute Gmail berguna untuk menghilangkan bunyi email agar tidak berisik untuk info lebih lanjut silahkan baca di threat bantuan Gmail.

Sumber : http://gmailblog.blogspot.com

Mengenal Gmail Meter

Apa itu Gmail Meter ? Gmail Meter adalah sebuah aplikasi script yang berjalan pada setiap awal bulan. Apa bedanya Gmail Meter dengan e-mail lainnya ? Aplikasi Gmail Meter akan mengirim email yang berisi statistik kotak masuk Anda, tentang aktivitas ber-e-mail ria, baik bersama kolega bisnis maupun sesama saudara Anda. Gmail Meter akan memberitahu anda dalam bentuk statistik, bagaimana Anda telah menggunakan Akun Google Anda. Gmail Meter memberitahu Anda berbagai statistik yang dapat digunakan untuk memaksimalkan berkomunikasi melalui Gmail. Apa saja statistik yang dipaparkan Gmail Meter ? Simak terus ulasannya yaaa :
  1. Statistik volume (volume statistic). Statistik volume menunjukkan kepada Anda jumlah pesan penting dan pesan berbintang, berapa banyak orang yang mengirimi Anda e-mail dan lainnya. Statistik volume sangat berguna bagaimana Anda memprioritaskan dari semua e-mail yang ada di kotak masuk Gmail
  2. Lalu lintas harian (Daily traffic) Grafik lalu lintas harian memberikan perkiraan kepada Anda, kapan Anda menerima e-mail masuk dan berapa lama Anda membalas e-mail tersebut pada bulan berjalan.
  3. Pola lalu lintas (Traffic Pattern) melalui grafik pola lalu lintas, Anda dapat mengetahui keseluruhan aktifitas ber-e-mail selama seminggu terakhir.
  4. Kategori Email (Email Category) Kategori Email menunjukkan kepada Anda berapa % jumlah email di kotak masuk, label, archive, dan label buatan Anda sendiri
  5. Waktu Sebelum Respon Pertama (Time Before First Response) menggambarkan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk merespon Email, maupun respon orang lain terhadap Email Anda.
  6. Jumlah Kata (Word Count) menggambarkan apakah Anda suka menulis email-panjang-panjang atau pendek-pendek.
  7. Thread Panjang (Thread Lengths) membantu Anda untuk mengetahui percakapan-percakapan panjang antara Anda dan seseorang yang menghasilkan thread panjang. dengan adanya top senders and top recipients mengetahui dan mengidentifikasi seberapa sering frekuensi percakapan antara Anda dan seseorang melalui Email.
Bagaimana Cara Menginstall (Set-Up) Gmail Meter ? Setelah mengetahui manfaat-manfaat Gmail Meter tersebut diatas, maka kita akan membahas bagaimana cara men-set-up Gmail Meter. Berikut cara pengaturan Gmail Meter : Pertama, bukalah Google Docs -->Buka Spreadsheet -->Klik Tools -->Script Gallery -->Cari "Gmail Meter" dan klik Install. Setelah proses penginstalan Gmail Meter selesai Anda akan melihat Item baru bernama Gmail Meter pada layar Spreadsheet. Klik Gmail Meter -->Get a Report. Anda dapat memilih tipe laporan. Tunggu beberapa saat, ketika proses pelaporan selesai anda akan mendapatkan laporan pada Email Anda. Kurang jelas juga penjelasannya dan ingin belajar lagi mendalami Gmail Meter ? Silahkan buka link sumbernya berikut : http://gmailblog.blogspot.com/2012/04/know-your-gmail-stats-using-gmail-meter.html

Google Hadir Di Indonesia

Google serius mengembangkan ekosistem online Indonesia. Hal ini terlihat bahwa Google secara resmi hadir di indonesia dengan memperkenalkan Rudy Ramawy sebagai Country Head Indonesia. Apa tujuan Google hadir di Indonesia?

