Manfaat Mendongeng Bagi Anak

Ternyata, banyak manfaat mendongeng untuk anak, kalau kita mau menerapkannya. Apa saja manfaat mendongeng bagi anak ? Berikut 6 manfaat mendongengkan cerita untuk anak sebagaimana dipaparkan dalam situs wolipop.detik.com :
  1. Mendongengkan cerita untuk anak berguna untuk mempercepat dan menstimulasi anak dan cepat belajar bahasa. Seiring cepatnya anak dalam belajar memahami bahasa, fungsi otak kanan, kreatifitas dan imajinasi anak akan meningkat. Ketika kreativitas dan imajinasi yang tinggi cenderung mampu menghasilkan sesuatu yang sifatnya inovatif dan orisinal.
  2. Ternyata mendongeng itu sudah bisa diberikan kepada Anak sejak masih dalam kandungan. Ketika hamil disarankan memberikan stimulasi sugesti positif, karana panca indera yang pertama kali mengatur di otak adalah fungsi pendengaran. Bayi dalam kandungan mendengerkan informasi dan direkam oleh sistem syaraf secara maksimal. Setelah pendengaran, yang berkembang adalah syaraf motorik. Oleh karena itu apabila diperdengarkan suara-suara seperti musik atau diajak ngobrol ibu, bayi akan merespon.
  3. Di dalam otak anak terdapat tonjolan yang dinamakan girus, fungsinya untuk merekam kode-kode informasi. Semakin banyak informasi diterima, pembelajaran dan simulasi yang diberikan kepada anak maka semakin banyak terbentuk girus pada otaknya. Anak yang sering diberikan stimulus cerita bermanfaat sejak dalam kandungan akan memiliki kemampuan problem solving pada masa dewasanya.
  4. Sifat dongeng yang berupa cerita narasi yang diceritakan melalui lisan akan meningkatkan fungsi analisa anak menjadi dua kali lebih besar. Semakin banyak diajak berkomunikasi, semakin cepat perkembangan fungsi analisa anak.
  5. Kemampuan mempelajari bahasa antara anak laki-laki dan anak perempuan tidak sama loo. Anak balita perempuan lebih peka untuk belajar bahasa. Pada anak laki-laki kemampuan belajar bahasa berkembang pesat pada umur 2.5-3.5 Tahun.
  6. Mendongengkan cerita kepada anak juga memberikan jejak memori. Ketika mendengarkan kita mendongeng, anak akan belajar berimajinasi. Melalui proses pembelajaran tehadap nilai-nilai, anak cenderung berpikir konkrit, sedangkan nilai moral itu anstrak. Dengan cerita, nilai moral bisa ditanamkan. Visualisasi melalui tontonan DVD boleh diberikan, namun tetap ibu harus memberi cerita dongeng secara langsung lewat lisannya kepada anak.
Belajar mendongeng ada caranya, silahkan baca : cara belajar mendongeng bagi calon guru