Cara Memaksimalkan Komunikasi Bisnis Lewat Media Sosial

Jejaring sosial (Media sosial) memang ibarat dua mata pisau yang saling berlawanan. Apabila kita tepat menggunakannya, maka jejaring sosial merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan awareness terhadap merek bisnis. Selain itu juga bisa menjari sarana komunikasi langsung perusahaan/personal pemilik bisnis dan pelanggan mereka.

Namun apabila kita salah dalam mengkomunikasikan proyek bisnis kita dan pelanggan, maka hal tersebut bisa berbalik arah dan pada akhirnya menghancurkan merek bisnis online kita.

Berikut diantara hal-hal yang bisa menghancurkan bisnis online lewat jejaring sosial :

Jadikanlah diri sobat pribadi yang terbuka, menghibur dan bisa berkomunikasi secara personal, tidak selalu berbicara tentang bisnis. Hindarilah pembicaraan yang melenceng jauh dari konteks bisnis sobat agar komunikasi tidak melebar jauh dari sasaran penggunaan media sosial unbuk bisnis online sobat.

Berikanlah kepada pengunjung media sosial nilai tambah, sehingga mereka mendapatkan manfaat ketika mengunjungi halaman jejaring sosial sobat. Jika sobat memberikan nilai lebih pada akun jejaring sosial, mereka dengan sendirinya akan mengklik/ membeli produk yang sobat tawarkan karena mereka percaya dengan kompetensi sobat.

Banyak perusahaan menggunakan buzzer untuk keberhasilan pemasaran mereka. Bahkan mereka mengalokasikan sebagian besar anggaran pengeluaran mereka untuk beriklan di situs jejaring sosial, namun sayangnya mereka tidak mengukur dan menghitung investasi iklan mereka. Apabila sobat menggunakan layanan google analytics gunakanlah sinkronisasi ke situs jejaring sosial pada google analytics tersebut.

Selain menggunakan sinkronisasi google analytics ke akun media sosial, banyak alat ukur media sosial yang bisa sobat gunakan, silahkan googling. Analisa dan tool pengukuran komunikasi media sosial tersebut bukan untuk melacak keberhasilan bisnis online secara langsung. Dengan analisa media sosial tersebut, sobat dapat melacak keberhasilan antara merek kepada para prospeknya yang akhirnya menjadi penjualan.

Apabila kita menggunakan facebook ada fasilitas likes dan membandingkannya dengan tingkat keterlibatan mereka dalam pembicaraan. Anda dapat melakukan prospek kepada mereka, mengkonversinya menjadi penjualan.

Agar tidak terjadi besar pasak daripada  tiang, maka sobat membutuhkan seseorang yang paham terhadap penggemar akun media sosial sobat, menganalisa data untuk melacak hasil sobat, memperbaiki kekurangan lalu memperbaikinya agar berubah menjadi

Dan pada akhirnya sobat harus memaksimalkan semua resource dan fasilitas online untuk meningkatkan dan mensukseskan bisnis online sobat.