Sebagaimana belajaronlinegratis.com kutip dari techno.okezone.com "Alasan utama kita masuk ke Indonesia bukan dalam konteks revenue", ujar Country Head Google Indonesia Rudy Ramawy di Cyber 2 Tower, Jakarta. Jum'at (30/03/2012).

Lebih lanjut Rudy mengatakan, bahwa tujuan Google hadir di Indonesia ingin lebih dekat dengan mitra bisnis indonesia, agar bisa sama-sama membangun ekosistem online Indonesia.

Indonesia merupakan negara strategis karena pertumbuhan masyarakat, ekonomi dan kegiatan online masyarakat Indonesia yang tumbuh begitu pesat.

Masuknya Google secara resmi di indonesia merupakan pembangunan brand awareness masyarakat terhadap Google. Inc.

Google ingin mengajak dan mengedukasi mitra bisnis, developer, iklan dan operator akan manfaat internet. Kalau masyarakat sudah mengenal internet dan tahu manfaat internet yang terngiang di benak mereka adalah Google.

Sebelum hadir secara resmi di Indonesia, Google juga telah mengajak para wirausaha mandiri UKM untuk bergabung dengan Program Bisnis Lokal Go Online. Belum tahu programnya? silahkan baca : Program bisnis lokal go online

Google Meningkatkan Kualitas Pencarian Suara

Google meningkatkan kualitas pencarian suara dengan mengakuisisi startups DNNresearch. Akuisisi ini dimasukkan untuk meningkatkan mesin pencarian suara Google.

StartUp DNNresearch didirikan tahun lalu oleh profesor Geoffrey Hinton dan dua mahasiswa pascasarjananya, yaitu ; Alex Krizhensky dan Ilya Sutskever di Universitas Toronto.

Google berharap akuisisi startUp DNNresearch akan mendorong Google ke arah peningkatan pengenalan suara dan meningkatkan fungsi pencarian.

Sebagaimana dilansir slashgear.com (13/03/2013) setelah akuisisi tersebut, Krizhevsky dan Sutskever akan ditransfer ke Google. Sedang Profesor Hinton akan membagi waktunya antara bekerja di Google dan melakukan penelitian di Universitas Toronto. Hinton bekerja dari kantor Google di Toronto dan di kantor pusat Google di Mountain View kadang-kadang.

Apakah ini benar-benar perkembangan luar biasa dari mesin pencari Google yang memungkinkan kita mencari wawasan dengan memasukkan suara kita dalam pencarian selayaknya kita memasukkan kata kunci (keywork) ke kotak pencarian Google ?

Google Trends

Apa Google Trends Itu ? Secara singkatnya Google Trends adalah tool untuk mengetahui jumlah peminat pengguna internet terhadap pencarian tertentu. Anda dapat memasukkan sampai lima topik berbeda guna mengetahui tren suatu topik tertentu dari waktu ke waktu. Anda juga bisa menggunakan Google trends guna mengetahui seberapa sering topik pembahasan anda muncul di Google News (Google Warta), anda juga bisa melihat geografis mana topik situs anda banyak dibicarakan. Informasi google trends dalam buku online ini disadur dan diolah dari informasi di : http://www.google.com/intl/en/trends/about.html, dengan harapan dapat membantu teman-teman dengan kekurangan pemahaman bahasa inggris dapat tetap menggunakan google trends.

Cara Kerja Google Trends

Bagaimana cara kerja Google Trends ? Google trends bekerja dengan menganalisis pencarian dan penelusuran pengguna Internet lewat Google search engines. Kemudian dari data kata kunci-kata kunci tersebut Google trends akan menghitung dan menunjukkan grafik hasil perhitungan tersebut lewat grafik volume pencarian indeks Google. Pada bawah grafik volume pencarian indeks Google trends terdapat grafik volume referensi berita, dimana grafik ini menunjukkan berapa kali topik website anda muncul di Google News (Google Warta). Ketika Google trends mendeteksi adanya lonjakan traffic pada berita atau suatu istilah pencarian tertentu paca pencarian, maka Google trends akan membuat grafik dan menunjukkan pada headline Google trends beserta waktunya. Sampai saat tulisan ini disharing fasilitas tersebut baru mendukung dalam bahasa inggris. Di bawah kotak pencarian dan grafik jumlah pencarian berita, Google trends menampilkan pada bagian atas dari daerah, kota, dan bahasa dimana orang mencari suatu istilah (keywords) pertama dalam pencarian anda.

