Fitur Rahasia Windows 8

Satu rahasia utama windows 8 yang sudah diketahui adalah bahwa microsoft sebagai pemilik windows 8 telah menghilangkan menu start yang ada di pojok kiri windows versi sebelumnya. Pada kesempatan ini belajaronlinegratis.com akan sharing tentang fitur rahasia windows 8 dan tips menguasai windows 8 agar sobat cepat beradaptasi dengan windows 8.
  1. Look screen
  2. Pada tampilan pertama windows 8 tampil dalam keadaan tombol terkunci. Tekan tombol spasi, memutar roda mouse atau bisa juga dengan cara swipe layar sentuh ke atas. Sobat akan dibawa ke halaman login. silahkan sobat login dengan username dan password windows 8 yang sobat punya.
  3. Basic Navigation (Navigasi standar)
  4. Karena windows 8 dioptimalkan untuk layar sentuh dan tidak ada lagi tombol start, melainkan hanya kotak-kotak aplikasi sebagai pengganti navigasi versi windows sebelumnya. Namun demikian sobat bisa menjalankan untuk PC dengan menggeser roda mouse ke depan dan belakang.
  5. Kelompok aplikasi
  6. Sobat dapat mengelompokkan kotak-kotak aplikasi pada halaman utama windows 8 dengan cara drag and drop aplikasi yang ada. Mengelompokkan aplikasi windos 8 sesuai urutan kegunaan misalnya aplikasi yang sering digunakan ditaruh dibagian paling kiri.
  7. Quick access menu (Menu akses cepat
  8. Menu akses cepat windows 8 dapat dijalankan dengan klik tombol windows + X.
  9. Cari aplikasi
  10. Untuk menemukan aplikasi sobat dapat mnekan (tombol windows + Q) atau klik kanan bagian kosong layar atau menggeser jari ke atas dari bagian bawah layar dan pilih semua untuk menampilkan daftar bergulir dari semua aplikasi yang terinstal di windows 8.
  11. Easy accsess (Akses mudah)
  12. Mulai dengan mengetik bagian dari nama aplikasi. Untuk mengakses Control Panel. Misalnya, ketik 'Control'. Klik kanan-kotak 'control panel' pada layar pencarian aplikasi. dan klik 'Pin to Start'. Sekarang tekan tombol windows, gulir ke kanan dan sobat belajar online akan melihat kotak control panel di ujung. Drag and Drop ke kiri di tempat yang mudah sobat akses. Kemudian klik kotak untuk membuka desktop bersama dengan jendela Coontrol Panel. Lalu tekan tombol windows untuk mengembalikan ke layar start saat pertama sobat mulai.
  13. Shutting down
  14. Untuk shutting down/ mematikan windows 8, hanya perlu menggerakkan kursor mouse ke pojok kanan bawah layar, klik ikon Setting atau (tahan tombol windows dan tekan I) dan sobat belajar online akan melihat tombol power. Klik tombol tersebut dan pilih 'Shut Down' atau 'Restart'. Beberapa trik shut down versi windows xp/vista/7 juga masih berjalan pada versi windows 8 seperti tekan (Ctrl+Alt+Del)->klik tmbol power di pojok kanan bawah dan sobat akan disajikan tombol 'Shut Down' atau 'Restart'. Kalau sobat berada di halaman desktop, tekan (Alt+F4) dan sobat akan dapat memilih 'Shut Down', 'Restart', 'Sign Out' atau pilihan 'Switch User'.
  15. App bar
  16. App bar ini sebagai pengganti tombol start dan menu-menu yang ada pada versi windows sebelumnya. Apabila sobat tidak yakin dengan app bar sobat dapat kembali lagi dengan klik kanan pada bagian kosong layar, tekan tombol windows+Z atau bisa juga menggerakkan jari dengan cepat ke atas.
  17. Aplikasi yang sedang berjalan
  18. Apabila sobat ingin tahu aplikasi apa saja yang sedang sobat jalankan, maka sobat dapat menekan Alt + Tab yang bisa sobat gunakan untuk beralih ke aplikasi lain yang sedang berjalan. Menekan tombol windows + Tab akan menampilkan panel di sisi kiri layar dengan aplikasi yang sedang berjalan. Tekan Ctrl+Shift+Esc untuk melihat semua aplikasi yang berjalan di task manager.
  19. Menutup aplikasi
  20. Aplikasi windows 8 tidak memiliki tombol tutup(Close), namun demikian sobat dapat menggunakan kombinasi Alt +F4 untuk menutup aplikasi yang berjalan sebagaimana berjalan juga untuk menutup aplikasi windows sebelumnya. Apabila tidak bisa karena sistem crash sobat dapat menekan kombinasi tombol Ctrl +Shift +Esc, sobat akan dibawa ke halaman task manager. Klik aplikasi yang akan ditutup dan tekan tombol End Task yang ada di bawah. Jangan sering-sering memakai kombinasi diatas karena bisa menyebabkan sistem crash permanen.
  21. Menguasai internet explorer di windows 8
  22. Ketika sobat meng-klik kotak internet explorer maka akan muncul layar penuh tanpa toolbar, menu atau sidebar seperti tidak ada apa-apa. Klik kanan bagian kosong pada halaman/ gulir dengan cepat jari sobat turun dari atas layar. Sobat akan menemukan pilihan untuk membuat dan beralih diantara tab, serta tombol refresh, sebuah kotak pencarian.
  23. Menjalankan dua aplikasi bersama-sama
  24. Sobat dapat menjalankan dua aplikasi secara berdampingan pada windows 8 dengan cara swape aplikasi pertama dan buka aplikasi kedua. Maka aplikasi kedua akan tampil pada layar kosong.
  25. Spell check (periksa ejaan)
  26. Aplikasi windows 8 memiliki spellcheck mana yang relevan, yang terlihat dan bekerja lebih seperti dalam aplikasi microsoft office.
  27. Run as Administrator
  28. Kadang aplikasi hanya berjalan pada sisi administrator dan tidak berjalan pada user biasa. Apabila sobat ingin menjalankan aplikasi dari sisi administrator windows 8, maka sobat dapat meng-klik kanan aplikasi dan pilih Run as Administrator.
  29. Menyesuaikan ukuran kotak aplikasi
  30. Menyesuaikan kotak-kotak aplikasi windows 8 dapat dijalankan dengan cara klik kanan pada tampilan pertama windows 8 dan windows 8 akan menyesuaikan ukurannya.
Bagaimana sobat belajar online ? semoga cara dan tips tersebut bisa berguna untuk menguasai dan mahir menggunakan windows 8