7 Macam Penalti Mesin Pencari Google dan Cara Memperbaikinya

Submitted by admin on Mon, 07/12/2021 - 05:39

7 Penalti Google Penghancur Lalu Lintas dan Cara Mencegahnya

Apakah blog Sobat BOGER tiba-tiba hilang dari hasil pencarian mesin pencari ? Hal tersebut bisa disebabkan karena blog sobat lagi kena pinalti google karena melakukan kesalahan dalam penerapan SEO dan sebab lainnya. Yuk belajar seo bagaimana cara menghindari pinalti mesin pencari Google.

Google serius dengan algoritme peringkatnya, memperbaruinya terus-menerus untuk memberikan pengalaman pencarian terbaik kepada pengguna. Ini juga berarti menghukum halaman atau situs yang melanggar Pedoman Webmaster Google. Sobat dapat dikenakan penalti Google dengan sengaja mempraktikkan black hat SEO, secara tidak sengaja melalui pemeliharaan situs yang tidak tepat, atau hanya karena pembaruan algoritme. Apapun, hukuman Google berdampak negatif pada peringkat pencarian Sobat, dan dalam beberapa kasus, halaman Sobat atau seluruh situs web dapat dihapus dari hasil pencarian Google.

Jadi dalam posting ini, blog belajar online gratis akan membahas apa yang TIDAK boleh dilakukan (dan apa yang harus dilakukan) untuk mencegah penalti Google dan melindungi situs Sobat dari penurunan lalu lintas. Kami akan membahas:
•    Algoritme vs hukuman Google manual dan apa yang diharapkan.
•    Cara memeriksa dan memperbaiki penalti Google manual.
•    Tujuh hukuman umum Google dan cara menghindarinya.

Apa itu penalti Google?
Penalti Google terjadi saat mendeteksi bahwa situs web melanggar Pedoman Webmasternya . Ada dua jenis hukuman yang berbeda, tetapi keduanya memiliki konsekuensi yang sama yaitu penurunan peringkat dan lalu lintas .  

Hukuman algoritma Google
Setiap tahun, Google membuat perubahan pada algoritmanya untuk terus memberikan hasil terbaik bagi para pencarinya. Beberapa pembaruan Google yang terkenal adalah Panda, Penguin, Pigeon, dan Hummingbird. Beberapa pembaruan algoritme dirancang untuk menurunkan peringkat halaman yang melanggar pedoman, seperti Panda (penjejalan kata kunci, kesalahan tata bahasa, dan konten berkualitas rendah) dan Penguin (taktik penerapan black hat SEO) sementara yang lain dirancang untuk mendukung halaman dengan faktor peringkat yang baru diprioritaskan , seperti Pigeon (sinyal lokal solid) dan Hummingbird (responsif seluler).

Omong-omong, tahukah Sobat tentang pembaruan pengindeksan yang mengutamakan seluler ?
Setelah pembaruan algoritme, situs web mungkin melihat penurunan peringkat , baik karena melanggar pedoman atau karena situs lain lebih selaras dengan faktor peringkat tertentu. Berikut contoh data traffic situs setelah update SERP

Cara memperbaiki penalti algoritma Google
Hukuman algoritmik tidak dinyatakan secara eksplisit di mana pun sehingga Sobat tidak dapat memeriksanya. Hal terbaik yang dapat Sobat lakukan adalah melihat apakah penurunan lalu lintas Sobat sejalan dengan rilis pembaruan algoritme, dan pelajari sebanyak mungkin tentang hal itu sehingga Sobat dapat mengidentifikasi penyesuaian apa pun yang perlu Sobat lakukan untuk bergerak maju, atau perbaikan apa pun yang Sobat perlukan. buat di konten yang ada.

Bergantung pada pembaruan dan sejauh mana situs web Sobat tidak selaras dengannya, perbaikan Sobat mungkin atau mungkin tidak mengarah pada pemulihan peringkat dan lalu lintas. Meskipun pembaruan algoritmik sering terjadi, semuanya berfungsi untuk memberi penghargaan kepada situs dan kinerja teknis yang optimal , jadi itu harus menjadi titik fokus Sobat yang konstan

Hukuman pinalti Manual
Hukuman manual diberikan oleh karyawan Google yang sebenarnya untuk laman dengan masalah yang berpotensi tidak disengaja seperti kualitas dan keamanan konten, atau karena dengan sengaja memanipulasi algoritme Google menggunakan black hat SEO . Tidak seperti penalti algoritma, penalti manual mudah diidentifikasi dan diperbaiki.

