Kekurangan Pembelajaran E-Learning

Dalam setiap sisi dan kehidupan ada sisi positif dan sisi negatif yang menjadi satu kesatuan darinya. Demikian juga sistem pembelajaran e-learning ada manfaat dan kekurangannya. Adapun manfaat e-learning sudah disharing pada artikel sebelum ini. Kalau sobat belajar online belum membacanya silahkan dibaca dari link berikut : manfaat e-learning bagi dunia pendidikan. Pada sharing kali ini akan membahas kekurangan pembelajaran e-learning. Apa keterbatasan dan kekurangan pembelajaran e-learning ? yuk kita pelajari agar bertambah pengetahuan kita. betul ga ?

1. Kurangnya pemahaman guru terhadap kualitas murid dan kepribadian mereka karena jarangnya bertatap muka secara langsung.

2. Siswa kurang mendapatkan motivasi untuk belajar karena instruktur (Guru) tidak mengetahui secara persis apa permintaan, ketertarikan dan motivasi siswa.

3. Pembelajaran e-learning lebih banyak memanfaatkan internet untuk belajar, hal ini menyulitkan para siswa yang tidak memiliki fasilitas internet dirumah mereka.

4. Proses pembelajaran lebih cenderung ke arah pengajaran saja (transfer knowledge) daripada pendidikan.

5. Para guru juga dituntut untuk menguasai teknik pembelajaran yang menggunakan ICT (Information, Communication and Technology), selain penguasaan teknik pembelajaran konvensional tentunya.

6. Masih sedikit guru yang menguasai komputer dan internet. Hal ini tentu berimbas pada pemanfaatan pembelajaran e-learning dalam waktu dekat.

Dengan memahami kelebihan dan kekurangan pembelajaran e-learning, kita dapat memanfaatkannya dengan maksimal dan meminimalisir kekurangan-kekurangan pembelajaran e-learning untuk pembelajaran e-learning yang lebih baik.