Mengapa Yahoo Menutup Layanannya

Beberapa waktu lalu Google mengumumkan penutupan layanan onlinenya pada waktu musim semi yang akan datang. Pengumumuman penutupan kali ini datang dari yahoo yang terkenal dengan layanan email gratis dan yahoo messenger-nya.

Mengapa Yahoo menutup dukungan dan update terhadap beberapa layanannya. Sebagaimana diberitakan news.cnet.com (01/03/2013), Mayer mengatakan bahwa Yahoo akan fokus pada bisnis personalisasi konten, dan meningkatkan keterlibatan pengguna dalam beraktifitas di Yahoo, maka produk yang tidak cocok dengan agenda Yahoo akan ditutup. Berikut daftar layanan Yahoo yang akan ditutup mulai April 2013 :

  1. Yahoo Avatar
  2. Efektif sejak tanggal 01 April 2013, layanan Yahoo avatar tidak bisa lagi digunakan. Bagi sobat online pemilik avatar dapat mendownload gambar dan avatar sobat dari link download yang disediakan Yahoo sebelum tanggal 01/04/2013

  3. Aplikasi Yahoo Untuk BlackBerry
  4. Yahoo akan menutup aplikasi untuk BlackBerry pada tanggal 01 April 2013. Sejak tanggal tersebut aplikasi Yahoo tidak bisa di download.

  5. Yahoo Clues (Beta)
  6. Sama seperti produk-produk diatas Yahoo Clues juga akan ditutup yahoo pada tanggal 01 April 2013

  7. Yahoo Search App
  8. Aplikasi pencarian Yahoo akan di shutdown pada tanggal 01 April 2013

  9. Yahoo Sports IQ
  10. Karena Yahoo Sport IQ ditutup, Yahoo sports iq yang ada akan ditransfer ke Yahoo Fantasy Profile

  11. Yahoo Pesan Papan Web
  12. Yahoo message board web akan ditutup tanggal 01/04/2013, namun properti seperti Yahoo Finance dan Yahoo Fantasy Sports akan tetap aktif

  13. Yahoo Updates API
  14. Yahoo update API tidak akan didukung lagi oleh yahoo pada tanggal 16 April 2013.

Apakah fenomena ini menunjukkan bahwa pada akhirnya perusahaan-perusahaan harus kembali pada fokus utama bisnis mereka. Apakah setelah Google dan Yahoo menutup beberapa layanan mereka yang dinilai kurang diminati pengguna internet akan diikuti oleh perusahaan besar lainnya ?