12 Tips Email Marketing Untuk Mendapatkan Pelanggan Setia

Submitted by admin on Tue, 07/06/2021 - 13:09

Apakah email marketing masih menjanjikan disaat berbagai macam cara promosi baru bermunculan setiap hari ? Untuk mendapatkan dan belajar online email marketing berikut 12 strategi email marketing yang manjur untuk menaikkan pelanggan dan subscriber yang menjadi target bisnis melalui email marketing yang sedang sobat jalankan.

Walaupun teknologi email sudah lama ada namun masih bisa kon untuk meningkatkan penjualan bisnis, bahkan setelah bertahun-tahun, email masih menjadi salah satu cara terbaik untuk memasarkan bisnis Sobat, dan keserbagunaannya tak tertandingi. Sobat dapat menggunakannya untuk membangun kepercayaan, mendapatkan umpan balik penting, mengumumkan fitur baru, membuat pelanggan datang kembali, dan banyak lagi.

Tetapi dengan miliaran email keluar masuk setiap hari, Sobat harus melakukan segala upaya untuk menonjol bagi pembaca Sobat, mempertahankan minat mereka, dan memenuhi tujuan pemasaran Sobat.

Itu sebabnya dalam postingan blog belajar online gratis ini, kami akan memberi Sobat 12 kiat email marketing untuk mendorong hasil terbaik dari kampanye Sobat.

Kita akan mulai dengan dasar-dasarnya dan kemudian naik dari sana!

12 kiat email marketing untuk kampanye yang berkinerja lebih baik

Praktik terbaik email marketing  cukup menjanjikan, tetapi cara terbaik untuk menerapkannya berkembang bersama dengan seluruh dunia. Daftar di bawah ini menawarkan kiat email marketing yang terbukti benar berdasarkan studi terbaru, tren pemasaran digital 2021 , dan alat yang lebih canggih.

1. Segmentasikan basis data pelanggan Sobat

Email dapat digunakan untuk sejumlah kampanye pemasaran: untuk menyambut pelanggan baru , memandu mereka melalui kampanye Sobat, mengumumkan rilis fitur, berbagi promosi khusus, dan banyak lagi. Tetapi Sobat hanya dapat menggunakan strategi ini dengan mengelompokkan daftar Sobat.

Ada banyak cara untuk melakukan segmentasi email marketing, tetapi berikut adalah beberapa yang utama:

             Demografi: Gunakan CRM Sobat untuk menarik daftar email sesuai dengan lokasi tertentu.

             Keterlibatan: Sobat mungkin ingin mengirim ulang atau mengirimkan email kedua yang sedikit berbeda kepada pelanggan yang tidak membuka email pertama Sobat.

             Tahap perjalanan pelanggan:  Penuhi penawaran Sobat untuk pelanggan baru vs, pelanggan lama.

             Sumber:  Formulir mana di situs web Sobat yang mereka isi untuk memberi Sobat info kontak mereka.

Sobat harus menyiapkan aturan dan ketentuan di platform email otomatis untuk mewujudkannya.

2. Personalisasi pesan Sobat

Menurut penelitian oleh Janrain dan Blue Research , 96% konsumen melaporkan bahwa mereka telah menerima informasi atau promosi yang salah sasaran, seperti:

             Penawaran yang menunjukkan bahwa mereka tidak mengenal pelanggan.

             Kesalahan tentang informasi dasar tentang pelanggan.

             Mengkomunikasikan pesan yang tidak konsisten pada platform yang berbeda.

Dan menurut penelitian yang sama, 68% pelanggan secara otomatis menghapus email yang mengandung jenis kesalahan ini dan 54% berhenti berlangganan .

Sebaliknya, personalisasi dapat membawa manfaat berikut:

             Baris subjek yang dipersonalisasi dapat menghasilkan tarif terbuka hingga  50% lebih tinggi.

             Email yang dipersonalisasi memiliki laba atas investasi sebesar 122% .

             Email ulang tahun dapat menghasilkan 342% lebih banyak pendapatan per email daripada promosi biasa.

Berkat pemasaran digital, Sobat memiliki banyak informasi tentang calon pelanggan yang dapat Sobat gunakan untuk personalisasi.

             Gunakan situs web dan analitik media sosial Sobat untuk mendapatkan ide tentang topik, produk, layanan, atau pesan yang menghasilkan keterlibatan paling banyak.

             Gunakan formulir prospek untuk mengumpulkan alamat email dengan beberapa bidang tambahan sehingga dapat memberikan informasi yang Sobat perlukan untuk dipersonalisasi.

