Panduan Dasar SEO : Prakter Terbaik SEO

Submitted by admin on Sun, 03/11/2018 - 03:15

Apa itu SEO ? Istilah SEO berasal dari istilah Bahasa Inggris Search Engine Optimization (SEO) adalah proses merancang konten website dan strategi untuk meningkatkan peringkat website dibandingkan dengan website dalam niche yang sama dan bagaimana cara mendapatkan lalu lintas (traffic) dari mesin pencari.

Dalam beberapa tahun lalu ketika teknologi algoritma mesin pencari belum seperti sekarang, banyak ahli SEO yang selalu mengelabuhi mesin pencari dengan trik-trik yang dikenal dengan Black Hat SEO. Dengan semakin canggihnya algoritma akhirnya situs-situs yang menerapkan black hat SEO tersebut berguguran dengan sendirinya akibat semakin baiknya algoritma mesin pencari.

Pada artikel praktek dasar seo ini kita akan membahas dan belajar SEO online bagaimana praktek dasar terbaik menerapkan SEO yang akan meningkatkan otoritas website sobat di web dan sebagai hasilnya website sobat akan memiliki visibilitas dan meningkatkan nilai website.

Apa yang mesing pencari inginkan dari website ?

Tempat terbaik untuk mulai melaksanakan dasar seo adalah dengan mengetahui tujuan perusahaan mesin pencari. Mesin pencari Google dan mesin pencari lainnya secara umum membuat algoritma yang akan memudahkan netizen yang mencari informasi online dan menghasilkan hasil pencarian mesin pencari sesuai keinginan netizen.

Untuk menerapkan panduan dasar SEO tersebut, sobat harus memastikan bahwa halaman situs benar-benar memiliki konten terbaik dan berkualitas sesuai dengan kata kunci utama website. Selain itu pastikan bahwa mesin pencari Google dan mesin pencari lainnya menempatkan posisi website sesuai niche keyword yang dibidik.

Meningkatkan Kualitas Website

Bagian pertama dalam meningkatkan kualitas website adalah memastikan bahwa situs tersebut dominan dan niche market keyword yang dibidik. Untuk mencapai hal tersebut website sobat harus bebas dari spam, malware dan hal-hal lain yang merugikan pengunjung. Apabila sobat menaruh iklan pada website, janganlah menaruh iklan berlebih dan website yang hanya berisi tautan(link) dibandingkan konten yang akan membuat reputasi website sobat menurun dimata mesin pencari. Untuk menghindari reputasi website tersebut, sobat dapat mendaftar dan menggunakan Google Search Console.

Ukuran lain sebuah website memiliki kualitas tinggi adalah memiliki kecepatan loading. Situs yang terbuka dengan cepat akan memberikan pengalaman lebih baik kepada pengunjung yang membuatnya nyaman untuk menikmati sajian konten website. Studi yang dilakukan Akamai melaporkan bahwa 47% pengunjung mengharapkan halaman web dapat dimuat dalam dua detik / kurang. Lebih lama satu detik akan menurunkan 7% bagi ecommerce..

Salah satu syarat konten yang berkualitas adalah konten asli, jelas dan relevan sesuai dengan permintaan pengunjung. Menulis konten yang baik membutuhkan kerja keras, namun kerja keras menulis konten berkualitas tersebut akan terbayar ketika website sobat banyak dicari orang dan berada pada posisi pertama halaman pencarian Google dan mesin pencari lain.

Topik bahasan pada website harus berfokus pada topik tertentu (bukan kata kunci individual). Proses memilih topik kata kunci untuk website harus tepat untuk meningkatkan posisi website dalam hasil pencarian mesin pencari. Untuk mendapatkan fokus topik website tersebut coba perhatikan hal-hal berikut :

Kata kunci apa yang orang-orang tertarik terhadap topik bahasan pada website. Apa frase kata kunci yang mengarahkan ke website sobat ? Apa frase kata kunci yang mengarahkan pengunjung ke website kompetitor dalam niche yang sama. Dan seberapa seringkah orang mencari frase kata kunci ?

Faktor lain kualitas website dilihat dan tercermin dalam metrik keterlibatan pengunjung. Metrik seperti bouncing rate dan lamanya pengunjung mengakses website dapat membantu mesin pencari untuk menentukan kepuasan pengunjung terhadap hasil pencarian mereka.

Sekarang pun Google menambah nilai bagi website yang dioptimasi untuk diakses lewat gawai. Apabila website belum dioptimasi untuk tablet dan ponsel, maka mulailah untuk memaksimalkan lalu lintas website melalui pencarian mobile sehingga website sobat memiliki posisi yang baik juga pada hasil pencarian lewat tablet, ponsel dan perangkat yang lain.

Kesegaran konten atau website yang selalu diupdate juga akan meningkatkan kualitas website di mata mesin pencari. Ketika menambah konten website hindari kesalahan ejaan dan link yang akan merusak dan menurunkan kualitas website. Maka perhatikan selain harus menambah konten baru juga memperhatikan kaidah penulisannya.

 

Apakah mungkin membantu mesin pencari memahami struktur website ?

Meskipun algoritma mesin pencari semakin canggih, itu tidak berarti mereka tidak perlu bantuan pemilik website. Agar website sobat bersahabat dengan mesin pencari maka sobat harus membuat website tersebut semudah mungkin bagi mesin pencari, menemukan dan memahami website tersebut. Sobat dapat membantu mesin pencari dengan cara mengorganisir website dengan baik. Struktur direktori untuk halaman website akan membantu orang-orang dan mesin pencari memahami dan menavigasi konten website. Sobat juga dapat membantu mesin pencari dengan membuat tautan antar halaman satu dengan halaman lain dalam suatu topik tertentu.

Selain hal-hal diatas, sobat dapat membangun website dengan tetap mengikuti pedoman teknis seo Google. Diantaranya setiap halaman website memiliki judul yang unik yang menggambarkan halaman website tersebut. Bantulah mesin pencari memahami konten gambar dengan menambah sintak "alt". Jangan membuat double konten. Jangan memblokir mesin pencari mengakses file robot.txt.

Dengan menerapkan panduan dasar SEO dalam menerapkan praktek terbaik SEO untuk website akan meningkatkan kualitas website dimata mesin pencari.