Online Trading Syariah

Bursa saham syari'ah di Bursa Efek Indonesia (BEI) dinilai banyak pihak kian menarik dan menjanjikan, karena dari waktu ke waktu bursa saham syariah menunjukkan peningkatan positif.

Bukan saja dari jumlah peminat, juga dari segi saham syari'ah yang diperdagangkan terus meningkat (saat ini tercatat 221 saham), cara bertransaksi saham sesuai kaidah pun dikembangkan guna memenuhi permintaan pasar.

Indo Premier Securities sebagai perusahaan securitas sukses dengan aplikasi online trading Indo Premier Online Technology (IPOT), Kini mengembangkan IPOT Syariah.

Keabsahan IPOT Syariah sebagai transaksi online yang sesuai dengan kaidah syariah dinyatakan Ketua Dewan Syariah Nasional Majlis Ulama Indonesia (DSN-MUI) KH. Ma'ruf Amin. "IPOT Syariah, ini merupakan perkembangan lanjut yang lebih maju, semuanya sudah sesuai syariah sebagaimana isi Fatwa no. 80 MUI. Jadi sudah komplit semua", tegas KH. Ma'ruf Amin.

KH. Ma'ruf Amin berbicara hal tersebut dalam kesempatan penyerahan sertifikat dari DSN-MUI kepada manajemen IPOT Syariah. Acara tersebut berlangsung di Gedung Wisma GKBI, Jl. Jendral Sudirman (27/09/2011), disaksikan Direktur Pengembangan BEI, Friderica Widyasari Dewi, dan segenap manajemen Indo Premier Securities.

KH. Ma'ruf Amin memberikan aprisiasi atas upaya IPOT menghasirkan produk perdagangan saham online secara syari'ah. "semoga upaya ini bisa meningkatkan keikutsertaan masyarakat dalam perdagangan saham syariah, sesuai dengan kaidah-kaidah islam", tegasnya.

IPOT Syariah dirancang guna memudahkan transaksi saham syariah, salam satu kemudahan itu adalah ringannya modal untuk bertransaksi. Yakni, hanya dengan deposit dana senilai Rp. 100 ribu,  individu /perusahaan bisa melakukan transaksi online di pasar saham syariah.

Sementara itu, Direktur Pengembangan BEI, Frederica Widyasari Dewi, menyampaikan bahwa upaya Indo Premier Securities dalam bisnis saham syariah sebagai hal positif. kehadiran IPOT Syariah dinilai akan melengkapi kebutuhan investor-investor petensial yang menginginkan kepastian dalam bertransaksi saham secara syariah.

IPOT Syariah merupakan aplikasi online trading syariah pertama di Indonesia, lewat IPOT Syariah dijamin, semua transaksi saham syariah berlangsung dalam koridor dan kaidah syariah. Penegakan prinsip-prinsip syariah dalam IPOT Syariah, antara lain dilakukan dengan mengkhususkan sistem aplikasi  agar hanya bertransaksi saham-saham saham syariah.

IPOT Syariah juga dirancang secara otomatis menolak, jika nasabah bertransaksi ketika dananya tidak mencukupi (margin trading) atau berusaha menjual saham yang belum dimilikinya (short selling), "Bagi mereka yang berminat untuk konsultasi mengenai IPOT Syariah, bisa dilakukan di kantor pusat Indo Makassar dan seluruh kota besar di Pulau Jawa", jelas Widiyanto.


Sumber : Gatra