Mengenal Istilah-Istilah Dalam Google Trends

Dalam setiap layanan online mempunyai istilah-istilah tersendiri walaupun mungkin pada hakikatnya tidak berbeda. Seperti di Twitter kita mengenal istilah tweet, following, followers. Di Facebook kita mengenal update status, likes, saran teman. Di Blog kita mengenal istilah ngeblog, blogging, SEO. Dan tentu masih banyak istilah-istilah layanan-layanan online.

Mengapa kita harus tahu istilah-istilah dalam layanan online tersebut ? Bukan cuma agar kita tidak diketawain teman-teman kita karena salah mengucapkan istilah tertentu, selain itu kita bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari layanan online dalam hal ini manfaat penggunaan Google Trends bagi kita.

  1. BreakOut
  2. Apabila sobat belajar online mendapatkan dan melihat istilah Breakout ketika menggunakan layanan Google Trends itu artinya kata kunci tersebut terdaftar dalam persentase sebenarnya untuk pencarian meningkat. Ini menandakan bahwa istilah (Kata Kunci) tersebut telah mengalami peningkatan pencarian melebihi 5000%.

  3. Category (Kategori)
  4. Istilah kategori mengacu pada klasifikasi industri atau pasar dari suatu kata kunci. Kategori juga sering diistilahkan sebagai topik utama. Sebagai contoh pada industri musik bisa mencakup genre musik, artis rekaman, pertunjukan, instrumen, alat-alat musik.

  5. Filter (Menyaring)
  6. Sesuai namanya maka istilah ini digunakan untuk mempersempit pencarian sesuai dengan target yang diharapkan. Sobat belajar online dapat memfilter penggunaan Google Trends untuk membandingkan dua dua kata kunci yang berbeda, lokasi, letak geografis, rentang waktu tertentu, dan penyaringan kata kunci spesifik menurut sobat.

  7. Metro
  8. Istilah metro saat ini hanya berlaku pada kawasan Amerika Serikat so tidak akan diulas lebih jauh.

  9. Rising Search (Pencarian meningkat)
  10. Istilah rising search menunjukkan bahwa suatu kata kunci mengalami pertumbuhan yang signifikan pada periode waktu tertentu, terhitung dari jarak waktu sebelumnya. Kalau sobat membandingkan suatu istilah pencarian (kata kunci) pada tahun 2012, maka proses hitungannya akan dimulai dari tahun 2011. Kalau sobat membandingkan suatu istilah pencarian pada Desember 2012 maka akan dimulai dari Nopember 2012.

  11. Top Search (Pencarian Teratas
  12. Top search menandakan bahwa suatu kata kunci jamak digunakan oleh pengguna internet untuk mencari topik tertentu, selain itu terkait juga dengan instilah pencarian, kategori, negara/wilayah yang sobat pilih.

Itulah tadi sobat istilah-istilah dalam Google trends yang dapat belajaronlinegratis.com sharing kepada sobat belajar online sekalian. Semoga berguna bagi semuanya.

Tombol Google +1

Google +1 sebagai sarana berbagi antar jaringan anda, atau orang lain yang mengetahui keberadaan anda lewat Google +1 yang anda sharing ke teman-teman anda lewat mesin pencari. Kegunaan tombol Google +1 yang akan menampilkan profil anda secara publik, sehingga anda dapat membagikan situs yang anda suka, punya, atau merekomendasikan halaman tertentu untuk jaringan sosial anda. Anda juga dapat meningkatkan kualitas hasil penelusuran mesin pencari lewat tombol google+1. 

