Cara Kerja Mesin Penelusuran Google

Submitted by admin on Wed, 07/21/2021 - 22:11

proses perayapan google diawali dari crawler web mengumpulkan informasi dari ratusan miliaran halaman web dan mengelolanya dalam indeks mesin pencari. Begitu penjelasan singkat proses bagaimana cara mendapatkan informasi menggunakan mesin pencari algoritma mesin pencari google.

Crawler web menemukan website/blog melalui link pada website/blog yang sudah ada/ menerima permintaan dari pemilik website agar situsnya diindeks oleh mesin pencari Google atau mesin pencari yang lain.

Saat menemukan situs baru, crawler mesin pencari akan menggunakan link/tautan pada situs tersebut untuk menemukan halaman lainnya pada situs/blog tersebut. Crawler/ perayap mesin pencari akan memberikan perhatian khusus pada situs baru tersebut, untuk melihat seberapa sering menambah konten baru dan perubahan penggunaan software agar terlihat rapi ketika dilihat dan diakses melalui perangkat mobile.

Setelah crawler memberikan informasi dan disimpan dalam database, maka program komputer yang sudah dirancang dengan algoritma tertentu akan menentukan situs mana yang dirayapi, serta seberapa sering dan berapa banyak halaman yang diambil dari situs tersebut oleh pengguna internet yang akan mendapatkan penilaian lebih dalam hasil pencarian mesin pencari.

Bagaimana, Sobat BOGER sudah ada gambaran cara kerja mesin penelusuran google kan ? Mesin penelusuran Google juga memberikan pilihan dan informasi lebih mendetail kepada pemilik situs apabila pemilis website/blog mau memanfaatkan Google Search Console. Pada Google Search Console akan memberikan petunjuk mendetail, Sehingga pemilik situs dapat memberikan informasi kepada perayap/crawler mesin pencari cara memproses halaman websitenya.

Pemilik website/blog dapat memberi tahu crawler untuk tidak mengindeks halaman tertentu pada website/blog mereka melalui file yang disebut "robots.txt".  Harap diingat bahwa google tidak menerima pembayaran agar suatu situs lebih sering di crawl daripada situs yang lain. artinya semua situs mendapatkan fitur yang sama untuk bisa diindeks dan di crawl mesin pencari dan pengguna mesin pencari mendapatkan sebanyak-banyaknya dari yang mereka cari.

Proses Mesin Pencari Menemukan Informasi Pada Web

WEb itu laksana perpustakaan yang terus bertambah koleksinya setiap waktu, namun sayangnya tidak ada indeks khusus, oleh karenanya Mesin pencari menggunakan software crawler web untuk menemukan halaman-halaman web tersebut yang tersedia untuk publik. Crawler web akan memeriksa halaman dan mengikuti tautan pada halaman tersebut, hal ini seperti yang Sobat BOGER lakukan ketika mengakses konten-konten website/ blog belajar online gratis ini. Crawler mesin pencari akan memeriksa setiap tautan dan mengirimkannya ke server mesin pencari.

Cara Mesin Pencari Mengelola Informasi dengan Pengindeksaan

Ketika perayap / crawler mesin pencari menemukan link halaman website, maka sistem mesin pencari akan merender konten halaman tersebut, hal ini sama seperti yang dilakukan oleh browser sehingga sobat dapat membaca content blog. Setelah merender halaman website, Software crawler mesin pencari akan mencatat hal-hal penting mulai dari kata kunci hingga menyimpan update blog dan tetap melakukan perayapan untuk menyimpan update data dari situs-situs tersebut dan menyimpannya dalam indeks penelusuran mesin pencari.

Tahukan Sobat belajar online berapa banyak kapasitas penyimpanan indeks mesin pencari Google ? Indeks Google Search berisi ratusan miliar halaman web dan memiliki kapasitas hingga lebih dari 100.000.000 GB. Bisa membayangkan kalau halaman-halaman indeks mesin pencari tersebut di cetak ? Sudah Sob tidak perlu dibayangkan lebih jauh takut tar halu.

Untuk memberikan gambaran tentang indeks mesin pencari, Sobat belajar online pernah melihat indeks di bagian belakang pada buku sobat kan ? Nah kira-kira seperti itu yang menyajikan entri untuk setiap kata yang terlihat di setiap halaman web yang diindeks. Ketika mengindeks halaman web, maka mesin pencari akan menambahkannya ke setiap entri untuk semua kata kerja yang ada di dalam halaman webiste/blog tersebut.

