Persiapkan Diri Untuk Tidak Menikmati Layanan-Layanan Google Jilid 3

  • warning: preg_replace() [function.preg-replace]: Compilation failed: disallowed Unicode code point (>= 0xd800 && <= 0xdfff) at offset 1816 in /home/u233797337/public_html/modules/search/search.module on line 333.
  • warning: preg_replace() [function.preg-replace]: Compilation failed: disallowed Unicode code point (>= 0xd800 && <= 0xdfff) at offset 1816 in /home/u233797337/public_html/modules/search/search.module on line 333.
  • You must include at least one positive keyword with 3 characters or more.

Artikel berikut merupakan kelanjutan artikel-artikel layanan-layanan Google yang akan ditutup atau digabungkan dengan layanan-layanan Google lainnya. Kalau anda belum membaca artikel sebelumnya, ada baiknya membaca artikel persiapkan diri untuk tidak menikmati layanan google jilid 2. Sehingga akan lebih banyak tahu layanan-layanan Google apa saja yang tidak akan diteruskan keberadaannya. Berikut daftar layanan-layanan google yang akan ditutup atau digabungkan dengan layanan google lainnya :

1. Google Bookmarks List

Google bookmarks list adalah fitur google untuk berbagi bookmark dan berkolaborasi dengan teman-teman. Fitur layanan Google ini akan ditutup pada tanggal 19 Desember 2011. Semua daftar bookmark selain google bookmarks list akan dipertahankan dan diberi label untuk memudahkan identifikasi, dan berfungsingsi seperti biasa. Daftar list hanya akan menggunakan bahasa inggris saja.

2. Google Friend Connect

Google friend connect memungkinkan webmaster untuk menambahkan fitur sosial media ke situs mereka dengan membenamkan beberapa script code. Layanan Google friend connect selain Blogger (karena masih dalam layanan Google sendiri) tidak akan diteruskan supportnya. Sebagai gantinya, pemilik website dapat meningkatkan traffik websitenya kalau mengetahui cara meningkatkan traffic website lewat tombol google+. Webmasters bisa membuat halaman  Google+ dan menaruh Google+ badge pada situs mereka, sehingga mereka tetap bisa mengajak follower mereka untuk bergabung Google+ dan merasakan fitur-fitur Google+ seperti Circle dan Hangouts.

3. Google Gears.

Pada bulan maret lalu Google telah mengumumkan bahwa Google akan menutup Google Gears untuk extensi browser yang berguna untuk menciptakan aplikasi web offline. Pada tanggal 01 Desember 2011 nanti layanan google gears dengan basis Gmail dan kalender offline ini akan berhenti bekerja untuk semua browserdan tidak tersedia lagi layanan download. Penutupan Google gears ini sebagai wujud keseriusan google untuk mendukung HTML5.

4. Google Search Timeline

Google telah menghapus grafik kueri sejarah hasil pencarian pada layanan google search timeline. namun begitu pengguna google dapat melihat pencarian periode tertentu melalui tools yang ada disebelah kiri halaman mesin pencari google. Pengguna internet yang mau melihat tren dari kueri pencarian tertentu seperti "dunia belajar online" dapat menggunakan fasilitas google trends atau google.com/insights/search/ untuk melihat data-data perkembangan dan traffic kueri pencarian sejak tahun 2004. Untuk mengetahui historical data pengguna internet juga dapat menggunakan fasilitas google ngram viewer dengan fungsi hampir sama.

5. Google Wave

Sebagaimana pengumukan google bahwa Google akan menutup fasilitas Google wave sejak beberapa tahun lalu, mungkin penutupan google wave baru akan dilakukan pada tahun 2012 nanti. Pada tanggal 31 Januari 2012 Google akan membuat layanan google wave pada mode read-only dan anda tidak bisa membuat google wave baru. dan pada tanggal 30 April 2012 google wave akan benar-benar ditutup dari daftar layanan-layanan google. Apabila anda pengguna google wave anda dapat menggunakan projek open source lain seperti Apache Wave atau Walkaround.

6. Knol

Knol adalah layanan google untuk membantu meningkatkan konten web dengan cara mengkolaborasikan para ahli untuk sharing artikel-artikel mereka sehingga mendapat pemahaman mendalam pada topik tertentu. Knol akan digantikan oleh Solvitor dan Crowd Favorite pada annotum.wordpress.com. Sebuah layanan platform authoring open source penerbitan karya ilmiah dengan menggunakan cms opensource wordpress. Knol tetap dapat diakses sebagaimana biasa hingga tanggal 30 April 2012. Anda dapat mendownload artikel anda pada layanan google knol untuk memindahkan data-data online anda. pada tanggal 01 Mei-01 Oktober 2012 knol tidak dapat diakses secara massal lagi, namun anda masih dapat mendownload data-data online anda. Setelah tanggal 01 Oktober 2012 google knol benar-benar meninggalkan dunia maya.

7. Renewable Energy Cheaper Than Coal

Layanan google ini sebenarnya sebagai wadah untuk membuat sumber energi terbarukan lebih murah dari teknologi tata surya misalnya. Layanan ini akan diserahkan kepada pihak-pihak yang lebih berhak untuk meneruskan penelitiannya. Google akan fokus pada bagaimana cara menggunakan energi bersih dan efisien. (googleblog.blogspot.com)