Menjadi Pemimpin Yang Sukses Jilid I

Kepemimpinan adalah belajar tentang perilaku dibawah alam sadar dan respon otomatis terhadap kejadian. Sebagai contoh para pemimpin yang sukses dapat mengambil keputusan dengan tenang walaupun dalam keadaan tertekan.

Proses pembuatan keputusan bukanlah pelajaran yang dapat dipelajari secara instan melainkan akumulasi dari pengalaman dan pengaruh situasi si pemimpin tersebut. 

Pengambilan keputusan adalah pemahaman mendalam terhadap berbagai masalah dan seorang pemimpin yang baik paham akan sebab masalah dan akibat dari permasalahan tersebut. Dengan kecerdasan dan mengkoneksikan berbagai variabel yang terlibat, maka pemimpin yang baik akan tahu solusi yang diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan.

Pemimpin sukses belajar pola mengantisipasi persaingan bisnis, menemukan peluang untuk berhasil walau dalam keadaan tertekan, dan melayani yang mereka pimpin dalam mengatasi kesulitan dan masalah.

Apabila sobat belajar online kebetulan menduduki jabatan sebagai seorang pemimpin. Cara menjadi seorang pemimpin yang sukses berikut dapat anda terapkan yang diambil dari forbes.com (18/02/2013).


1. Membuat Orang Lain Nyaman Mengungkapkan Pendapat

Pemimpin yang sukses mengalihkan perhatian dari diri mereka sendiri, dan mendorong orang lain untuk menyuarakan pendapat mereka daripada mengintimidari bawahan mereka. Mereka pintar membuat orang lain mengungkapkan apa yang terdetik dari hati mereka tanpa rasa takut.


2. Membuat Keputusan

Pemimpin yang sukses pintar dalam membuat keputusan. Mereka memfasilitasi para anggotanya untuk berdialog dan memberdayakan mereka untuk mencapai kesimpulan yang stragetis. Mereka fokus pada proses penyelesaian masalah daripada menanggapi rumor negatif.


3. Mengkomunikasikan harapan kepada bawahan

Pemimpin yang sukses merupakan komunikator yang hebat, mereka selalu mengingatkan rekan-rekan mereka dari nilai-nilai inti organisasi dan memastikan bahwa mereka menindaklanjuti pekerjaan dari visi mereka.


4. Menantang Orang Untuk Selalu Berfikir

Para pemimpin yang sukses memahami pola pikir rekan-rekan mereka, kemampuan dan area perbaikan dan peningkatan kualitas seseorang. Pemimpin yang sukses menantang para anggotanya untuk mencapai lebih dari apa yang mereka dapatkan sekarang.

Jika sobat tidak berfikir, sobat tidak belajar hal-hal baru, jika tidak belajar tidak akan tumbuh dan akibatnya kualitas diri mereka akan rendah dan tidak relevan lagi dengan persaingan di masa depan.


5. Membagi tanggungjawab dengan yang lain

Pemimpin yang baik memungkinkan membagi tanggungjawab dengan rekan mereka agar dikelola. Tanggungjawab ini dilakukan untuk memastikan mereka proaktif. Menunjuk karyawan terpilih untuk bertanggungjawab merupakan tanda bahwa pemimpin sobat lebih fokus pada kesuksesan sobat daripada kesuksesan mereka sendiri.


6. Memimpin dengan Keteladanan

Memimpin dengan keteladanan kedengarannya mudah, namun sedikit pemimpin yang menerapkannya. Pemimpin yang baik mempraktekkan apa yang mereka perintahkan dan dengan sadar diri memberi contoh dan tauladan dalam menerapkannya.


7. Mengukur dan memberikan hadiah atas kinerja baik

Pemimpin yang sukses tidak kekurangan dana untuk memberikan reward dan hadiah kepada mereka yang memiliki kinerja bagus. Mereka tidak hanya melihat angka dan ukuran ROI dalam mengukur kinerja seseorang. Mereka tidak ragu mengucapkan dan mengapresiasi kerja keras mereka.

Berlanjut ke : Menjadi pemimpin yang sukses jilid II

Comments

SUPER !!!

I like it