Ancaman Keamanan Cyber Tahun 2013

  • warning: preg_replace() [function.preg-replace]: Compilation failed: disallowed Unicode code point (>= 0xd800 && <= 0xdfff) at offset 1816 in /home/u233797337/public_html/modules/search/search.module on line 333.
  • warning: preg_replace() [function.preg-replace]: Compilation failed: disallowed Unicode code point (>= 0xd800 && <= 0xdfff) at offset 1816 in /home/u233797337/public_html/modules/search/search.module on line 333.
  • You must include at least one positive keyword with 3 characters or more.

Tahun 2013 baru berjalan beberapa hari namun rentetan bahaya terus mengancam keamanan dunia cyber. Seperti yang kemaren beredar di Facebook. Beredar spam yang menjanjikan tampilan kronologi 2013 yang berbeda dari tampilan kronologi facebook mereka sekarang.

Rupanya karena spam tersebut memakai hosting gratisan dari webng, pada malam hari kemaren terdeteksi oleh pihak hosting dan sudah tidak bisa diakses lagi. Karena ketika malamnya saya coba akses linknya sudah tidak aktif dan di redirect ke TLD webng.

Itu tadi satu contoh ancaman keamanan cyber tahun 2013 ini. Untuk melengkapi dan menambah informasi bagi sobat belajar online gratis atas ancaman dunia maya berikut daftar 10 tren ancaman keamanan cyber tahun 2013 seperti yang ditulis ulang dari liputan6.com (30/12/2012).


1. Aplikasi berbahaya untuk tablet Android

Seperti kita ketahui tablet berbasis OS Android semakin populer sekarang ini, hal tersebut juga menarik daya tarik bagi penjahat dunia maya untuk menciptakan aplikasi berbahaya untuk OS Android.


2. Apakah windows 8 kebal terhadap serangan penjahat cyber ?

Sistem operasi windows sebagai OS Terpopuler, setidaknya menurut penulis( karena penulis tidak punya data pastinya he he he) Sistem operasi windows selalu menjadi incaran para penjahat untuk menaklukkannya dan mendapatkan keuntungan walau dengan cara merugikan orang lain. Sistem terbaru windows terbaru yaitu windows 8 tersebut tersebut aman bagi end user bukan bagi pengguna corporate sayangnya karena windows 8 mendukung lintas peraangkat, sehingga banyak peluang untuk para penjahat cyber melumpuhnya. Bagaimana menurut sobat belajar online ?


3. Layanan Komputer Awan (Cloud Computing)

Layanan penyimpanan komputasi awan seperti Google Docs, Dropbox, Facebook, dan lainnya akan menjadi sasaran para penjahat cyber. Jadi selalu back up data penting sebat belajar online.


4. Serangan dari tempat tak terduga

Serangan cyber bisa dari tempat dan teknik yang tidak kita prediksi sebelumnya seperti penyerangan yang dimulai dari layanan tv yang berjalan di windows, iOS, Android. So tetap waspada dengan gadget sobat.


5. Pengamanan data lebih selit kare multiplatform

Konsumen dan perusahaan menggunakan banyak platform, mulai dari perangkat digital di kantor hingga berkomunikasi di mobile. Hal ini tentu membuat pengguna lebih sulit dalam mengatasi keamanan data.


6. Motif politif juga akan memicu cyberwar

Serangan bermotif juga akan manjadi salah satu kegiatan cyber war tahun 2013 ini sobat. contohnya pengrusakan fasilitas-fasiliitas penting negara saat para cracker yang dipekerjakan oleh pihak/ negara tertentu.


7. Pelanggaran Data

Penyimpanan data di cloud atau tidak, pelanggaran terhadap data akan tetap menjadi tren tahun 2013.


8. Penegakan Hukum Cyber

Untuk mengatasi kejahatan cyber secara global membutuhkan waktu dua tahun/lebih untuk mencapai penerapan penuh. Paling tidak pada tahun 2015 nanti akan banyak negara akan menegakkan hukum cyber sehingga tidak ada lagi ruang gerak peretas untuk menjalankan aksinya dari negara yang longgar hukum cybernya.


9. Malware akan semakin canggih

Apa malware itu ? malware itu adalah malicious software. Yaitu aplikasi/software jahat sobat. Serangan malware akan semakin canggih dalam hal penyerangan. Kerjasama antar kelompok peretas underground pun akan memperkuat mereka dalam hal teknik penyerangan.


10. Kejahatan cyber akan banyak dilakukan dari benua afrika

Penjahat cyber menjadikan benua afrika sebagai pelabuhan pusat serangan yang lebih canggih dan terencana. Hal tersebut dilakukan berkaitan langsung dengan masih lemahnya penegakan hukum cyber di negara tersebut.


So, sahabat belajar online semua mari kita belajar untuk lebih aware lagi terhadap semua data dan kegiatan online kita agar selamat dari serangan para penjahat cyber 2013