Cara memperbaiki penalti Google manual
Ada beberapa alat pemeriksa penalti Google yang tersedia, tetapi Sobat juga dapat  menggunakan  Google Search Console . Temukan tab Keamanan & Tindakan Manual di dasbor Sobat dan klik Tindakan manual. Di sana Sobat dapat melihat kebijakan mana yang telah Sobat langgar dan halaman mana yang terpengaruh, serta cara memperbaikinya.

Setelah diperbaiki, Sobat dapat mengirimkannya untuk ditinjau. Karyawan di Google akan meninjau dan (jika diperbaiki dengan benar) menyetujui permintaan dan mengindeks ulang halaman Sobat.

Apa konsekuensi dari penalti Google?
Hasil dari penalti apa pun adalah penurunan peringkat, tetapi tingkat keparahan penurunan tergantung pada jenis penalti yang dikeluarkan.
•    Hukuman tingkat kata kunci: Peringkat akan turun untuk kata kunci tertentu.
•    Hukuman tingkat URL atau direktori: Peringkat akan turun untuk URL tertentu.
•    Hukuman di seluruh domain atau di seluruh situs: Peringkat akan turun untuk beberapa URL dan kata kunci di seluruh situs Sobat.
•    Delisting atau de-indexing: Ini adalah tingkat hukuman tertinggi yang dikenakan oleh Google, di mana mereka menghapus domain Sobat dari indeks Google.  Akibatnya, tidak ada konten situs web Sobat yang akan ditampilkan di Google.

Berapa lama hukuman Google berlangsung?
Penalti Google berlaku sampai Sobat memperbaikinya. Jika jangka waktu tertentu berlalu saat penalti tidak diperbaiki, lansiran akan hilang dari Search Console Sobat, tetapi konsekuensi penalti akan tetap berlaku. Dengan kata lain, Sobat telah kehilangan kesempatan untuk memperbaiki sesuatu dengan Google.

7 alasan teratas untuk penalti Google dan cara mencegahnya
Setiap bisnis berusaha untuk  berada di halaman pertama Google  sehingga mereka dapat meningkatkan lalu lintas ke situs mereka dan pada akhirnya mendapatkan lebih banyak pelanggan. Cara untuk mencapai itu (melalui SEO ) adalah proses panjang yang membutuhkan usaha dan kesabaran. Inilah sebabnya mengapa banyak—terutama mereka yang baru memulai blog atau situs web— tergoda untuk menggunakan cara pintas untuk meningkatkan peringkat mereka . Namun taktik tersebut hanya menjadi bumerang berupa penalti Google.


Di sini Sobat akan menemukan tujuh hukuman paling umum dan apa yang dapat Sobat lakukan untuk mencegah dan/atau memperbaikinya.

1. Konten tipis dan halaman pintu
Ini adalah saat pemilik situs web fokus pada kuantitas daripada kualitas konten SEO , berpikir lebih banyak konten berarti lebih banyak lalu lintas. Mereka mungkin menggunakan alat pembuat konten, menerbitkan artikel pendek, atau mencari sumber konten dari sumber lain.

Tidak hanya praktik SEO buruk yang dapat dideteksi Google, tetapi konten berkualitas rendah juga berdampak buruk pada bisnis Sobat. Tujuan dari pembaruan algoritma Panda 4.0 2016  adalah untuk mengurangi visibilitas konten berkualitas rendah dan halaman doorway di hasil pencarian. Inilah sebabnya mengapa eBay kehilangan 80% dari peringkat organiknya !

Cara mencegah hukuman konten sedikit:
•    Jangan sepenuhnya mengalihdayakan atau mencoba memproduksi konten Sobat secara massal. Konten yang diproduksi secara massal tidak pernah berkualitas, dan outsourcing dapat menyebabkan konten yang tidak sesuai dengan merek dan tidak kohesif.
•    Jika Sobat memerlukan bantuan untuk meningkatkan kualitas konten Sobat, pekerjakan pekerja lepas yang dapat bekerja sama dengan Sobat dan yang berspesialisasi dalam industri Sobat untuk menghasilkan halaman yang memberi nilai bagi pembaca Sobat.
•    Lakukan riset kata kunci yang tepat untuk memastikan Sobat mengidentifikasi kata kunci yang tepat untuk ditargetkan dan konten Sobat sesuai dengan maksud kueri.
•    Buat halaman pilar atau konten landasan alih-alih menerapkan doorway.
•    Gabungkan halaman pendek yang dioptimalkan untuk kata kunci serupa menjadi satu halaman lebih panjang yang berisi lebih banyak informasi tentang satu kata kunci.

