Macam-Macam Game Online

Setelah kita membahas sekilas tentang pengertian game online wikipedia dan pengertian game online menurut ahli, maka pada kesempatan kali ini belajaronlinegratis.com akan sharing tentang macam-macam game online. Secara garis besar game online dapat dibagi menjadi tiga macam yaitu berdasarkan jenis pemainnya, teknologi yang dipakai, proses mendapatkannya.

Oke sobat dari ketiga macam tersebut maka muncullah jenis-jenis game online darinya. Kita bahas satu-satu ya sob.

1. Game online berdasarkan pemainnya
A. Massively Multiplayer Online First-Person Shooter Games (MMOFPS)
Game online jenis MMOFPS mengambil pandangan orang pertama sehingga seolah-olah pemain berada dalam permainan tersebut dalam sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan. Permainan game online jenis MMOFPS biasanya mengambil setting peperangan dengan senjata militer. Contoh game online jenis MMOFPS seperti Counter Strike, Call Of Duty, Point Blank

B. Massively Multiplayer Online Real-Time Strategy Games (MMORTS)
Jenis game online tipe MMORTS ini menekankan pada kehebatan strategi pemainnya dengan ciri khas pemain harus mengelola suatu dunia maya dan mengatur strategi dalam waktu apapun. Contoh game online berjenis MMORTS adalah Age of Empires, Warchaft, Star Wars

C. Massively Multiplayer Online-Role-Playing Games (MMORPG)
Jenis game online MMORPG bercirikan pemain memerankan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. RPG biasanya lebih berfokus pada kolaborasi dan kehidupan sosial daripada kompetisi. Biasanya pemain tergantu dalam satu kelompok. Contoh jenis game online MMORPG adalah Game Ragnarog Online, The Lord of the Rings online, Final Fantasy.

D. Cross-Platform Online Play (CPOP)
Jenis game online CPOP dapat dimainkan secara online melalui berbagai perangkat berbeda. Contoh jenis game online CPOP adalah Need for Speed Underground. Jenis game CPOP bercirikan dapat dimainkan secara online maupun konsol games seperti Play Station 2, Xbox.

E. Massively Multiplayer Online Browser Game (MMOBG)
Jenis game online MMOBG ini dimainkan melalui pengaya internet (Browser) seperti mozilla firefox, Google Chrome, Opera, Internet Explorer dan lainnya. Jenis game online MMOBG menggunakan teknologi scripting HTML (JavaScript, ASP, PHP, MySQL).

F. Simulation Games (SG)
Jenis game online SG bertujuan untuk memberi pengalaman melalui dunia digital. Yang termasuk simulation game adalah lifi-simulation games, construction and management simulation games, dan vihicle simulation. Contoh jenis game online simulation games adalah Second Life.

G. Massively Multiplayer Online Games (MMOG)
Jenis online game MMOG merupakan permainan yang dimainkan dengan skala besar (>100 pemain)

2. Macam-macam game online berdasarkan teknologi grafisnya
A. 2 Dimensi (2D)
Jenis online game 2D mengadopsi teknologi ini biasanya jenis game ringan dan tidak membebani sistem/server. Hal ini berakibat ke kualitas gambar game 2D pun kalah apabila dibandingkan dengan permainan 3D.

B. 3 Dimensi (3D)
Jenis game 3D memiliki grafis lebih baik dibandingkan dengan game dengan jenis 2D dan mirip dengan gambaran sebenarnya. Jenis game 3D biasanya memiliki sudut pandang hingga 360 derajat, sehingga kita bisa melihat seluruh dunia dalam permainan 3D.

3. Macam game berdasarkan cara pembayarannya
A. Pay To Play (PTP)
Jenis game online ini pemain harus membayar sejuamlah uang tertentu untuk bermain. Pembelian juga bisa saja berlaku bagi pemain yang ingin cepat naik level atau untuk membeli senjata virtual. contohnya : Gunbound, Ragnarok Online, dan Ghost Online.

B. Free To Play (FTP)
Jenis online game free to play tidak meminta anda membayar sejumlah uang untuk memainkan game online  tersebut. Karena anda tidak dikenakan bayaran, Jenis game online free to play biasanya diselingi oleh iklan. Ya itung-itung sebagai balasan untuk mereka. Kan ga da yang benar-benar gratiskan ? contoh game free to play adalah : Subspace, Travian, Terra.

Itulah tadi sobat belajar online macam-macam game online dan jenis-jenis game online sebagaimana admin tulis ulang dari : id.wikipedia.org
surveys4income.com Get Paid to Take Surveys
Perhatian untuk seluruh sobat belajar online gratis
Mohon maaf apabila komentar anda tidak dipublikasikan dikarenakan tidak sesuai dengan halaman bersangkutan