Komponen Utama E-Learning

Sebuah sistem tidak mungkin bisa berdiri sendiri karena sistem merupakan kumpulan dari komponen-komponen yang membentuk sebuah sistem. Demikian juga sistem e-learning terdiri dari komponen-komponen yang membentuk sistem e-learning tersebut. Berikut komponen-komponen utama dalam sebuah sistem elearning.
  1. Inftastruktur e-learning
  2. Infrastruktur e-learning dapat berupa sebuah personal computer (PC), jaringan komputer lokal (intranet), internet, dan media multimedia atau teleconfrence
  3. Sistem dan Aplikasi e-learning
  4. Sistem perangkat lunak e-learning yang berguna untuk mem-virtualisasikan proses belajar konvensional. Bagaimana manajemen kelas, pembuatan materi pembelajaran, forum diskusi, sistem penilaian (raport), sistem ujian online dan segala fitur yang berhubungan dengan manajemen proses pembelajaran. Sistem perangkat lunak dalam pembelajaran e-learning tersebut yang dikenal dengan Learning Management System (LMS). Kita bisa memanfaatkan LMS OpenSource yang banyak diinternet dan memilih yang sesuai dengan model yang kita harapkan untuk membangun e-learning sekolah maupun universitas.
  5. Konten e-learning
  6. Konten dan bahan ajar untuk sistem e-learning. Konten dalam e-learning dapat berbentuk multimedia interaktif (Multimedia-based Content), dapat juga berbentuk teks seperti buku pelajaran dan materi ajar lainnya. Materi tersebut disimpan dalam sebuah Learning management System sehingga siswa dapat mengakses kapanpun apabila e-learning berbasiskan teknologi internet.
Dari komponen-komponen e-learning tersebut, keberhasilan sebuah sistem e-learning harus ada guru sebagai instruktur, siswa yang menerima dan menggunakan serta menerima bahan ajar guru, dan administrator yang mengelola keberlangsungan dan administrasi e-learning.