2. Teks dan tautan tersembunyi
Menyembunyikan teks atau tautan apa pun untuk tujuan SEO daripada pengguna bertentangan dengan pedoman Webmaster Google. Teks dan tautan dapat disembunyikan dengan beberapa cara, seperti dengan:
•    Mengatur ukuran font ke 0
•    Menggunakan teks putih atau tautan di latar belakang
•    Menyembunyikan teks di balik gambar
•    Menggunakan CSS untuk menempatkan teks di luar layar
•    Membuat tautan dengan warna yang sama dengan latar belakang

Bagaimana mencegah hukuman konten tersembunyi
Sebagai permulaan, jangan pernah melakukannya dengan sengaja. Jika Sobat harus menyembunyikan sesuatu, itu mungkin tidak ada di halaman Sobat. Jika Sobat tidak sengaja melakukannya, Buka tab pemeriksaan URL di Search Console , masukkan laman yang terpengaruh ke dalam kotak telusur, lalu “lihat laman yang dirayapi”. Di sana Sobat dapat memeriksa tautan atau CSS tersembunyi.

3. Spam buatan pengguna
Jika Sobat menjalankan forum, mengizinkan posting tamu, atau mengaktifkan komentar di blog Sobat, itu bisa dibanjiri oleh bot spam atau aktor jahat. Tautan spam mungkin tertaut ke halaman berkualitas buruk atau tidak pantas, yang membahayakan. Atau, manusia yang sebenarnya akan membuat komentar di blog Sobat dengan satu atau lebih tautan yang tidak relevan hanya untuk tujuan mendapatkan tautan balik dari situs Sobat untuk meningkatkan otoritas domain mereka.

Bagaimana mencegah hukuman spam yang dibuat pengguna
Berikut adalah beberapa cara Sobat dapat mencegah spam yang dibuat pengguna di situs web dan forum Sobat.

Tool moderasi komentar
Sobat dapat menggunakan Disqus untuk memfilter, menghapus, dan melarang komentar berisi spam. Sobat juga dapat meninjau komentar yang disetujui sebelum dipublikasikan di situs Sobat. Jika Sobat tidak dapat mengikuti moderasi, bahkan dengan plugin atau Tool, nonaktifkan komentar sama sekali

Tool anti-spam
Spammer menggunakan skrip otomatis untuk membanjiri bagian komentar Sobat.  Integrasikan Google reCAPTCHA dengan situs Sobat untuk mencegah spam komentar.

Atribut uofollow dan do follow
Jika poster tamu atau komentator memposting tautan yang sesuai tetapi tidak ingin dikaitkan dengan Sobat, Sobat dapat menambahkan tag untuk menjadikannya tautan no follow . Ini akan mencegah Google mengikuti tautan tersebut dari halaman Sobat dan meneruskan jus tautan dari situs Sobat ke situs yang ditautkan.

Ini termasuk atribut rel="nofollow" dan rel="ugc". Sebagai contoh:
Tautan asli: <a href="http://www.website.com/">Situs Web Saya</a>
Versi tanpa ikuti: <a href="http://www.website.com/" rel=” nofollow”>Situs Web Saya</a>
Versi UGC: <a href="http://www.website.com/" rel=”ugc”>Situs Web Saya</a>

Tag meta noindex
Jika Sobat mengizinkan pengguna untuk memposting artikel di situs Sobat, Sobat dapat menambahkan tag meta noindex ke halaman tersebut. Dengan cara ini halaman akan dapat diakses melalui situs web Sobat tetapi tidak akan terlihat di hasil pencarian atau dipertimbangkan dalam algoritme peringkat Google.
Tambahkan <meta name="robots" content="noindex"> setelah tag <head>

4. Tautan yang tidak wajar atau buruk ke situs Sobat
Pembaruan algoritme Penguin Google 2016 dirancang untuk mendeteksi  pembuatan tautan yang tidak wajar .
Pembuatan backlink  adalah strategi SEO yang sangat efektif yang membantu meningkatkan otoritas halaman Sobat—tetapi hanya jika mereka datang secara organik dari situs web berkualitas tinggi.

Bagaimana mencegah penalti tautan / link yang tidak wajar ?
Tentu saja, gunakan strategi pembuatan tautan yang sesuai   iniTtidak termasuk:
•    Membeli atau menjual link
•    Pertukaran tautan (Tautkan situs web saya dan saya akan menautkan ke Sobat)
•    Profil forum / Tautan tSobat tangan
•    Tautan komentar blog
•    Tautan direktori artikel
•    Membangun terlalu banyak tautan dalam waktu singkat

Lakukan audit backlink secara teratur
Sobat juga bisa mendapatkan tautan berisi spam ke situs web Sobat secara tidak sengaja. Gunakan Google Analytics, Search Console, atau  alat SEO seperti SEMrush atau ahrefs untuk menganalisis profil backlink Sobat dan menolak tautan yang merugikan.

