5 Cara Menghindari Link Spam

Submitted by admin on Tue, 06/29/2021 - 19:50

Tidak sedikit penjahat dunia maya (Cybercryming) yang memanfaatkan tautan/link untuk menginfeksi dan merusak perangkat orang melalui virus dan malware yang bisa diaktifkan ketika sebuah link di klik oleh calon korban penjahat dunia maya.

Karena sudah banyak kiat untuk menghindari tautan spam sebelumnya yang dikirimkan melalui email atau tautan yang mencurigakan karena kesalahan ketik dan tata bahasa yang buruk dalam pesan. Saat ini pembuat email phishing dan tautan yang tidak diminta ini malakukan yang terbaik untuk membuat link spam tersebut terlihat sealami mungkin dengan tujuan untuk membuat lebih banyak orang mengklik tautan spam tersebut.

SEkarang ketika Sobat BOGER mendapatkan pesan teks, email melalui media sosial dan aplikasi perpesanan, pemeriksa tautan dapat mengkonfirmasi apakah sebuah tautan tersebut aman atau berbahaya. Tool pemeriksa tautan tersebut akan menganalisa tautan untuk masalah kemanan apa pun dan memperingatkan apabila link tersebut berbahaya yang bisa saja disusupi malware dan ransomware. Lalu bagaimana cara memeriksa apakah sebuah link / tautan aman atau malah merupakan spam ?

1. Norton Safe Web

Aplikasi pendeteksi link spam yang pertama adalah safe web norton yang akan menganalisis tautan untuk masalah keamanan atau keselamatan apapun untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap Sobat BOGER dan perangkat yang sobat miliki. Dengan cara ini, Sobat akan tahu seberapa aman situs web sebelum melihatnya.

Tool pemeriksa link spam dari norton juga akan membari Sobat ringkasan masalah keamanan yang terdeteksi setelah menganalisis situs web yang ditautkan. Sobat dapat melihat apakah situs web memiliki ancaman terhadap komputer dan identitas dan melihat bukti validasi keamanan. Ini sangat penting jika sobat melakukan pembelian digital karena akan melindungi dana pribadi dan keuangan sobat di situs tersebut.

aplikasi pemeriksa link spam dari safeweb norton

Masukkan URL yang hendak sobat periksa melalui tool pemeriksa link spam dari norton tersebut, maka Safe Web Norton akan memindai  URL dan menampilkan peringkat berdasarkan tag yang berbeda. Tag OK berwarna hijau berarti tautan aman, kuning atau oranye berarti hati-hati, sedangkan tag merah berarti tautan tidak aman.

2 Google Transaprancy Report

google transparancy report

Laporan Transparansi Google memanfaatkan teknologi Penjelajahan Aman Google untuk memeriksa miliaran tautan setiap hari untuk mencari situs yang tidak aman. Situs ini mengungkap ribuan situs baru yang tidak aman, banyak di antaranya sah tetapi disusupi. Hal ini dapat terjadi ketika sebuah situs terinfeksi virus bahkan ketika pemilik situs mungkin tidak menyadarinya.

Laporan Transparansi Google memanfaatkan teknologi Penjelajahan Aman Google untuk memeriksa miliaran tautan setiap hari untuk mencari situs yang tidak aman. Situs ini mengungkap ribuan situs baru yang tidak aman, banyak di antaranya sah tetapi disusupi. Hal ini dapat terjadi ketika sebuah situs terinfeksi virus bahkan ketika pemilik situs mungkin tidak menyadarinya. Berikut hasil penilaian Google Transparancy Report terhadap blog belajar online gratis.

hasil cek google transparancy report

 

3. URL Void

URLVoid checker

URLVoid adalah pemeriksa reputasi situs web yang membantu Sobat mendeteksi situs web yang berpotensi berbahaya. Layanan dapat mengukur reputasi dan keamanan online tautan atau situs web, mengidentifikasi apakah tautan atau situs web tersebut pernah terlibat dalam insiden phishing atau malware, dan mendeteksi perilaku jahat atau penipuan.

URLVoid memfilter tautan di lebih dari 30 reputasi situs web online dan mesin daftar hitam. Sobat juga mendapatkan laporan keamanan yang berisi detail situs web, termasuk alamat IP , tanggal pembuatan domain, lokasi server, dan status daftar hit

4. Scan URL

sCAN URL deteksi link spam

ScanURL membantu memberi tahu Anda tentang situs yang berpotensi scam, mencurigakan, atau berbahaya sehingga Anda dapat menjelajahi web dengan lebih aman. Layanan ini memeriksa malware, phishing, virus, dan reputasi buruk menggunakan layanan pihak ketiga seperti Web of Trust, Google Safe Browsing Diagnostic, dan Phish Tank.

Meskipun ScanURL didukung iklan, ScanURL memberikan hasil yang baik yang menunjukkan apakah Anda harus mengunjungi situs tersebut atau tidak Jika ScanURL mencantumkan situs sebagai berbahaya, hindari. Anda juga dapat memberi tahu pengguna lain di mana Anda melihat tautan dan apa yang membuat Anda curiga sehingga mereka juga dapat menghindarinya.

Untuk menggunakan alat ini, masukkan URL yang ingin Anda periksa di bidang pemeriksaan, ketik nama panggilan, komentar, lalu pilih tombol Periksa URL ini untuk memulai pemindaian. Setelah halaman hasil dimuat, Anda dapat menyalin URL permanen.

Catatan : ScanURL tidak mengikuti URL yang dialihkan atau dipersingkat

5. PhishTank

Phish Tank

PhishTank adalah rumah kliring data dan informasi yang bekerja secara berbeda dari pemeriksa tautan lainnya karena berfokus terutama pada situs phishing . Alat ini memeriksa tautan apa pun yang Anda curigai adalah situs phishing dan jika tautan tersebut sudah ada di basis data alat, Anda akan mendapatkan hasil instan. Untuk menggunakan PhishTank, masukkan URL situs ke dalam kolom pencarian dan pilih tombol is it a phish

Jika PhishTank mengidentifikasi situs tersebut sebagai situs phishing, Anda akan mendapatkan peringatan dan nomor pelacakan. Anda juga dapat melacak status kiriman Anda dan memverifikasi tautan yang dikirimkan oleh pengguna lai

Bagi sobat pemilik website yang sedang ingin meningkatkan popularitas blog, jangan lupa untuk membaca 5 langkah utama meningkatkan popularitas website.

Tags