10 Cara Kerja Sambilan Dari Rumah

Apakah anda sedang mencari informasi bagaimana buat duit online kerja dari rumah? Karena alasan tertentu mungkin Anda memerlukan pekerjaan yang bisa dijalankan di rumah.

Perkembangan teknologi internet Indonesia yang maju dengan pesat memungkinkan kita kerja sambilan online di rumah, sehingga tidak mengganggu rutinitas harian kita sebagai primer job.

10 cara kerja sambilan di rumah berikut semoga bisa membuka wawasan Anda dan anda menemukan ladang penghasil uang online untuk menambah income Anda. Berikut 10 cara kerja sambilan di rumah untuk Anda :


1. Desain Grafis

Apabila anda suka berkreasi lewat photoshop maka bisnis desain grafis bisa menjadi pilihan anda untuk bekerja online di rumah. Apa yang bisa anda lakukan dengan program photoshop tersebut ? Anda bisa merancang banner/ logo iklan, kartu nama, kartu undangan pernikahan, atau berbagai produk berbasis digital lainnya. Untuk memulai bisnis desain grafis lakukan hal-hal berikut:

a. Promosi tak langsung melalui forum, misalkan mengganti signature profil forum Anda dengan link website hasil desain grafis Anda.

b. Lakukan barter link dengan perusahaan advertising sejenis dengan bisnis desain grafis Anda.

c. Mempromosikan hasil karya dengan cara menghubungi kolega anda dan tawarkan kepada mereka bahwa anda bisa membuatkan kartu nama mereka dengan diskon desain grafis buat mereka.


2. Desain Website

Apakah anda memiliki kemampuan dalam mendevelop/mendesain website? kalau ya mengapa tidak mencoba keberuntungan dalam bisnis desain website.

Semakin hari semakin banyak orang mengenal dunia internet, dan mereka ingin membuat website sendiri namun tidak tahu bagaimana caranya. Ambillah celah tersebut untuk memjadi desainer website. Apa saja langkah-langkah untuk memulai bisnis desain webite?

a. Kembangkan beberapa website yang ditawarkan gratis, sebagai ajang promosi dan portofolio anda, sehingga orang lain percaya dengan kemampuan Anda dalam mendesain website.

b. Bangun jejaring sosial online anda dan dawarkan kepada mereka kemampuan anda mendesain website.

c. Buatkan desain website untuk teman/keluarga anda sebagai tambahan portofolio perusahaan desain website baru Anda.

d. Hubungi pengusaha UMKM dan berilah wawasan bahwa usaha mereka dapat lebih maju apabila dipromosikan lewat jaringan internet. Jangan lupa tawarkan jasa pembuatan website kepada mereka.


3. Jasa Penitipan Anak

Apabila Anda masih mempunyai anak kecil dan ditawari untuk mengasuh anak tetangga, mengapa tidak anda ambil kesempatan ini. Anda tetap bisa merawat si kecil terus mendapatkan imbalan atas kesediaan anda mengasuh anak tetangga, dan si kecil mendapatkan teman bermain. Enak bukan?

a. Mencari informasi dari teman atau keluarga, siapa yang membutuhkan jasa penitipan anak dapat menghubungi Anda.

b. Beriklan melalui media cetak, media elektronik, iklan baris dan lain sebagainya.

c. Sebarkan flyer di sekitar tempat tinggal Anda.


4. Penulis Lepas.

Apabila Anda mempunyai kemahiran dalam mengolah kata alias menulis mengapa tida mencoba menyalurkan kemampuan dan hobi anda. Asah kembali kemampuan menulis anda dan coba menjadi penulis lepas dengan cara;

a. Menjalin hubungan dengan media massa atau media online, juga penerbit buku. Cari informasi dari mereka mengenai kebutuhan seorang penulis. Untuk penulis koran, majalah, tanyakan apakah mereka membutuhkan kontributor penulis sesuai keahlian anda. Celah ini dapat anda pergunakan sebagai landasan awal menjadi penulis lepas.

b. Kirim email ke sejuamlah situs informasi internet apakah mereka tertarik membeli artikel-arrtikel anda yang berkaitan dengan perusahaan mereka. Jangan lupa lampirkan biodata diri dan contoh tulisan anda.

c. Jual sendiri artikel anda melalui website jasa pembelian artikel.


5. Mengajar Privat

Apabila anda mempunyai pengalaman mengajar atau mempunyai keahlian khusus seperti keahlian bermain gitar, piano atau mengoperasikan komputer. Anda dapat menawarkan keahlian diri lewat mengajar privat. Berikut langkah-langkah awal menekuni dan mengajar privat;

a. Kirim surat penawaran ke sekolah-sekolah atau orang tua murid dan tawarkan jasa anda

b. Beriklan melalui media surat kabar/ internet

c. Cari tahu komunitas homeschooling di sekitar anda dan hubungi mereka untuk menawarkan jasa mengajar privat anda.