Manfaat Menggunakan Tombol Google+1  Apa manfaat kita menggunakan tombol Google +1 untuk website/Blog kita? ketika kita memberi tanda +1 pada website/blog, maka warna tombol Google +1 akan berubah menjadi biru dan Google +1 akan ditambahkan pada profil Google anda, sehingga akan memudahkan anda mengatur mana yang akan anda sharing untuk publik dan mana yang tidak. 

Bagaimana cara mengontrol tombol Google +1?  Anda dapat mengatur segala tombol Google +1 anda melalui Google profil kalian. Berhati-hatilah ketika membagikan privasi anda karena ketika anda meng-klik tombol Google +1, informasi tentang anda akan bisa diakses oleh publik.

Aliran Google+

Apa aliran Google+ itu? Aliran Google+ adalah tempat untuk melakukan percakapan bermakna dengan orang-orang yang berarti bagi anda. Aliran memusatkan semua konten yang dibagi orang-orang dengan anda, serta orang yang mencoba berbagi dengan anda tetapi belum dimasukkan ke lingkaran anda. Bila anda berbagi dengan orang baik secara individual atau melalui lingkaran, kontent anda akan muncul di aliran mereka. Memahami Navigasi Aliran Google+
  1. Kolom aliran sebelah kiri
  2. Foto profil dan tautan ke profil anda. Ini adalah foto yang telah anda pilih sebagai foto profil utama anda. Jika anda ingin mengubahnya, klik nama anda untuk membuka profil, lalu klik Edit Profil di bagian atas halaman. Tab Sambutan. Ini adalah lembar sontekan satu halaman untuk semua fitur utama di Google+ Aliran dan Lingkungan. Klik Aliran untuk melihat konten yang dibagi oleh semua lingkaran serta kumpulan orang yang belum dimasukkan ke lingkaran anda tetapi tetap berbagi dengan anda. Mengklik nama lingkaran akan menampilkan aliran diskusi dari lingkaran tersebut. Berdatangan. In merupakan aliran konten dari orang yang telah berbagi dengan anda namun belum dimasukkan ke lingkaran anda. Jika ternyata anda ingin menambahkan orang dari aliran berdatangan ke lingkaran, anda dapat mengarahkan kursor dan klik Tambahkan ke lingkaran di bagian atas pos mereka. Pemberitahuan. Pemberitahuan google+ adalah tampilan halaman penuh dari semua pemberitahuan google+. Anda dapat memperoleh pemberitahuan bila terjadi peristiwa penting seperti anda ditambahkan ke lingkaran/saat anda disebut di pos. Sparks. Spark Google+ adalah tempat anda menemukan konten baru dan yang sedang tren untuk hal-hal yang anda minati dan berbagi dengan mudah ke lingkaran anda. Obrolan. Aktifkan Obrolan Google+, agar anda dapat melakukan obrolan video dan mengirim pesan instan kepada orang-orang di lingkaran Google+anda.
  3. Kolom Aliran Utama
  4. Kolom aliran Google+ terdapat di tengah. Anda dapat melihat konten dari orang-orang yang secara khusus telah berbagi dengan anda, berbagi dengan lingkaran tempat anda, berbagi secara publib, serta konten dari pos anda sendiri. Anda dapat bernavigasi di seluruh aliran Google+ menggunakan empat ikon di bagian atas halaman, yang terdiri dariAliran, Foto, , Lingkaran
  5. Kolom Aliran Sebelah Kanan
  6. Dalam Lingkaran. disini anda akan melihat jumlah total orang yang anda miliki di seluruh lingkaran Google+anda bersama dengan foto dari sub folder orang-orang tersebut. Mulai Hangout. Hangout Google+ adalah cara sempurna untuk bersantai-santai di internet dengan orang-orang yang anda kenal, sama seperti yang akan anda lakukan jika anda duduk di sebelah mereka. Saran. Tempat saran teman untuk anda. Ini merupakan cara mudah untuk menemukan dan terhubung dengan orang-orang yang mungkin sudah ada di Google+ atau belum.

Apa Lingkaran Google+ Itu?

