Belajar LMS

Beberapa minggu berkutat dengan layanan LMS aTutor dan belajar LMS ini yang akan digunakan untuk membuat soal pilihan ganda. Rencananya akan diluncurkan berbarengan dengan awal tahun pelajaran 2013-2014. Semoga target saya tercapai walau harus belajar LMS aTutor secara otodidak dengan mengandalkan mbah google dan try and error, namun semua itu terasa nikmat karena kemauan yang kuat untuk menghadirkan fasilitas yang bermanfaat bagi para pencari ilmu.

Loh kok malah kemana-mana ini ceritanya, semoga sobat tidak bosan membacanya. Kalau kita sebelumnya lebih mengenal CMS, sebagai aplikasi dan tool untuk memudahkan membuat dan mengatur konten-konten website, maka LMS pun gunanya juga untuk mengatur konten website dengan titik fokus pada management pendidikan.

LMS adalah singkatan dari Learning Management System. Namanya juga sistem managemen pembelajaran maka LMS pun berguna untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan pendidikan sobat.

Baik pendidikan formal seperti sekolah-sekolah, universitas, maupun pendidikan non formal seperti kursus-kursus bisa menggunakan layanan LMS untuk memudahkan pengaturan dan managemen materi pelajaran.

Sebagaimana aplikasi lainnya, LMS pun ada yang berbayar dan ada yang open source sobat. Diantara layanan lms gratis yang ada seperti aTutor, Moodle.

Dengan menggunakan LMS sistem pembelajaran pun tidak harus selalu dilakukan di dalam kelas, karena selama ada layanan internet peserta didik dapat mengakses materi yang diajarkan guru/dosen tanpa harus tatap muka secara langsung. Bagaimana sobat tertarik tidak untuk menggunakan layanan LMS untuk memajukan pendidikan Indonesia ?

Untuk pembahasan dan belajar e-learning silahkan ke link : Mengenal dan Belajar E-Learning