5 Cara Mengamankan Wordpress Dari Hacker

Bagaimana perasaan anda ketika buka blog berbasis wordpress sobat belajar online tiba-tiba sudah berubah bentuk dan muncul peringatan agar menambal celah keamanan wordpress dari hacker. Kalau hacker berbaik hati ngasih tahu agar celah keamanan wordpress sobat segera ditambal agar tidak mudah dijebol. Bagaimana kalau yang menyerang blog sobat adalah cracker yang ingin merusak blog sobat? tentu nyesek kan sudah membuat dan memposting banyak artikel dalam sekejab dirusak oleh orang tak bertanggung jawab (Cracker).

Sebelum kejadian terburuk menimba sobat belajar online berikut cara mengamankan wordpress anda. Sudah pernah dengar istilah lebih baik mencegah daripada mengobati bukan ?  Yo kita ulas satu persatu 10 cara mengamankan wordpress :

1. Menggunakan Password Yang Kuat
Mengapa password wordpress menjadi nomor pertama, apa alasannya ? password ibarat kunci masuk, kalau kuncinya tidak kuat gampang dijebol bukan ?
Kombinasikan antara huruf, nomor, simbol dalam menggunakan password/kata kunci agar password anda tidak mudah ditebak.
Selain itu, jangan gunakan satu password untuk semua data login online sobat. Mengapa ? kalau sobat belajar online menggunakan satu password untuk semua data online, apabila satu akun kena hack maka semua akun anda dalam genggaman cracker. ibarat orang beli satu dapat bonus 1, 2, 3 tergantung jumlah data online sobat. Tidak mau kan ? maka mulai perhatikan apakah pasword anda sudah kuat apa belum.

2. Selalu Ikuti Update Keamanan Wordpress
Ikuti perkembangan yang selalu dipublikasikan situs resmi wordpress dan apabila mereka memberikan patch update keamanan wordpress segera tambal keamanan wordpress blog sobat sebelum kejadian buruk menimba blog sobat.

3. Melindungi akses admin wordpress
Secara default ketika kita menginstal wordpress user name utama adalah admin. Hal tersebut kan bisa dilihat dari postingan blog ? Ya ini cara mengamankan wordpress lainnya selain tentu dengan memakai password yang kuat untuk blos wordpress sobat.

4. Menjaga Wordpress dari Serangan Brute Force
Serangan tiba-tiba secara besar-besaran dapat merusak server. Apalagi kalau kalau jasa hosting anda memberikan limit bandwidth untuk situs shared hosting. Untuk mengamankan wordpress dari serangan brute force tersebut sobat bisa menggunakan wordpress plugin Limit Login Attempts, sehingga menyulitkan sistem kerja brute force.

5. Memantau Malware
Gunakan webhost yang memberikan value added dengan menyediakan jasa scanning terhadap blog wordpress sobat. Jangan menyesal kemudian dapat hosting murah namun mendapatkan banyak resiko.

Itulah lima cara mengamankan wordpress sobat belajar online. Semoga bisa menjadi tambahan wawasan terhadap celah keamanan wordpress sobat.