Cara Menulis Kalimat Sakti Dalam Pemasaran

Seiring berjalannya waktu cara memasarkan barang ataupun jasa pun juga mengalami perkembangan. Kalau dulu cara memasarkan barang hanya lewat mulut ke mulut sebagai media iklan. Datang era media cetak dan elektronik, maka para pemasar pun bergerak memasarkan barang dan jasa melalui media cetak dan elektronik.

Berlanjut ke era TI, kegiatan mulai bergeser ke dunia online, realtime dan kejadian dari seluruh dunia dapat diketahui saat itu juga. Apakah berbeda cara pemasaran diantara berbagai periode tersebut. Tentu banyak cara mengadopsi dan menyesuaikan dengan media iklan yang digunakan. Bagaimanapun strategi pemasaran yang sobat belajar online gunakan, perhatikan prinsip 7 kalimat sakti dalam penulisan iklan sebagaimana ditulis Jay Conrad Levinson dan Jeannie Levinson di enterpreneur.com (12/02/2013). Apa saja kalimat sakti dalam strategi pemasaran tersebut ?
  1. Kalimat sakti strategi pemasaran yang pertama yaitu, berisi rangsangan kepada audiens dan sasaran pemasaran sobat untuk melakukan tindakan nyata.
  2. Kalimat ampuh strategi pemasaran berikutnya yaitu pemaparan manfaat dari produk/ jasa yang sobat pasarkan.
  3. Pernyataan target audiens dan pengguna pada tahapan ketiga.
  4. Apa kegunaan dari barang/ jasa yang sobat tawarkan itu merupakan kalimat sakti pemasaran keempat.
  5. Definisikan hal baru yang sobat tawarkan, bisa berupa dari nilai ekonomisnya, keunggulan layanan, kualitas barang, harga, keunikannya dan apapun yang tidak terpikirkan sebelumnya.
  6. pernyataan bagaimana peusahaan yang sobat pimpin
  7. Proyeksi dan target penjualan dan Jaga agar strategi marketing iklan yang ada tetap singkat dan padat.
Lalu bagaimana caranya untuk membuat kalimat sakti dalam pemasaran ? Sebelum sobat membuat dan merangkai strategi marketing yang sobat jalankan, tanyakan hal-hal berikut ke diri sendiri, apa saja ?
  1. Tindakan nyata apa yang sobat inginkan dari orang-orang yang melihat iklan marketing tersebut ? apakah mereka akan meng-klik tombok "klik disini" untuk melanjutkan transaksi, menelpon, mengisi formulir untuk mendapatkan kupon atau melihat produk di department store.
  2. Apa manfaat utama dari penawaran ini ? apa keunggulan dan added value bagi konsumen yang saya tekankan ?
  3. Siapa target penjualan ?
  4. Apa senjata pemasaran yang saya gunakan ?
  5. Dimanakah pasar saya berada ?
  6. Identitas seperti apa yang saya inginkan dari strategi marketing ini ? Bagaimana saya akan mempersepsikan produk saya ?
  7. Anggaran pemasaran saya adalah ....% dari proyeksi penjualan kotor.