6. Bisnis kerajinan

Ketrampilan tangan anda dalam menjahit, membuat kerajinan tangan dan sebagainya merupakan modal anda untuk terjun ke bisnis kerajinan. Untuk menjalankan bisnis kerajinan lakukan langkah-langkah berikut;

a. Buat akun ebay dan jual produk anda melalui ebay

b. Ikuti bazaar dan event-event belanja dekat daerah anda untuk memasarkan produk kerajinan tangan anda.

c. Buat flyer berisi ide hadian dari produk kerajinan anda dan sebarkan menjelang musim liburan atau perayaan hari-hari penting.

d. Buat kartu nama dan sebarkan sesuai sasaran anda.

e. Kumpulkan data pelanggan, daftar hari ulang tahun mereka lalu tawarkan mereka produk kerajinan anda sebagai hadiah.


7. Coaching

Coaching merupakan lahan bisnis potensial baru, karena banyak orang membutuhkan jasa coaching agar sukses dalam kehidupan pribadi, meraih kebahagiaan. Apabila anda terjun ke bisnis coaching maka anda harus siap dihubungi baik melalui telepon maupun email dari klien, agar Anda membatu klien mencapai sukses serta meraih impiannya. Cara memulai bisnis coaching bisa anda lakukan dengan;

a. Ikuti training untuk menambah wawasan keilmuan coaching anda

b. menulis artikel berisi promosi bisnis coaching Anda serta sisipkan link mengarah ke website anda.

c. Tawarkan sesi perkenalan gratis kepada klien potensial Anda


8. Fotografi

Hobi potret-memotren/ Fotografi? Apabila anda mempunyai stok hasil jempretan unik dan menarik mengapa tidak mencoba menjual stok gambar-gambar photo anda tersebut! Berikut langkah-langkah awal berbisnis fotografi;

a. Cari segmented market, seperti foto-foto hewan peliharaan misalnya. Lalu buatlah flyer dan sebarkan ke komunitas pencinta hewan peliharaan.

b. Sebarkan kartu nama anda kepada keluarga, ibu dengan anak yang fotogenik apabila anda fokus ke fotografi keluarga misalnya

c. Jual foto-foto hasil jepretan kamera anda ke situs stok fotografi.


9. Konten Video

Maraknya penggunaan media online menjadi ladang baru bagi konten video. Anda dapat membuat video tutorial dan menjualnya ke website konten video. Berikut langkah awal memulai bisnis konten video atau video content;

a. Hubungi website penyedia jasa tutorial lewat konten video melalui email

b. Ciptakan sendiri video tutorial dan promosikan diri anda sebagai professional di bidang tertentu, misalnya video tutorial menjahit, memasak dan keahlian lainnya.


10. Blogging

Menulis blog juga dapat menjadi lahan kerja sambilan di rumah sebagai mata pencaharian anda. Banyak blogger sukses lewat blog mereka. Anda bisa menawarkan tulisan di blog Anda ke perusahaan terkait dengan konten blog anda. Caranya, perkuat jejaring sosial dengan berbagai pihak yang membutuhkan jasa blog. Bahkanpenerbit buku juga tertarik menerbitkan tulisan di blog, yang menarik untuk dijadikan buku.

Dari sepuluh tips kerja dari rumah tersebut diatas, semoga ada yang sesuai dengan keahliah anda sehingga anda mendapat solusi bagaimana buat duit online kerja dari rumah dan mendapatkan penghasilan dari kerja sambilan online dari rumah. (Sumber: Shine, Kompas)

Comments

Nemu klien di mana?

Artikelnya bagus tetapi tidak ada info gimana cari klien. Itu yang susah biasanya. Aku mau bagi salah satu cara yang paling simple dan unik aku pernah ketemu sampe sekarang: dengan website www.serba50ribu.com anda bisa pasang tawaran anda dengan mudah. Itu lebih cocok untuk jasa yang bisa ditawarkan online seperti desain, penulis, blogging, promosi online dan lain2. Website itu menjadi jaminan antara yang membeli dan yang menjual. Daripada saya nulis terlalu panjang di komen, saya kasih link di kompasiasa yang menerangkan gimana caranya pakai website itu: Kompasiana: Serba50ribu.com, Kreatif dan Unik!. Atau kalau mau lihat tawaran yang sudah ada di situ, langsung klik di sini: www.serba50ribu.com

Terima Kasih

Terima kasih ablanchard02 sudah memberikan komentar dan menyuguhkan solusi untuk mendapatkan klien. Selain sharing di kompasiana, Saya harap Anda tidak keberatan juga sharing informasi berguna milik Anda di belajaronlinegratis.com agar lebih bermanfaat ke lebih banyak orang
surveys4income.com Get Paid to Take Surveys
Perhatian untuk seluruh sobat belajar online gratis
Mohon maaf apabila komentar anda tidak dipublikasikan dikarenakan tidak sesuai dengan halaman bersangkutan