Apa Lingkaran Google+ itu ? lingkaran google+ adalah sarana buat anda berhubungan sosial di dunia maya selayak hubungan sosial pada kehidupan nyata, misalnya lingkaran keluarga, kemunitas belajar online, desain grafis, kursus dll. Anda dapat berbagi konten kepada mereka atau mengikuti konten penulis/selebritis yang anda kagumi. Anda dapat mengubahsesuikan profil pribadi untuk lingkaran anda, dari detail kontak, lokasi, dan informasi asmara anda dapat dilihat oleh lingkaran teman, sedangkan riwayat pekerjaan dan pendidikan dapat dilihat oleh lingkaran himpunan alumni anda.

Bermain Game di Google+

Permainan di Google+ memberikan anda pilihan untuk bermain game dan berbagi pembaruan saat anda menginginkannya dengan orang-orang di lingkaran anda. Untuk memulai bermain game di Google+ kunjungi halaman permainan di akun anda. Anda dapat melihat pembaruan permainan terbaru dari lingkaran, menjelajahi undangan, dan melihat permainan apa yang baru-baru ini dimainkan oleh orang-orang yang anda kenal. Cara bermain game di Google+ Bagaimana cara memainkan game google+ ? pertama-tama klik ikon permainan di bagian atas Google+ untuk mengunjungi halaman permainan (game). Jelajahi permainan unggulan atau klik Semua permainan di sisi halaman untuk melihat daftar permainan. Setelah anda menemukan game yang ingin dimainkan, klik Mainkan Saat bermain game, anda bisa membagikan pembaruan, hadian, dan pesan permainan dengan lingkaran google+anda. Andapun dapat mengundang orang-orang yang berada di lingkaran Google+ untuk bergabung dengan anda.

Membuat Lingkaran Google+

Bagaimana Cara membuat lingkaran Google+ ? Untuk mulai membuat lingkaran Google+, klik ikon lingkaran di bagian atas navigasi dan ikuti petunjuk berikut : Apabila belum ditambahkan seseorang, anda dapat menulai menambahkan mereka menjadi teman dalam lingkaran Google+ anda yaitu dengan bantuan tab temukan orang dan saran orang

Cara membuat dan menambahkan orang pada lingkaran anda yaitu dengan cara memilih orang-orang yang ingin anda masukkan pada lingkaran. Anda bisa memilih lebih dari satu orang sekaligus dengan mengklik kotak nama mereka yang ingin anda tambahkan, seret dan lepas orang-orang itu ke lingkaran kosong yang menyatakan Lepaskan disini untuk membuat lingkaran baru, setelah anda melepaskan orang-orang tersebut anda akan diberitahu berapa jumlah anggota pada lingkaran google+ anda tersebut, untuk memberi nama klik buat lingkaran akan muncul dan berilah nama pada kotak tersebut. 

Anda juga dapat membuat lingkaran dengan mengarahkan kursor ke lingkaran kosong yang sama. Tautan Lepaskan untuk membuat lingkaran baru akan berubah menjadi tautan Buat Lingkaran. Melihat semua orang di lingkaran Saat anda mengarahkan kursor ke lingkaran, anda akan melihat gambar kecil dari maksimal 13 orang yang ada di lingkaran tersebut. 

Untuk melihat semua orang yang ada di lingkaran, klik saja nama lingkarannya. Semua orang yang ada di lingkaran akan muncul di paruh atas layar. Untuk menemukan orang tertentu di lingkaran :

  1. Klik lingkaran
  2. Ketik nama orang yang ingin anda temukan di kotak 'kotak nama'. Hasil difilter pada saat anda mengetik.
Menghapus/memblok seseorang dari lingkarang untuk memblok/menghapus seseorang dari lingkaran :
  1. Klik nama orang tersebut
  2. klik hapus di sudut atas editor lingkaran.
Menghapus Lingkaran
  1. Klik lingkaran yang ingin anda hapus
  2. Klik hapus lingkaran ini di bagian bawan kotak yang muncul Peringatan: setelah lingkaran dihapus. Anda tidak dapat memulihkannya. Hapuslah lingkaran apabila anda benar-benar tidak ingin menggunakannya lagi.