Melalui grafik penelusuran, algoritma mesin pencari terus ditingkatkan agar bisa lebih memahami apa yang dimaksud orang ketika menelusuri kata kunci melalui mesin pencari. Tidak hanya sekadang mencocokkan kata kunci yang menyebabkan pemilik situs yang menerapkan Black Hat SEO berada dalam ranking teratas dalam hasil pencarian mesin pencari.

Mesin pencari tidak hanya berguna untuk mengelola informasi tentang halaman website/blog melainkan juga berbagai jenis informasi lainnya. Seperti Mesin penelusuran Google dapat membatu sobat menelusuri teks dari jutaan buku yang ada d berbagai perpustakaan ternama, memperoleh informasi tentang waktu, jarak tempuh perjalanan dari perusahaan transportasi atau membantu sobat mencari berbagai informasi yang sobat online learning butuhkan.

Sobat boger bisa jadi tidak hanya membutuhkan halaman web namun membutuhkan file khusus untuk dibaca offline misalnya seperti dokumen pdf, word, odt dan berbagai jenis file lainnya. Ada banyak jenis-jenis file seperti ketika sobat mendapatkan file dengan extensi xlsx untuk pertama kalinya tentu sobat akan bertanya apa itu jenis file xlsx ? begitu kan !

Karena blog belajar online gratis lagi menulis tentan Dalam kaitannya dengan crawler cara kerja mesin penelusuran google bukan cara kerja mesin pencari youtube yaa. Lalu jenis file apa saja yang dapat diindeks oleh mesin pencari Google ? .doc, .xls, .ods, .ppt termasuk file yang diindeks oleh mesin pencari Google

Berbagai Jenis File Yang diindeks Mesin Pencari Google

Berikut daftar file apa saja yang dapat di crawler dan ditelusuri oleh mesin pencari Google :

Adobe Flash (.swf)
    Adobe Portable Document Format (.pdf)
    Adobe PostScript (.ps)
    Autodesk Design Web Format (.dwf)
    Google Earth (.kml, .kmz)
    Format GPS eXchange (.gpx)
    Hancom Hanword (.hwp)
    HTML (.htm, .html, ekstensi file lain)
    Microsoft Excel (.xls, .xlsx)
    Microsoft PowerPoint (.ppt, .pptx)
    Microsoft Word (.doc, .docx)
    Presentasi OpenOffice (.odp)
    Spreadsheet OpenOffice (.ods)
    Teks OpenOffice (.odt)
    Rich Text Format (.rtf)
    Scalable Vector Graphics (.svg)
    TeX/LaTeX (.tex)
    Teks (.txt, .text, ekstensi file lain), termasuk kode sumber dalam bahasa pemrograman umum:
        Kode sumber dasar (.bas)
        Kode sumber C/C++ (.c, .cc, .cpp, .cxx, .h, .hpp)
        Kode sumber C# (.cs)
        Kode sumber Java (.java)
        Kode sumber Perl (.pl)
        Kode sumber Python (.py)
    Wireless Markup Language (.wml, .wap)
    XML (.xml)

Apakah saya bisa mencari file tertentu seperti misalnya file ppt, bagaimana cara mencari file ppt di Google. Apabila Sobat boger hendak menemukan jenis file tertentu pada mesin pencari Google, maka sobat perlu menambahkan filetypeL Apa itu filetype ? Filetype adalah cara membantu mesin pencari Google agar memberikan hasil dari file type yang sedang kita cari.

Contoh dokumen yang umum seperti .doc, .xls, .ods, .ppt termsuk file pdf dapat kita cari melalui penambahan ffiletype ketika kita mencari informasi lewat internet. Kita akan mencari "cara menggunakan mesin pencari google" dalam bentuk pdf, maka kita menulis pada kolom pencarian mesin pencari 'cara menggunakan mesin pencari google filetype:pdf' (hilangkan koma atasnya ya Sobat belajar SEO. Setelah membaca artikel cara kerja mesin penelusuran google sekarang coba jelaskan cara menggunakan mesin pencari google ke teman-teman yang lain sehingga mereka juga tahu cara mengoperasikan mesin penelusuran