Apakah Konten Untuk Mobile dan Desktop Harus Sama ?

Submitted by admin on Tue, 01/11/2022 - 06:01

Haruskah kita memiliki konten yang sama atau konten yang berbeda untuk mobile dan desktop? Jawaban singkatnya Sama Sobat belajaronlinegratis.com.

Mesin Pencari Google mengumumkan pada tahun 2016 akan memindahkan situs dari yang dievaluasi pada versi desktop situs ke versi situs seluler. Langkah Google ini dikenal dengan istilah “Mobile-First Indexing” atau MFI. Ini berarti indeks dari mana Google menarik semua konten di halaman hasil mesin pencari Google sekarang akan menjadi konten yang dievaluasi dan diberi peringkat berdasarkan faktor-faktor yang berasal dari situs versi seluler.

    “Meskipun indeks pencarian kami akan terus menjadi indeks tunggal situs web dan aplikasi, algoritme kami pada akhirnya akan menggunakan versi seluler konten situs untuk menentukan peringkat halaman dari situs itu, untuk memahami data terstruktur, dan untuk menampilkan cuplikan dari halaman tersebut di hasil kami. Tentu saja, sementara indeks kami akan dibuat dari dokumen seluler, kami akan terus membangun pengalaman penelusuran yang luar biasa untuk semua pengguna, baik mereka yang berasal dari perangkat seluler atau desktop.” – Blog

Check out Pusat Webmaster Google.

Mengapa mesin pencari Google Melakukan Mobile-First Indexing ?

Google membuat perubahan ini karena penggunaan seluler telah meledak secara eksponensial selama 8-10 tahun terakhir dan mereka merasa itu akan menjadi representasi situs yang lebih baik bagi pengguna di SERP untuk menggunakan versi seluler untuk mengevaluasi peringkat situs.

Dengan cara ini, Apabila blog belajar online memenuhi kriteria sebuah situs di perangkat seluler Sobat, itu akan menjadi situs seluler yang berkualitas. Meskipun kualitas website ditentukan banyak faktor. Situs berdasarkan desktop mungkin bagus untuk desktop, tetapi ketika website tersebut tidak ramah seluler maka website akan menghadapi keterbatasan lingkungan seluler, itu bisa menjadi pengalaman pengguna yang sangat buruk. Google ingin memperbaiki ini.

    “Saat ini, kebanyakan orang mencari di Google menggunakan perangkat seluler. Namun, sistem peringkat kami biasanya masih melihat versi desktop dari konten halaman untuk mengevaluasi relevansinya bagi pengguna. Ini dapat menyebabkan masalah ketika halaman seluler memiliki lebih sedikit konten daripada halaman desktop karena algoritme kami tidak mengevaluasi halaman sebenarnya yang dilihat oleh pencari seluler.” – Blog Pusat Webmaster Google

Jadi Apa Artinya Mobile-First Indexing untuk Konten blog/website ?

Hal pertama yang perlu Sobat ketahui adalah apakah situs Sobat telah pindah ke "Mobile First". Jika belum, blog Sobat masih dievaluasi pada konten desktop, kecuali situs tersebut baru. Semua situs baru secara default mengutamakan seluler.

Bagaimana Sobat Dapat Mengetahui Jika Blog Dipindahkan ke Mobile-First?

Cara mengetahuinya adalah dengan membuka Google Search Console dan melihat apakah Sobat telah dipindahkan dan jika demikian, kapan Sobat dipindahkan. Tunggu artikel belajaronlinegratis.com akan membahas tentang Google Search Console untuk memudahkan pemilik website/blog belajar seo online.

Catatan : Tanggal di Google Search Console ini mungkin berbeda dari tanggal email yang Sobat terima dari Google tentang pengalihan ke Mobile First. Tanggal-tanggal ini di Google Search Console lebih akurat. Namun, cara terbaik untuk mengetahuinya adalah jika Sobat memeriksa file log Sobat untuk mengetahui perubahan dari perayap desktop ke perayap seluler. Jika Sobat menemukan tanggal Sobat mencapai kira-kira 80% perayapan seluler, Sobat dibatalkan.

