Cara Mengatasi Laptop Kena Air

Sobat belajar online di tengah kondisi yang tidak menentu kadang hal yang tidak kita inginkan bisa terjadi pada kita. apabila sobat belajar online terjebak hujan yang akhirnya membuat laptop terkena air maka perhatikan hal-hal berikut !
  1. Jika laptop sobat habis terkena air jangan coba-coba untuk langsung menyalakannya langsung karena bisa menyebabkan konsleting arus komponen dan menyebabkan laptop sakit parah, emang orang he he he.
  2. Segera copot battery sebagai sumber arus untuk menghindari dan meminimalisir adanya arus pendek pada komponen mainboard laptop.
  3. Lepaskan keyboard dari laptop dan keringkan. Keyboard laptop terdiri dari papan tombol, rangka penyangga papan tombol, punchcard yang terbuat dari karet dan jalur bus. beberapa kasus yang sering terjadi jika keyboard terkena air adalah keyboard ngejam dikarenakan punchcard berubah posisi atau langsung nempel dengan jalur bus akibat genangan air yang terjadi.
  4. Lepaskan seluruh komponen seperti processor, WiFi, RAM, Optical Drive, Harddisk dan keringkan untuk menghindari terjadinya korosi pada mainboard
  5. Cara mengatasi laptop terkena air yang kelima adalah angkat LCD panel dari framenya. Jika LCD panel kemasukan air, maka air bakalan mengisi celah diantara lapisan LCD dan jika hal tersebut terjadi, maka akan ada flek-flek putih pada LCD laptop.
  6. Cara terakhir mengatasi laptop kena air adalah setelah semua komponen kering maka kita rakit kembali laptop.
Itulah tadi sobat belajar online 6 tips dan cara mengatasi laptop yang kena air.  Semoga tips mengatasi laptop yang terkena air tersebut bisa menyelamatkan laptop sobat dan bisa digunakan kembali.