             Untuk database pelanggan yang lebih kecil, Sobat dapat menggunakan alat pencarian email untuk mendapatkan informasi dasar tentang pelanggan Sobat, seperti nama mereka, perusahaan, lokasi server, dan profil media sosial .

 

3. Optimalkan untuk seluler

Pengalaman seluler yang buruk membuat 52% pengguna cenderung tidak bekerja dengan perusahaan dan 53% mengatakan bahwa mereka akan meninggalkan situs yang tidak dimuat dalam waktu tiga detik. Karena 70% email dibuka di perangkat seluler, dan CTA Sobat semuanya mengarah kembali ke situs Sobat, pengoptimalan seluler sangat penting.

Berikut tampilan yang dioptimalkan untuk seluler:

             Semua teks yang relevan dapat dibaca dari satu layar tanpa harus menggeser.

             Email dan halaman arahan dimuat dengan cepat.

             Ada tombol yang jelas dan dapat diketuk.

             Jenis, ukuran, dan warna font nyaman di mata.

Pada catatan terkait, pelajari tentang pembaruan algoritma mobile-first Google 2021.

 

4. Libatkan kembali pelanggan yang tidak aktif

Meskipun penting untuk mendapatkan aliran pelanggan baru yang stabil, jangan lupakan pelanggan yang sudah ada! Sering kali, Sobat dapat melibatkan kembali pelanggan atau pembaca yang tidak aktif dengan penawaran yang menarik dan salinan email yang tepat . Lihat kembali data Sobat untuk melihat jenis konten apa yang mereka gunakan sebelumnya, dan kirimkan versi baru dan lebih baik. Atau hanya menawarkan diskon!

 

5. Gunakan pengujian A/B untuk mengidentifikasi email yang sempurna

Gunakan pengujian A/B untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan Sobat. Uji baris subjek, salinan isi, tata letak, bahasa CTA atau warna tombol, gambar, dan banyak lagi. Seperti halnya pengujian A/B, hanya ubah satu hal pada satu waktu sehingga Sobat dapat menarik kesimpulan yang jelas.

Misalnya, jika Sobat mempromosikan panduan bisnis online gratis tentang mengarahkan lalu lintas ke situs Sobat , berikut adalah beberapa variasi baris subjek:

             10 Cara untuk Mendorong Lebih Banyak Lalu Lintas ke Situs Sobat

             Mungkinkah Sobat Kehilangan Lalu Lintas Situs Web? 10 Tips Mudah mengembalikan traffic blog. 

             10 Cara untuk Mendorong Lebih Banyak Lalu Lintas ke Situs Sobat bisa dengan menyejikan (Panduan Gratis]

Dengan cara ini Sobat dapat melihat kata mana (seperti "unduh" atau "panduan") yang sesuai dengan pembaca Sobat, atau apakah mereka lebih terlibat dengan nada berbasis pencegahan atau berbasis tujuan.

 

6. Siapkan trigger email untuk mencegah peluang yang terlewat

Trigger Email adalah email yang dikirim secara otomatis setelah pelanggan melakukan tindakan tertentu. Trigger Email memiliki rasio terbuka 70,5% lebih tinggi karena Sobat menjangkau pembaca saat mereka terlibat. Misalnya, Sobat dapat mengirim:

             Email pengingat segera setelah mereka  meninggalkan keranjang mereka.

             Permintaan umpan balik setelah mereka menyelesaikan pesanan.

             Sebuah permintaan peninjauan tak lama setelah mereka membeli.

             Email selamat datang setelah mereka bergabung.

 

7. Memelihara prospek menjadi pelanggan

Untuk bisnis B2C dan penawaran berbiaya rendah, pelanggan baru ke daftar email Sobat mungkin menjadi pelanggan langsung. Tetapi untuk pembelian tiket besar dan  pemasaran B2B, keputusannya melibatkan lebih banyak penelitian dan pemikiran yang cermat. Dengan memelihara email, Sobat mengirim serangkaian email yang membangun kepercayaan dan memberikan penawaran yang meningkat secara bertahap.

Setelah seseorang berlangganan ke daftar Sobat dan mendapatkan email selamat datang. Email berikutnya meminta mereka untuk:

1.            Unduh panduan saku

2.            Unduh ebook

3.            Hadiri webinar

4.            Baca studi kasus

5.            Pesan konsultasi

Semua konten yang Sobat berikan berkualitas tinggi dan bermanfaat dan setiap "permintaan" hanya sedikit peningkatan dari sebelumnya, jadi pada saat Sobat meminta mereka untuk memesan konsultasi, mereka kemungkinan besar akan melakukannya! Pemeliharaan adalah hal yang harus dimiliki untuk setiap proses pembuatan prospek.

