Cara Install Ubuntu 13.10 Menggunakan DVD

Ubuntu 13.10 diberi nama Saucy Salamander yang dirilis oleh cannonical tahun ini. Sebagaimana diketahui bahwa ubuntu merilis dua kali setiap tahun terhitung sejak Ubuntu 2.4 dalam penentuan namanya, Ubuntu menggunakan dua kata yang terdiri dari kata adjective dan nama binatang.

Oke sobat belajar itu sekedar intro tentang distro linux Ubuntu, mari kita lanjutkan cara install ubuntu menggunakan DVD. Sebenarnya selain menggunakan DVD, distro ubuntu 13.10 juga bisa di install menggunakan Flashdisk. Namun pada kesempatan kali ini belajaronlinegratis.com akan sharing bagaimana cara install ubuntu dengan DVD.

Pada Ubuntu versi 13.10 ini tidak bisa lagi di instal dengan CD karena ukuran file iso ubuntu 13.10 sekitar 890 MB, sehingga cd tidak akan bisa untuk menginstal ubuntu 13.10 Saucy Salamander.

Hal pertama yang harus kita persiapkan tentu saja DVD yang telah terisi software ubuntu 13.10 sobat online. Kalau sudah silahkan masukkan DVD ke DVD Driver, lalu restart komputer. Jangan lupa bahwa pilihan booting pertama dengan DVD.  Kalau pilihan booting pertama dari hard disk proses install ubuntu 13.10 tidak akan berjalan sob.

Setelah komputer restart akan muncul proses instalasi ubuntu sobat, dan muncul pilihan try ubuntu dan install ubuntu. Kalau sobat belajar online hanya ingin mengetahui bagaimana tampilan ubuntu saja tanpa menginstalnya ke dalam komputer maka sobat dapat memilih pilihan try ubuntu dan ubuntu akan berjalan dari DVD dan tidak berpengaruh ke OS yang ada.


Kalau sobat online sudah yakin akan menginstal ubuntu pada komputer, maka pilihlah install ubuntu. Dan ikuti proses install ubuntu berikutnya.

Tahapan instal ubuntu 13.10 berikutnya adalah menentukan besarnya kapasitas hard disk yang akan sobat gunakan untuk ubuntu. Pada tahapan ini ada tiga pilihan apakah akan menginstall ubuntu berdampingan dengan windows 7 misalnya. Pilihan ini dikenal dengan istilah dual booting. Pilihan kedua adalah menghapus Operating System (OS) yang ada di komputer dengan os ubuntu 13.10. Dan bagi yang ahli komputer bisa memilih pilihan ketiga yaitu Something Else



Setelah verifikasi proses diatas, Proses instalasi ubuntu akan berjalan sesuai dengan pilihan install diatas. Klik tombol install di bawah dan proses instalasi ubuntu 13.10 Saucy Salamander akan berjalan. O iya sobat belajar online, Ubuntu 13.10 paling tidak membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 4.5 GB. Jadi siapkan ruang hard disk kosong lebih dari 4.5GB yaaa.



Di tengah-tengah proses instalasi, ubuntu akan meminta sobat untuk memilih lokasi, pilihlah lokasi sobat berada dan klik forward. Setelah menentukan tempat, proses instalasi ubuntu akan berlanjut lagi ke pilihan keyboard. Kalau sobat tidak yakin pilihan keyboard yang mana yang harus dipilih klik Detect Keyboard Layout dan klik continue.



Proses selanjutnya adalah membuat user name dan password seperti ketika menginstall untuk windows sobat, bedanya pada bagian password tidak boleh kosong.

Tampilan selanjutnya ke tampilan Ubuntu One, kalau sobat belum punya akun Ubuntu One klik Login later dan tampilan selamat datang di ubuntu 13.10 Saucy Salamander telah di depan mata sobat.



Restart komputer dan selamat menikmati sajian Linux Ubuntu 13.10 Saucy Salamander sobat.