Cara Kerja Mesin Pencari

Submitted by admin on Sun, 03/18/2018 - 13:23

Postingan belajar online tentang cara kerja mesin pencarian secara umum merulapakan lanjutan artikel cara belajar seo untuk pemula yang bisa sobat baca untuk menambah wawasan perseoan dan menjadi master seo indonesia. Pada bahasan ini akan belajar cara kerja mesin pencari dikaitkan dengan strategi seo.

Ada dua cara kerja mesin pencarian secara umum yaitu merayapi dan mengindeks miliaran dokumen yang ada di internet, gambar, dan video yang ada di internet. Setelah merayapi dan mengindeks lalu menyajikan dan menyediakan jawaban atas permintaan pengguna yang paling relevan menurut algoritma mesin pencari yang paling relevan dengan apa yang diinginkan pengguna.

Bagaimana proses perayapan Google dan mesin pencari secara umum ? Mari kita anggap proses perayapan webmaster google tersebut seperti sebuah bus yang harus melewati beberapa shelter sebelum tujuan akhir. Setiap shelter adalah dokumen yang unik yang bisa dalam bentuk halaman web, gambar, pdf, dan jenis file lainnya. Mesin pencari membutuhkan cara untuk merayapi seluruh kota dan menentukan tempat pemberhentiannya. Untuk menemukannya bus tersebut menggunakan tautan (link) sebagai panduan ke shelter berikutnya.

Melalui tautan situs tersebut, robot mesin pencari yang disebut crawler / spider akan merayapi miliaran dokumen yang ada dan saling terhubung di World Wide Web (WWW). Setelah crawler / spider mesin pencari menemukan situs, mereka memecahkan kode dari situs dan menyimpan potongan yang dipilih yang relevan menurut mesin pencari lalu memasukkannya ke dalam database mesin pencari dan memberikannya bila data yang sudah disimpan tersebut diperlukan oleh permintaan pencarian oleh Netter.

Mesin pencari juga dapat diibaratkan sebagai mesin jawaban. Ketika seseorang melakukan pencarian melalui search engine, mesin pencari akan memberikan hasil yang relevan atau hasil pencarian yang berguna sesuai queri pencarian. Kedua Mesin pencari akan mengurutkan hasil pencarian mesin pencari tersebut sesuai dengan popularitas situs yang memiliki informasi. Bagaimana mesin pencari menentukan relevansi dan popularitas situs ?

Bagi mesin pencari, relevansi artinya lebih dari sekedar menemukanĀ  halaman dengan kata-kata yang tepat. Pada teknologi awal-awal dunia web proses kerja mesin pencari sesederhana ini, maka nilai pencarian pun menjadi terbatas. Seiring berjalannya waktu enginer mesin pencari menemukan cara yang lebih baik untuk mencocokkan hasil queri pencarian. Saat ini mesin pencari seperti Google memiliki 200 lebih faktor dalam menentukan relevansi sebuah situs.

Mesin pencari mengasumsikan bahwa sebuah situs yang lebih populer, halaman, dan dokumen memiliki informasi yang berharga dibandingkan halaman yang tidak menarik bagi pencari informasi di internet. Asumsi mesin pencari ini terbukti cukup berhasil dalam hal kepuasan pengguna dengan hasil pencarian sehingga meminimalisir kesalahan perayapan webmaster.

Relevansi dan popularitas situs tidak ditentukan secara manual oleh mesin pencari, sebaliknya mesin pencari menggunakan algoritma untuk menyortir konten yang relevan lalu memberikan peringkat sesuai kualitas dan popularitas situs tersebut. Variabel-variabel dalam Algoritma mesin pencari tersebut dalam dunia pemasaran online sering disebut "ranking factors".Bagaimana cara agar situs relevan dan populer di hadapan mesin pencari ?

Walaupun mesin pencari memakai ratusan algoritma dalam menentukan relevan dan popularitas sebuah konten, namun mesin pencari juga memberikan wawasan dasar seo yang baik, sehingga apabila kita mau mempelajarinya dan menerapkan pada situs akan membuat situs semakin relevan dan populer di mata mesin pencari. Berikut ringkasan informasi SEO dari pedoman webmaster. Dengan menerapkannya dapat menghindari kesalahan perayapan webmaster Google.

Google merekomendasikan untuk membuat konten yang bermanfaat terutama bagi pengunjung situs, bukan hanya untuk mesin pencari. Jangan menipu pengguna dengan memberikan hasil yang berbeda antara untuk pengguna dan mesin pencari. Praktek dan teknik seo ini sering disebut "Cloaking".

Google juga merekomendasikan untuk membuat hirarki situs yang jelas dan teks link. Setiap halaman harus dapat dicapai dari setidaknya satu link teks statis. Buat situs yang kaya informasi yang berguna, dan menulis halaman konten secara jelas dan akurat yang menjelaskan topik yang dibahas. Pastikan juga kesesuaian antara judul, elemen dan atribut ALT yang deskriptif dan akurat.

Gunakan kata kunci untuk membuat deskripsi, human-friendly URLs. Menyediakan satu versi URL untuk mencapai sebuah halaman konten, menggunakan 301 atau rel="canonical" atribut untuk mengatasi duplikat konten. Bagaimana informasi seo dari webmaster Bing ?

Enginer Bing di Microsoft memberikan garis-garis besar dalam menerapkan teknik seo yang baik untuk Bing yaitu dengan memastikan kata kunci, struktur URL yang memiliki kata kunci yang pas. Membuat konten yang tidak tertutupi oleh rich media (Adobe Flash Player, JavaScript, Ajax) dan verifikasi juga bahwa rich media tidak menghalangi robot Bing untuk crawl / merayapi konten situs.

Buat konten yang kaya kata kunci dan kata kunci tersebut harus cocok dengan yang pengguna cari. Selalu mengupdate situs dengan konten-konten baru secara teratur. Jangan menempatkan teks yang ingin diindeks dalam gambar. Misalnya, jika Sobat ingin nama Blog untuk diindeks oleh mesin pencari Bing, pastikan nama blog tidak ditampilkan dalam logo blog tersebut.

Bagaimana Sobat sudah ada gambaran tentang bagaimana cara kerja mesin pencari Kan ? Apalagi sudah ditambahkan garis besar cara kerja mesin pencari Google dan cara kerja mesin pencari Bing milik Microsoft. Kalau punya informasi tentang cara kerja mesin pencari dikaitkan dengan strategi seo yang lain boleh ditambahkan di kolom komentar dari artikel cara kerja mesin pencari ini Sobat.