Mempraktekkan Web Semantik

Sebelum kita mengenal lebih jauh tentang web semantik, alangkah lebih baik kita mengetahui pengertian semantiki. Kalau sobat belajar merujuk ke ensiklopedia wikipedia bahasa Indonesia. Menurut wikipedia semantik adalah sebagai berikut.  "Semantik (dari Bahasa Yunani: semantikos, memberikan tanda, penting, dari kata sema, tanda) adalah cabang linguistik yang mempelajari arti/makna yang terkandung pada suatu bahasa, kode, atau jenis representasi lain. Dengan kata lain, semantik adalah pembelajaran tentang makna. Semantik biasanya dikaitkan dengan dua aspek lain: sintaksis, pembentukan simbol kompleks dari simbol yang lebih sederhana, serta pragmatika, penggunaan praktis simbol oleh komunitas pada konteks tertentu".

Setelah kita mengetahui pengertian semantik menurut ensiklopedia wikipedia bahasa indonesia, mari kita luas pemahaman kita tentang pengertian semantik menurut beberapa ahli.

Menurut Charles Morrist, pengertian semantik adalah menelaah hubungan-hubungan tanda-tanda dengan objek-objek yang merupakan wadah penerapan tanda-tanda tersebut.

Leher; 1974:1 mendefinisan bahwa pengertian semantik adalah studi tentang makna. Bagi Leher, semantik merupakan bidang kajian yang sangat luas, karena turut menyinggung aspek-aspek struktur dan fungsi bahasa sehingga dapat dihubungkan dengan psikologi, filsafat dan antropologi.

Ferdinand de Saussure (1966) mendefinisan dan membagi semantik menjadi dua yaitu : A. Komponen yang mengartikan, yang berwujud bentuk dan bunyi bahasa. B. Komponen yang diartikan atau makna dari komponen yang pertama.

Dan Drs. Aminuddin, M.Pd mendefinisikan bahwa semantik mengandung pengertian studi tentang makna dengan anggapan bahwa makna menjadi bagian dari bahasa, maka semantik merupakan bagian dari linguistik.

Dari pengertian-pengertian tersebut, kegunaan semantik sebagai salah satu komponen bahasa adalah bagian dari ilmu linguistik dan terdiri dari dua hal kata dan makna. Lalu apa hubungannya antara semantik dan web ? Apa itu semantik web ? Web semantik adalah web yang konsisten menggunakan tag html tertentu untuk halaman web tersebut. Web semantik juga harus diterapkan untuk blog wordpress sobat online sekalian agar lebih dicintai robot mesin pencari Google dan lainnya.

Struktur semantik apabila diterapkan dengan benar untuk blog akan mempercepat mesin pencari dalam memahami konten blog serta menghindari dari kesalahan pengindekan web/blog.

Untuk itulah sobat juga harus menerapkan semantik web bagi semua halaman blog wordpress, tidak terkecuali untuk judul postingan blog, halaman utama, dan kategori blog.

Dalam tag html ada 6 tingkatan judul yaitu dari <h1>dan </h1> hingga <h6>dan </h6>. Selain memperhatikan tag html, untuk memberikan alur pembahasan dengan jelas harus menggunakan tag html <strong> <ol><ul> dan lainnya.

Selain hal-hal tersebut diatas, untuk membuat web semantik juga harus memperhatikan kerapatan kata kunci (keyword density) pada blog wordpress. 

Selamat belajar membuat semantik web sobat belajar online. Semoga bisa mendapatkan posisi teratas pada hasil pencarian Google dan mesin pencari lainnya.