    Sobat akan menemukan dua indikator baru di beberapa laporan:
    1- Perayap utama digunakan untuk laporan tertentu 🎊.
    2- Anotasi bagan yang ditampilkan saat situs Sobat dialihkan ke pengindeksan yang mengutamakan seluler 🎊.

    Pelajari lebih lanjut tentang pengindeksan seluler pertama https://t.co/yo4mGRgVhP pic.twitter.com/R2tZW9pPyr

    — Google Webmaster (@googlewmc) 26 Juni 2019

Ini berarti bahwa konten situs seluler sekarang adalah cara mesin pencari Google mengevaluasi maksud penelusuran saat mencari dokumen untuk dicocokkan dengan istilah kueri pengguna – bahkan saat menelusuri dari komputer desktop.

Jadi ketika pengguna memasukkan kata kunci (keywords) ke dalam kotak pencarian, maka hasil pencarian akan diambilkan dari situs seluler dalam konten seluler. Ini berarti konten apa pun yang tidak ada di situs seluler Sobat tidak akan ditemukan.

Jika Sobat memiliki blog yang responsif, ini seharusnya tidak menjadi masalah, karena konten desktop dan seluler harus sama. Satu-satunya pengecualian adalah ketika Sobat menyembunyikan konten dari browser menggunakan CSS atau metode lain yang dilarang oleh Google.

Selama Google dapat melihat konten di situs seluler, itu harus menerapkan nilai bahkan jika dalam keadaan diciutkan atau tab. Ini berbeda dengan cara Google mengevaluasi konten di desktop. Google akan "mendevaluasi" konten di desktop berdasarkan konten yang disembunyikan dari pengguna dalam keadaan diciutkan atau tab.

Namun, ruang fisik pada perangkat seluler jauh lebih kecil daripada desktop sehingga ada elemen UI/X yang ditafsirkan secara berbeda oleh Google di bawah pengindeksan yang mengutamakan seluler.

Berikut adalah semua skenario untuk situs dan apa yang perlu Sobat lakukan untuk memastikan Google mendapatkan konten yang Sobat perlukan untuk diambil.

Bagaimana Jika Situs Saya Belum Pindah ke MFI ?

Jika situs Sobat belum dipindahkan ke pengindeksan yang memprioritaskan seluler, maka situs Sobat masih dievaluasi berdasarkan sinyal peringkat desktop, termasuk konten. Namun, bukan berarti Sobat bisa mengabaikan MFI.

Semua situs akan dipindahkan ke MFI lebih cepat daripada nanti, jadi jika Sobat belum pindah untuk memastikan konten seluler blog Sobat setara dengan konten desktop, Sobat harus melakukannya dengan cepat.

Ringkasan cerita kami mulai dengan pertanyaan ini: apakah konten di situs seluler harus sama dengan desktop? Dan jawabannya adalah ya, jika Sobat ingin peringkat untuk itu.

Dan jika Sobat memiliki m.site.com ?

Mulailah membuat rencana untuk menghentikannya. Google lebih memilih situs responsif daripada m.site.com untuk diakses lewat seluler dan m.site.com dapat menyebabkan masalah dengan MFI Google, terutama jika Sobat memiliki halaman seluler lain seperti AMP atau bahkan situs yang sebagian responsif.

Google dapat menjadi bingung mana yang merupakan situs seluler yang tepat, jadi meskipun kelihatannya sulit, inilah saatnya untuk mematikan m.site.com secepat yang sobat belajar seo online lakukan agar memenuhi standar MFI.

Apakah Sobat belajar SEO online tidak tertari untuk membaca Apakah mengganti judul artikel dapat menurunkan peringkat hasil pencarian Google ?.