Mengenal dan Belajar E-Learning

Setelah sharing sekilas tentang belajar LMS pada kesempatan ini akan dibahas lebih banyak tentang LMS, agar kita lebih banyak belajar dan memahami apa itu LMS.

Dengan banyaknya definisi tentang E-Learning yang begitu banyak, sehingga banyak pakar yang menjelaskan tentang apa itu e-learning. Apa itu e-learning ? Berikut beberapa definisi tentang e-learning :

  1. Darin E, Hartley (Hartley, 2001) mendefinisikan e-learning sebagai suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar guru ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lainnya.

  2. Definisi e-learning menurut LearnFrame.com dalam Glossary of e-learning terms (Glossary, 2001) : e-learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media internet, jaringan komputer, maupun komputer standalone.
  3. Definisi elearning menurut Dr. Onno Widodo Purbo dan Antonius Aditya Hartanto (2002), istilah e-learning adalah sebagai usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar yang ada di sekolah ke dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet.
  4. Definisi e-learning menurut Thomson, Ganxglass dan Simon (2000), definisinya menyatakan : secara jaringan, elearning dapat didefinisikan sebagai upaya menghubungkan pembelajar (murid) dengan sumber belajarnya (database, pakar/guru, perpustakaan) yang secara fisik terpisah atau bahkan berjauhan. Interaktifitas dalam hubungan tersebut dapat dilakukan secara langsung (synchronous) maupun tidak langsung (asynchronous).

Dari definisi-definisi e-learning dari para ahli tersebut akan memberikan gambaran kepada kita tentang e-learning dan dapat mengaplikasikan e-learning pada zaman teknologi informasi yang begitu cepat berkembang.