Belajar Matematika Lewat Game Jaritmatika Mobile

Cara belajar mudah, menyenangkan, dan gampang untuk anak lewat metode visual. Begitu juga dengan metode belajar matematika buat anak-anak, apabila mereka senang bermain game mengapa kita tidak memberikan mereka game-game berkenaan dengan ilmu hitung tersebut. Sehingga mereka bermain game dan mendapatkan ilmu, betul kan?

Nur Habibur Rohim, Risang Yogardi, dan Muhammad Arsori dari SMK 1 Tenngaran, Semarang, Jawa Tengah membuat mobile game bernama Jaritmatika Mobile.

"Tujuannya untuk membantu siswa kelas 1-3 SD yang kesulitan untuk berhitung. Karena Matematika itu kan dasar dan penting, jadi tiap orang harus mempelajarinya. Jaritmatika ini tadinya dengan tangan, sekarang kami buat versi game mobile-nya, jadi bisa membuat anak-anak lebih tertarik matematika" kata Nur.

Nur dan rekannya mengembangkan Jaritmatika Mobile memakai program Flash, Corel Draw, dan Photoshop. Pembuatan Jaritmatika Mobile dilakukan kurang lebih 2 bulan. Jaritmatika Mobile dilengkapi petunjuk materi dan petunjuk cara bermain serta bisa dimainkan di smartphone dengan fasilitas flash di dalamnya tentunya.

Untuk memainkan Jaritmatika Mobile, pengguna wajib tahu dasar-dasar jaritmatika sebelum bermain game. Pada soal dalam game akan tampil jari kanan atau kiri, jari kanan menyatakan angka 1-9 dan jari kiri menyatakan angka 10-90.

Game Jaritmatika Mobile ada 2 level dengan total 10 soal masing-masing level ada 5 soal. Menurut Nur seluruh soal yang diberikan sudah mencakup operasi hitung tingkat kelas 1-3 SD. Jumlah soal memang masih terbatas, masih perlu penambahan sehingga penghitung benar-benar melatih kemampuan berhitung, tidak menghadapi soal-soal itu saja. Kedepa , beberapa rencana siap dieksekusi untuk mengembangkan jaritmatika mobile ini.

"Misalnya kita bisa kembangkan untuk operasi perkalian dan pembagian, lalu untuk sinus dan cosinus", cetus Nur. Jaritmatika Mobile karya Nur dan rekannya masuk sebagai salah satu finalis LKIR ke-43 LIPI bidang Ilmu Pengetahuan Teknik. Nur berharap, game-nya bisa dijua. (Kompas Tekno)