Apakah Perlu Memberitahu Mesin Pencari Ketika Sudah Update Konten Website ?

Submitted by admin on Thu, 12/30/2021 - 19:06

Masih ingatkan sobat bagaimana mencari sebab hilangnya konten dari hasil pencarian mesin pencari dan solusinya ? Coba baca artikel belajar online gratis tentang keyword yang hilang dan penyebabnya di mesin pencari.

Banya konten yang hilang dari mesin pencari maka yang dilakukan pemilik situs adalah memperbaiki konten yang ada. Tujuannya bisa jadi untuk memperbaiki ranking mesin pencari. Setelah mengupdate situs untuk memperbaiki hasil pencarian lalu bagaimana cara melaporkan ke Google bahwa konten pemilik situs sudah diupdate ?

Apakah ada aturan resmi tentang proporsi cerita yang harus diperbarui agar Google menyadari bahwa pembaruan telah dilakukan oleh pemilik website ? Tidak ada aturan SEO yang baku tentang berapa banyak konten yang perlu diperbarui, tetapi Sobat dapat menggunakan akal sehat Sobat untuk menganalisa apakah Google sudah memperbaiki kinerja website yang mambawa pada perbaikan nilai di hasil pencarian Google.

Jika Sobat  hanya mengubah beberapa kata atau tanggal, atau hanya menambahkan gambar misalnya, Sobat tidak benar-benar mengubah kontennya, maka sebaiknya tidak perlu melaporkan tentang update kontent tersebut ke mesin pencari.

Orang suka mencoba mempermainkan sistem mesin pencari dengan memindahkan paragraf, tetapi tidak benar-benar mengubah inti artikel, misalnya. Dalam kasus update konten seperti ini Google tidak akan memberi Sobat imbalan berupa perbaikan di hasil pencarian Google.

Namun, jika Sobat memiliki artikel seperti “Berapa Harga Konsultasi SEO tahun 2021” dan Sobat memperbaruinya menjadi “Berapa Harga Konsultasi SEO tahun 2022” dan benar-benar mengubah sebagian besar konten, ada cara untuk membantu Google mengetahuinya lebih cepat .

Tetapi sebelum Belajar SEO berbagi kepada Sobat sekalian, Belajaronlinegratis.com ingin memperjelas: kontennya harus berbeda . Sobat tidak bisa hanya memposting prediksi harga konsultasi SEO yang sama yang Sobat buat pada Tahun 2021 dan dan mengulangnya untuk harga konsultasi SEO Tahun 2022.

Dalam kasus di dunia nyata, apabila Sobat menerima kiriman artikel dari online marketer yang sobat ikuti. Online marketer tersebut mengirim ulang artikel yang sama hanya merubah kasus Tahunnya saja tanpa ada nilai lebih. Bagaimana perasaan Sobat ketika menerima kiriman email tersebut ? Kesal kepada online marketer karena sudah membayar mahal namun mendapatkan artikel yang berulang-ulang ?

Apabila Sobat yakin bahwa pembaruan artikel ini membawa arti baru dari konten website maka hal terbaik yang dapat Sobat lakukan adalah masuk ke Google Search Console dan mengirimkan kembali peta situs yang berisi halaman yang Sobat update.

Sebenarnya tanpa Sobat minta pun apabila website sobat tersebut telah diindex oleh Google Crawl, biasanya akan mengunjungi konten baru tersebut dalam beberapa hari setelah sobat update konten. Apabila Sobat tambah rajin update konten bisa tidak dalam hitungan hari Google Crawl mengunjungi website sobat tersebut.

Namun jika Sobat benar-benar membutuhkan agar konten cepat diindex oleh Google karena bisa jadi konten website tersebut sensitif terhadap waktu, maka Sobat bisa masuk ke layanan online Google Search Console dan mengajukan agar segera dirayapi Google Crawl.

Namun, jangan menyalahgunakannya atau berlebihan ya sobat. jika Sobat mengirimkan semua halaman Sobat sepanjang waktu, Sobat akan mengurangi pentingnya konten yang sensitif terhadap waktu diatas dan bisa jadi malah tidak akan segera dirayapi oleh Google Crawl halaman tersebut.

Ingat, Google umumnya akan mempercayai Sobat dan menghargai konten website yang sudah Sobat buat sampai Sobat memberi mereka alasan untuk tidak mempercayai Sobat yaitu apabila Sobat mengakali Google dalam penentuan (keywords) kata kunci. website misalnya.

Oke Sobat semoga dari artikel belajar SEO tentang bagaimana memberitahu Google bahwa Sobat telah mengupdate artikel website bisa meningkatkan hasil pencarian website Sobat di mesin pencari terutama di mesin pencari Google.