Algoritma Mesin Pencari Google

Sebelum kita bahas tentang algoritma mesin pencarian Google, marilah kita bahas tentang arti dari algoritma. Kalau merujuk ke ensiklopedi online wikipedia. Berikut arti istilah algoritma :

"kata algoritma berasal dari latinisasi nama seorang ahli matematika dari Uzbekistan Al Khawarizmi (hidup sekitar abad ke-9), sebagaimana tercantum pada terjemahan karyanya dalam bahasa latin dari abad ke-12 "Algoorithmi de numero indorum". Pada awalnya kata algoritma adalah istilah yang merujuk kepada aturan-aturan aritmetis untuk menyelesaikan persoalan dengan menggunakan bilangan numerik arab (sebenarnya dari india seperti tertulis pada judul diatas). Pada abad ke-18, istilah ini berkembang menjadi algoritma, yang mencakup semua prosedur atau urutan langkah yang jelas dan  diperlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Masalah timbul pada saat akan menuangkan bagaimana proses yang harus dilalui dalam suatu/sebuah sistem (program) bagi komputer sehingga pada saat eksekusinya, komputer dapat bekerja seperti yang diharapkan. Programer komputer akan lebih nyaman menuangkan prosedur komputasinya atau urutan langkah proses dengan terlebih dahulu membuat gambaran (diagram alur) diatas kertas."

Dalam publikasi google dikatakan bahwa algoritma adalah program komputer yang mencari petunjuk untuk memberikan kembali apa yang anda inginkan.

Dalam pencarian spesifik mungkin ada ribuan bahkan jutaan halaman web berguna yang ada di internet. Maka algoritma google akan memproses dan memformulasikan setiap pertanyaan yang diketikkan pengguna internet di kotak pencarian google dan menghadirkan jawaban kepada pengguna internet tersebut.

Terdapat lebih dari 200 signal dan petunjuk Algoritma Google yang memungkinkan untuk menebak apa yang benar-benar dicari oleh pengguna internet. Signal-signal algoritma google mencakup istilah, update content, wilayah, dan PageRank website/blog.


Proyek Pencarian Google

Ada banyak proses dan komponen dalam proses pencarian dan ranking halaman hasil pencarian Google. Google terus memperbaiki teknologi dan sistem pencarian ini agar memberikan hasil pencarian yang lebih baik. Berikut aspek-aspek yang mempengaruhi hasil pencarian Google :

  1. Jawaban :
  2. Memberikan jawaban langsung dari informasi yang dicari seperti cuaca hasil olah raga, dan peristiwa terkini
  3. Mobile :
  4. Peningkatan dan desain web yang cocok untuk ditelusuri dengan tablet, smartphone yang kini banyak beredar.
  5. Snippets :
  6. Memberikan preview informasi awal seperti judul halaman, penjelasan singkat, informasi tentang setiap hasil pencarian.
  7. Autocomplete :
  8. Google memprediksi kira-kira apa yang dicari pengguna internet dan memberikan alternatif kata kunci yang disa digunakan
  9. Berita :
  10. Projek berita mencakup hasil pencarian dari berita online, blog dari seluruh dunia.
  11. Pengucapan :
  12. Mengidentifikasi kemungkinan kesalahan penulisan dan memberikan alternatifnya.
  13. Buku-buku:
  14. Projek pencarian buku berusaha memberikan hasil pencarian terhadap miliaran e-book yang ada di internet, termasuk preview buku tersebut baik dari perpustakaan online maupun dari penjual e-book dari seluruh dunia.
  15. Query Understanding :
  16. Memberikan hasil khusus dari kata yang pengguna ketik.
  17. Synonyms :
  18. Mengindikasikan kata-kata yang memiliki kesamaan arti.
  19. Freshness :
  20. Menunjukkan berita dan informasi terbaru termasuk ketika sobat menggunakan pencarian berdasarkan waktu publikasi konten.
  21. Refinements :
  22. Ketika sobat menggunakan pencarian lanjutan Google, maka Google akan memberikan hasil yang berbeda sesuai dengan apa yang sobat inginkan
  23. Translation and Internationalization :
  24. Menyesuaikan hasil pencarian sesuai dengan bahasa dan negara pengguna mesin pencari
  25. Google Instant :
  26. Memberikan hasil secara langsung dari apa yang sobat ketik di kotak pencarian
  27. SafeSearch :
  28. Memfilter konten dewasa dari hasil pencarian hal ini untuk melindungi pengguna dari akses situs dewasa.
  29. Universal Search :
  30. Menggabungkan konten yang relevan dari pencarian pengguna seperti gambar, berita, peta, videos dan konten pribadi dalam satu daftar hasil pencarian
  31. Gambar:
  32. Projek pencarian gambar memberikan hasil kepada pengguna berupa thumbnails, sehingga pengguna mesin pencari google dari gambar yang ada.
  33. Metode Pencarian :
  34. membuat metode baru dalam pencarian, yaitu mencari informasi lewat gambar/ suara.
  35. User Context :
  36. Memberikan hasil yang lebih relevan pada suatu berdasarkan letak geografik, negara, sejarah web dan faktor lainnya.
  37. Indexing :
  38. Google menggunakan sistem untuk mengoleksi dokumen-dokumen yang ada di internet.
  39. Site and Page Quality :
  40. Mesin pencarian google menggunakan satu set sinyal untuk menentukan bagaimana suatu situs/web dapat dipercaya, reputasi, otorisasi sumber konten. Salah satu sinyal yang digunakan google dalam menentukan reputasi web/blog adalah dengan Google PageRank.
  41. Videos :
  42. Menunjukkan hasil pencarian video oleh pengguna dan memberikan thumbnail, sehingga pengguna google dapat langsung mengunjungi dan menonton video yang diinginkan
  43. Knowledge Graph :
  44. Memberikan hasil berdasarkan orang-orang/publik figur yang ada di dunia, tempat, jalinan hubungan antara mereka.
Itu tadi sobat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil pencarian dan algoritma yang digunakan oleh google terhadap hasil pencarian.
surveys4income.com Get Paid to Take Surveys
Perhatian untuk seluruh sobat belajar online gratis
Mohon maaf apabila komentar anda tidak dipublikasikan dikarenakan tidak sesuai dengan halaman bersangkutan