 5 . Isian kata kunci
SEO On-page , seperti menambahkan kata kunci ke judul, heading, body, meta description, dan teks alternatif membantu Googlebot memahami tentang apa halaman Sobat. Namun, isian kata kunci yang disengaja adalah teknik black hat SEO yang menimbulkan penalti Google.
Sekarang, Sobat tahu seperti apa isian kata kunci di body, tetapi Sobat juga dapat dihukum dengan isian kata kunci di teks alternatif

Bagaimana mencegah hukuman isian kata kunci
•    Masukkan kata kunci secara alami dalam konten Sobat, karena Sobat akan menjelaskan sesuatu secara langsung.
•    Alih-alih hanya berfokus pada satu kata kunci, gunakan kata long tail keywords.. Sobat dapat menggunakan alat penelitian kata kunci  untuk bantuan.

6. Situs web yang diretas
Jika peretas mendapatkan akses ke situs web Sobat, mereka tidak hanya dapat membahayakan kerahasiaan, tetapi mereka juga dapat menyuntikkan kode berbahaya, menambahkan konten yang tidak relevan, atau mengalihkan situs Sobat ke laman berbahaya atau berisi spam.
Situs Sobat akan melihat penurunan peringkat yang parah pada semua permintaan pencarian, dan Google dapat menghapus seluruh situs web Sobat dari hasil pencarian untuk hukuman ini.

Bagaimana mencegah penalti situs web yang diretas
Ada beberapa cara untuk memperketat keamanan situs web Sobat:
•    Tetap perbarui sistem manajemen konten Sobat
•    Gunakan kata sandi yang kuat dan ubah secara teratur
•    Terapkan sertifikat SSL
•    Berinvestasi dalam hosting berkualitas
•    Gunakan alat pemindai malware untuk mendeteksi peretasan
•    Backup blog secara teratur
•    Sembunyikan URL login dan batasi upaya login untuk menghentikan serangan brute force

7. Menyalahgunakan markup data terstruktur
Markup data terstruktur adalah jenis kode yang membantu Google menampilkan situs Sobat lebih menarik di hasil penelusuran Google, seperti dengan menunjukkan peringkat bintang dan jumlah ulasan .

Namun, jika Google mendeteksi Sobat menggunakan data terstruktur yang tidak relevan dengan konten dan pengguna, Sobat mungkin menerima penalti manual.

Bagaimana mencegah penalti data terstruktur ?
Ini adalah hukuman lain yang berhubungan dengan black hat SEO. Inilah yang  harus dilakukan:
•    Jangan menambahkan ulasan palsu untuk meningkatkan SERP . Ikuti cara-cara yang tepat untuk mendapatkan ulasan Google yang sebenarnya .
•    Hanya gunakan data terstruktur yang masuk akal untuk konten yang Sobat tandai.
•    Pastikan konten mark-up Sobat terlihat oleh pembaca.
•    Jangan menambahkan markup skema apa pun yang terkait dengan aktivitas ilegal, kekerasan, atau konten terlarang apa pun.
Tetap mengikuti aturan Google untuk menghindari penurunan peringkat. Baik itu algoritmik atau manual, hukuman Google merusak peringkat dan lalu lintas blog Sobat. Sobat dapat menerapkan perbaikan untuk menghapus hukuman, tetapi Sobat mungkin atau mungkin tidak memulihkan lalu lintas dan peringkat Sobat. Itulah mengapa sangat penting untuk melakukan apa yang Sobat bisa untuk mencegahnya sejak awal. Dalam posting ini kami membahas tujuh hukuman Google yang dapat Sobat cegah:
1.    Spam buatan pengguna
2.    Konten tipis
3.    Isian kata kunci
4.    Teks tersembunyi
5.    Tautan tidak wajar ke situs Sobat
6.    Situs web yang diretas
7.    Penyalahgunaan data terstruktur
Dengan menghentikan penerapan praktek black hat SEO, menerapkan alat keamanan dan moderasi di situs Sobat, dan berfokus pada konten yang benar-benar berkualitas, Sobat dapat menghindari hukuman Google, meningkatkan popularitas peringkat website dan lalu lintas Sobat, serta melindungi situs Sobat dari peretas .