Arti Anotasi Tombol Google +1 Pada Website/Blog

Sebagaimana dituliskan sebelumnya bahwa pemberian tombol +1 adalah memberi kesempatan kepada publik untuk mengetahui hal yang kita ketahui. Setiap peselancar website/blog berpotensi menetahui kesukaan anda lewat tombol +1 yang anda bagikan melalui pencarian google.
Dengan demikian dapat kita katakan bahwa arti anotasi tombol google+1 pada website/blog adalah menjadikan halaman yang sebelumnya belum diindex oleh mesin pencari Google, lewat tombol Google+1 akan dibagikan ke jaringan sosial anda dan mereka yang satu hobi dengan anda lewat mesin pencari.

Cara Meningkatkan Traffic Website Lewat Tombol Google +1

Banyak cara meningkatkan traffic website/blog, fasilitas /tool terbaru untuk meningkatkan traffic website/blog adalah tombol Google+1. Karena publicitas dan besarnya jaringan Google sehingga tombol +1 berpotensi mempercepat traffic blog kalian kalau kalian mau menggunakannya. 
Dengan membagikan konten blog lewat tombol +1, konten anda akan disharing lewat obrolan Gmail (Google Talk), Google Groups, dan pustaka google, sehingga berpotensi meningkatkan traffik website/blog kalian lewat jaringan Google. 
Apabila kalian ingin melihat tombol+1 tertentu seperti tombol google+1 artis, tokoh politik, Internet Marketer, kalian dapat menambahkan mereka ke salah satu grup anda, demikian juga apabila kalian ingin berhenti melihat tombol Google+1 mereka, anda dapat menghapus mereka dari grup yang menyertakan mereka.

Menambahkan Animasi Gif Untuk Google Plus

Google plus dalam akun resminya plus.google.com mengumumkan kepada para penggunya, bahwa mereka sekarang dapat menggunakan animasi gif untuk foto profil Google Plus. Lalu bagaimana cara menggunakan animasi gif untuk foto profil Google plus ?

Berikut panduan singkat bagaimana cara membuat animasi gif secara offline yang bisa sobat lakukan pada desktop/netbook berbasis mac/windows.

  1. Pilih video
  2. dapat memilih video yang sobat punya untuk digunakan sebagai profil. Tentu tidak semuanya akan kita buat animasi gif, namun kita potong bagian tertentu untuk dijadikan gif.
    Potong sumber video yang ingin sobat buat animasi gif dengan video cutter atau aplikasi pemotong video terserah sobat. Kalau bingung jangan ragu tanya mbah google he he. Potong video dengan durasi kira-kira dua detik atau tiga detik saja. Mengapa harus pendek durasinya ? karena kalau lama akan berat sobat loadingnya nanti.

  3. Pasang video di Photoshop
  4. sobat menentukan video yang akan dijadikan animasi gif untuk google plus, maka sekarang kita bermain-main dengan photoshop.
    Caranya buka program photoshop yang terinstal di komputer -->pilih file -->Impor Frames Video --> ke layer. File video akan berubah menjadi serangkaian gambar diam seperti buku flip.

  5. Sesuaikan Kualitas Gif
  6. Yang harus digarisbawahi bahwa kualitas berbanding dengan loading ketika sudah sobat upload di internet. Maka bijaklah dalam menentukan kualitas animasi gif sobat.

  7. Simpan
  8. Setelah sobat puas dengan hasil pembuatan animasi gif di photoshop tadi, jangan lupa disimpan sobat.

  9. Upload ke Profil Google Plus
  10. Proses terakhir upload animasi gif yang sobat bikin tadi ke profil google plus.

Karena pembuatan animasi gif dibuat secara offline, maka sobat tidak membutuhkan koneksi internet untuk membuat animasi gif tersebut, kecuali proses upload ke profil google plus.

Berikut contoh animasi gif profil google plus Matt Steiner



animasi gif untuk profil google plus
Animasi Gif Matt Steiner