 

8. Gunakan emosi untuk terhubung

Setiap titik rasa sakit dan keinginan untuk pelanggan menelusuri kembali ke emosi. Jika Sobat seorang akuntan, pelanggan Sobat ingin berhenti merasa  takut  karena tidak menyelesaikan pajak mereka tepat waktu. Mereka ingin merasakan ketenangan pikiran bahwa mereka akan mendapatkan pengembalian tertinggi.

Jika Sobat adalah platform analitik, audiens Sobat ingin berhenti menekankan pelaporan mereka. Mereka ingin merasa percaya diri saat melakukan presentasi kepada atasan mereka.

Jadi dapatkan lebih banyak keterlibatan dari email Sobat dengan salinan pemasaran emosional .

Email adalah cara yang bagus untuk  pemasaran dengan emosi , terutama karena Sobat dapat melayani pembaca yang sangat spesifik dan bereksperimen menggunakan pengujian A/B.

9. Tunjukkan nilai-nilai Sobat

Pelanggan saat ini mengharapkan lebih banyak dari perusahaan daripada tahun-tahun sebelumnya. Mereka ingin memberikan uang mereka kepada perusahaan yang mereka dukung, yang misinya selaras dengan nilai-nilai inti mereka , dan yang memandang mereka lebih dari sekadar sarana untuk menghasilkan pendapatan. Mereka juga mendambakan lebih banyak kerentanan dan transparansi.

Sobat dapat menunjukkan nilai-nilai Sobat dengan cara yang berbeda:

             Hubungi mereka secara langsung: Misalnya, "Di Flockjay, tidak ada yang akan terbang sendiri. Ini adalah salah satu nilai inti kami dan itu termasuk Sobat. Dengan pusat layanan baru kami, Sobat akan mendapatkan bantuan manusia di ujung jari Sobat 24/7.. ."

             Bagikan pencapaian dalam inisiatif tanggung jawab sosial Sobat, seperti berapa banyak pohon yang diselamatkan produk Sobat tahun ini atau berapa banyak dari hasil Sobat yang disumbangkan ke organisasi yang Sobat dukung.

             Tutup dengan kutipan inspiratif di setiap pengiriman yang berbicara tentang nilai-nilai Sobat.

 

10. Ceritakan sebuah cerita

Entah itu tiga kalimat atau tiga ratus halaman, cerita-cerita itu mudah diingat dan menarik. Berikut adalah beberapa cara menggunakan storytelling untuk meningkatkan hasil email marketing Sobat:

             Ceritakan cerita pendek di balik produk atau layanan terbaru Sobat dan bagaimana hal itu terjadi. Pembaca akan tertarik untuk melihat hasil akhirnya, dan mereka juga akan diingatkan mengapa penawaran Sobat berkualitas tinggi.

             Bagikan versi singkat kisah sukses, lalu tautkan ke kisah lengkap untuk detail selengkapnya.

             Lebih baik lagi, Sobat bisa mulai dengan menjelaskan masalah pelanggan dengan cara yang sesuai dengan pelanggan Sobat diakhiri dengan hasil yang mengesankan (dapat diukur), lalu akhiri dengan "Bagaimana kami melakukannya

             Jadilah kreatif dan ceritakan kisah Sobat sendiri sebagai primer untuk sisa email.

 

11. Temukan waktu pengiriman email yang tepat

Secara umum,  waktu terbaik untuk mengirim email pemasaran  adalah:

             Pada siang hari

             Pada hari kerja

             Bukan Senin

             Pertengahan minggu

Namun, ini adalah tolok ukur umum dan mungkin berbeda untuk pelanggan khusus Sobat. Ditambah lagi, dengan meningkatnya kerja jarak jauh karena pandemi , jadwal orang telah berubah jadi ada baiknya untuk menilai kembali. Jalankan pengujian A/B  dan gunakan data Sobat sendiri untuk menemukan waktu yang optimal untuk mengirim email pemasaran kepada pelanggan Sobat.

12. Gunakan konten dinamis

Konten email dinamis adalah cara lain untuk mempersonalisasi pemasaran Sobat . Dengan strategi ini, konten email Sobat secara otomatis berubah agar sesuai dengan kriteria pembaca seperti jenis kelamin, lokasi geografis, pola pembelian, atau perilaku di situs Sobat.

Pelanggan akan menerima template yang sama tetapi melihat gambar, penawaran, dan ajakan bertindak yang berbeda.

Contoh lain dari konten dinamis adalah memasukkan hitungan mundur di email Sobat atau umpan langsung dari blog atau saluran media sosial Sobat.