Persiapkan Diri Untuk Tidak Menikmati Layanan-Layanan Google Jilid 4

  • warning: preg_replace() [function.preg-replace]: Compilation failed: disallowed Unicode code point (>= 0xd800 && <= 0xdfff) at offset 1816 in /home/u233797337/public_html/modules/search/search.module on line 333.
  • warning: preg_replace() [function.preg-replace]: Compilation failed: disallowed Unicode code point (>= 0xd800 && <= 0xdfff) at offset 1816 in /home/u233797337/public_html/modules/search/search.module on line 333.
  • You must include at least one positive keyword with 3 characters or more.

Google akan merampingkan kembali jumlah layanan onlinenya. Hal ini sebagaimana diposting dalam blog resmi Google, bahwa google akan menutup sejumlah layanannya dalam waktu dekat ini.

Persiapkan diri untuk tidak menikmati layanan google ini merupakan jilid ke 4. Mau tahu layanan apa saja yang telah google matikan bagi pengguna internet ? silahkan sobat baca : selamat tinggal layanan Google.

  1. GUI Builder :GUI Builder merupakan layanan wysiwyg untuk memudahkan developer aplikasi dalam membuat aplikasi yang diluncurkan google pada tahun 2012 lalu. Namun sayang umurnya tidak akan lama lagi, karena google berencana menutup layanan GUI Builder pada tanggal 09 September 2013 nanti. Pada waktu yang sama Google juga akan menutup layanan UiApp widgets.
  2. CalDAV API. Layanan CalDAV API akan ditutup google pada tanggal 16 september 2013. Hanya  sebagian developer yang diizinkan google saja yang tetap akan bisa menggunakan layanan CalDAV API setelah tanggal tersebut. Apabila sobat seorang pengembang dari API kalender dapat mengisi formulir ke Google agar CalDAV API bekerja untuk sobat.
  3. Google Building Maker marupakan layanan untuk membuat layanan tiga dimensi untuk Google Earth dan Google Maps. Layanan Google Building Maker akan ditutup Google pada tanggal 01 Juni 2013
  4. Google Cloud Connect adalah sebuah plug-in untuk mengimpan file microsoft office dari PC Windows ke layanan Google Drive. Layanan Google Cloud Connect akan ditutup Google tanggal 30 April 2013
  5. Google Reader. Google reader diluncurkan Google tahun 2005 lalu, sebagai upaya untuk memudahkan pencari informasi di dunia maya dalam menemukan dan mengawasi situs faforit mereka. Layanan Google Reader sebenarnya memiliki pengguna loyal. Namun google beralasan bahwa penggunanya menurun makanya layanan Google Reader akan ditutup. Sobat belajar dapat memindahkan dan mengekspor data di layanan Google Reader dari Google CheckOut.
  6. Web Google Voice untuk Blackberry. Bagi pengguna Blackberry yang ingin terus menikmati layanan Google voice dapat menggunakan Google voice berbasis html 5 yang lebih aman. Layanan google voice html 5 juga kompatibel untuk pengguna Blackberry versi 6 dan Blackberry versi terbaru.
  7. Search API for Shopping. Layanan ini akan ditutup google pada tanggal 16 September 2013 karena alasan google akan fokus dan konsentrasi untuk menciptakan pengalaman belanja yang lebih baik bagi pengguna Google Shopping.
  8. Snapseed Desktop. Ya Google telah menutup layanan Snapseed Desktop baik Desktop Macintosh maupun Windows. Namun demikian berita baiknya Layanan Snapseed tetap dapat dinikmati sebagai aplikasi mobile di iOS dan Android secara gratis.

Apakah tiap musim semi google akan selalu merampingkan layanannya ? karena biasanya google menutup layanan-layanannya tepat berada di musim semi.

Dari sekian layanan Google yang akan ditutup, penutupan google reader yang mendapat protes dari pengguna internet, karena mereka merasa akan kesulitan mendapatkan ringkasan informasi dari ribuan informasi yang beredar dan dipublikasikan di internet.

Mau melihat rilis resmi Google tentang penutupan layanan-layanannya silahkan buka : http://googleblog.blogspot.com/2013/03/a-second-spring-of-cleaning.html