Cara Menemukan Saluran Wi-Fi Terbaik Pada Windows, Mac Dan Linux

Submitted by admin on Thu, 07/01/2021 - 12:17

Apakah Sobat BOGER sering mengalami jaringan koneksi Wi-Fi yang naik turun aliat jaringan Wi-Fi yang tidak stabil ?  Kalau Sobat sering mengalami penurunan koneksi atau tidak mendapatkan kecepatan koneksi internet yang diharapkan, mungkin saja router sobat menggunakan saluran Wi-Fi yang padat. Saluran Wi-Fi yang ramai tidak memungkinkan sinyal Wi-Fi berjalan dengan lancar dan ini menyebabkan masalah pada koneksi Wi-Fi yang sobat pakai.

Untungnya sekarang ada cara untuk  menemukan saluran Wi-Fi terbaik di wilayah Sobat.  Sehingga sobat dapat mengarahkan router agar menggunakan saluran tersebut. Dengan cara ini, router sobat menggunakan saluran yang paling efisien untuk meningkatkan koneksi Wi-Fi Sobat.

Sobat dapat menggunakan berbagai tool untuk menemukan saluran Wi-Fi terbaik di komputer yang menggunakan OS Windows, Mac maupun Linux. Dalam pengaturan cara menemukan jaringan Wi-Fi terbaik kali ini akan fokus pada nomor saluran Wi-Fi 2.4GHz 1,6 dan 11 karena saluran ini tidak tumpang tindih satu sama lain.

Menemukan Saluran Wi-Fi Terbaik di Windows 10

Pada OS Windows 10, Sobat dapat menggunakan salah satu tool Wi-Fi scanner untuk menemukan saluran Wi-Fi paling efisien di wilayah Sobat. Tool Wi-Fi Scanner akan memindai jaringan di sekitar sobat dan kemudian sobat dapat menganalisa laporan dari Wifi scanner tersebut. Kemudian Sobat dapat menemukan saluran yang paling sedikit macet dari laporan ini.

Pada contoh kali ini menggunakan tool Wi-Fi Analyzer yang dapat sobat download lewat Microsoft Store. Pertama-tama Wi-Fi analyzer akan memindai jaringan terdekat dan kemudian membantu Sobat melihat setiap jaringan Wi-Fi di daerah Sobat.

Dengan menggunakan data dari Wi-Fi Analyzer tersebut, Sobat dapat mengetahui jaringan Wi-Fi yang paling tidak padak di daerah Sobat dan kemudian menggunakan jaringan tersebut dengan router Sobat. Berikut langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Wi-Fi analyzer.

1. Buka web microsoft store dan unduh aplikasi Wi-Fi Analyzer secara gratis

2. Install dan launch aplikasi Wi-Fi Analyzer

3. Pilih Tab Jaringan (Network) di bagian atas aplikasi Wi-Fi Analyzer

4. Pada tab jaringan, Sobat akan melihat daftar semua jaringan nirkabel di sekitar sobat beserta salurannya

5. Temukan saluran yang paling jarang digunakan, dan dapatkan jaringan yang stabil dan lancar.

Menemukan Saluran Wi-Fi Terbaik di MacOS

MacOS dilengkapi dengan tool untuk analisa Wi-Fi internal dan Sobat dapat menggunakannya untuk menemukan informasi saluran untuk jaringan terdekat. Tool ini juga secara langsung memberitahu Sobat saluran Wi-Fi terbaik untuk digunakan sehingga sobat tidak perlu melakukan penggalian apapun. Berikut langkah-langkah untuk menemukan jaringan Wi-Fi terbaik di MacOS.

1. Tekan dan tahan tombol Option pada keyboard Sobat dan pilih ikon Wi-Fi di bilah menu Mac Sobat.

2. Dari menu yang terbuka piliha Open Wireless Diagnostics

3. Sobat akan melihat jendela Wireless Diagnostics. Jangan pilih apapun di jendela ini sebagai gantinya pilih opsi Windows>Scan di bilah menu di bagian atas

4. Pada Jendela Scan (Pindai) yang terbuka, pilih Scan Now pada bagian bawah

5. Sobat sekarang dapat melihat semua jaringan Wi-Fi terdekat bersama dengan saluran yang mereka gunakan

6. Pada sisi kiri jendela, MacOS memberi tahu Sobat saluran apa yang harus sobat gunakan untuk router 2.4GHz dan 5GHz. Saluran ini adalah saluran Wi-Fi terbaik yang harus Sobat gunakan dengan router Sobat.

Menemukan Saluran Wi-Fi Terbaik di Linux OS

Setelah kita membahas tentang cara menemukan jaringan Wi-Fi terbaik untuk Windows OS dan MacOS selanjutnya kita akan belajar online cara menemukan jaringan Wi-Fi terbaik untuk Linus OS. Di berbagai distro Linux termasuk Distro Ubuntu, Sobat dapat menjalankan perintah dari terminal untuk mendapatkan daftar saluran Wi-Fi yang digunakan jaringan terdekat Sobat.

Berikut langkah-langkah menemukan jaringan terbaik Wi-Fi terbaik pada Linux OS :

1. Buka Terminal di komputer Linux Sobat

2. Ketik perintah berikut sudo iwlist wlan0 scan | grep \(Channel lalu tekan Enter

3. Saluran yang paling sedikit ditampilkan di terminal adalah saluran yang harus Sobat gunakan dengan router Wi-FI Sobat

4. Sobat sekarang dapat menutup jendela terminal Sobat

Mengubah Saluran Router Wi-Fi Sobat

Karena setiap router menawarkan menu pengaturan yang unik, tidak ada instruksi pasti yang dapat sobat ikuti untuk mengubah saluran Wi-Fi di router Sobat. Walaupun begitu Sobat dapat menggunakan langkah umum berikut untuk mengubah saluran Wi-Fi router Sobat.

Pilihan yang ada di dalam router yang Sobat miliki mungkin saja berbeda dengan cara berikut, namun sobat mendapatkan ide untuk pengaturan router yang sobat miliki.

1. Akses halaman pengaturan router Sobat di browser web Sobat. Untuk sebagian besar router, Sobat dapat melakukannya dengan mengetik 192.168.1.1 pada halaman url browser yang Sobat gunakan lalu tekan Enter

2. Pada halaman login router, masukkan kredential login dengan benar lalu tekan OK (Sebagian router menggunakan admin sebagai nama pengguna dan kata sandi default

3. Pilih Wireless Setting (Pengaturan Nirkabel) /yang seperti itu pada bilah menu bagian atas

4. Pada menu sebelah kiri pilih Wireless Basic Settings

5. Pada panel sebelah kanan pilih channel menu dropdown dan pilih the best Wi-Fi Channel. Saluran Wi-Fi terbaik adalah saluran yang menurut Sobat paling tidak padat dalam prosedur diatas.

6. Simpan perubahan Sobat dengan memilih OK pada bagian bawah

7. Arahkan ke tab Mantenance di menu bagian atas dan pilih Restart The Router Perintah ini akan merebout router Sobat.

Selamat sekarang sobat dapat mengakses saluran Wi-Fi terbaik pa Windows OS, MacOS dan Linux OS