Cara Menulis Artikel Blog Yang SEO Friendly

Submitted by admin on Sun, 03/11/2018 - 20:13

Postingan artikel Belajar SEO dan mesin pencari kali ini akan meneruskan pembahasan SEO untuk blog maupun website. Apabila sobat sedang mencari cara membuat blog agar seo friendly salah satu caranya dengan mengisi blog dengan konten-konten menarik bagi pengunjung blog. Salah satu cara membuat blog yang SEO friendly adalah dengan memasukkan kata kunci-kata kunci (keywords) dalam setiap postingan artikel pada blog tersebut karena blog yang selalu menghadirkan konten-konten original akan menaikkan nilai di hasil pencarian mesin pencari.

Okelah sobat pada artikel ini kita akan belajar seo tentang bagaimana cara menulis blog agar seo friendly. Ketika menerapkan tips blog seo akan membantu blog sobat meningkat lebih baik di halaman hasil pencarian mesin pencari. Bagaimana cara menulis postingan blog agar seo friendly sehingga setiap halaman blog akan menaikkan dan membantu blog untuk mendapatkan hasil terbaik di hasil pencarian google. Selain itu dengan reguler update blog akan membuat pembaca selalu ingin membaca artikel-artikel terbaru.

Ketika kita menginginkan tulisan blog agar seo friendly, maka setidaknya ikutilah tiga tahapan berikut. Tahap pertama adalah pilihlah kata kunci untuk blog, Tahap kedua adalah menuliskan konten blog berdasarkan kata kunci yang dibidik tersebut dan tahap ketiga adalah mengoptimalkan postingan blog tersebut. Bagaimana cara menerapkan ketiga tahapan blog agar seo friendly ?

Tahap Pertama : Memilih kata kunci utama blog

Pemilihan kata kunci utama blog ini sebenarnya harus sobat rencanakan sebelum menulis blog dan memilih kata kunci utama untuk setiap postingan blog tersebut sehingga setiap halaman blog memiliki kualitas untuk mendapatkan hasil terbaik di hasil pencarian mesin pencari.

Penelitian untuk mendapatkan kata kunci utama blog agar seo friendly tersebut dilakukan dengan mengidentifikasi satu kata kunci utama yang akan digunakan pada blog. Mulailah untuk mencari kata kunci yang erat dengan postingan yang akan sobat terbitkan. Mulai mencari frase kalimat yang secara alami terkait dengan topik blog yang akan sobat gunakan untuk blog.

Pilihlah vasiasi dari frase yang sering digunakan oleh netizen ketika mencari lewat mesin pencari. Misalnya frase "belajar internet marketing" diantara netizen mungkin menggunakan istilah "belajar online marketing". Dari beberapa frase kata kunci untuk blog tersebut, bidiklah kata kunci yang memiliki tingkat kompetisi yang rendah agar memudahkan memenangkan persaingan dengan blog sejenis yang memiliki niche kata kunci yang sama. Untuk mendapatkan popularitas dan persaingan kata kunci tersebut sobat dapat menggunakan free keywords tool yang banyak di internet.

Setelah mengidentifikasi kata kunci utama postingan blog. Cobalah juga untuk memasukkan kata kunci sekunder dalam postingan blog agar seo friendly. Kata kunci sekunder juga dapat disebut sebagai kata kunci semantic yaitu kata kunci yang terkait erat dengan kata kunci utara postingan blog. Dengan menerapkan dan menggabungkan kata kunci sekunder ke dalam postingan blog akan membantu mesin pencari memahami dan meningkatkan peringkat postingan blog.

Bagaimana cara menemukan kata kunci sekunder untuk postingan blog tersebut ? Agar menemukan kata kunci alternatif untuk postingan blog coba ketikkan kata kunci utama untuk judul postingan blog ke dalam pencarian Google. Kemudian lihatlah daftar pencarian terkait. Dan selanjutnya pilihlah dua atau tiga frase kata kunci yang berkaitan dengan judul postingan sobat dan masukkan ke dalam tulisan artikel.

Tahap Kedua : Menulis Untuk Postingan Konten Blog

Salah satu ciri tulisan konten blog yang hebat adalah praktis dan berguna bagi pembaca dan mesin pencari. Gunakan tips seo untuk blog pada cara menulis postingan konten blog berikut untuk mesin pencari namun tetap menjadikan pembaca blog sebagai fokus utama tujuan dari menulis konten pada blog tersebut.

Berapa jumlah kata dalam postingan blog terbaik ? Tidak ada patokan pasti berapa jumlah kata data postingan blog terbaik. Menulis dengan lebih dari 300 kata dalam setiap postingan blog akan memberikan informasi yang cukup bagi pengunjung untuk mendapatkan informasi dari postingan blog tersebut dan bagi mesin pencari dapat memahami dan menempatkannya dalam peringkat yang lebih baik. Terdapat banyak pendapat terkait dengan berapa jumlah kata terbaik dalam postingan blog tersebut.

Menulis dengan gaya bahasa yang sobat miliki dan jangan copy paste dari artikel di internet walaupun menarik bagi sobat. Mesin pencari tidak suka dengan duplikat content kalau itu sobat lakukan akan menurunkan posisi blog sobat dalam hasil pencarian mesin pencari. Sebaliknya menulis konten original untuk blog yang tidak dipublikasi di blog manapun akan meningkatkan posisi blog yang sobat miliki.

Postingan yang menerapkan kaidah bahasa yang benar juga dapat meningkatkan kualitas blog. Ini bukan hanya untuk pembaca dan pengunjung blog tersebut yang mendapatkan postingan blog dengan kualitas tinggi. Mesin pencari pun juga memeriksa tata bahasa postingan, sintak dan ejaan. Cobalah untuk memeriksa tulisan sebelum diterbitkan untuk menghindari kesalahan ketik.

Tahap Ketiga : Mengoptimalkan Postingan Blog

Gunakan kata kunci utama dalam judul postingan blog. Judul halaman adalah nama sebenarnya dari halaman blog yang dibaca oleh pembaca blog yang melihat halaman tersebut. Seperti judul postingan ini "cara menulis artikel blog yang seo friendly" yang kata kunci utamanya blog yang seo friendly.

Gunakan tags dan kategori yang sesuai. Tags dan Kategori adalah sistem taksonomi yang digunakan utnuk mengatur dan mengkategorikan postingan blog di sebuah blog/website. Sobat dapat menetapkan kategori dan tags untuk setiap halaman untuk menghubungkan mereka ke topik dan bahasan tertentu. Blog yang memiliki sistem taksonomi yang terstruktur dengan baik akan meningkatkat seo blog tersebut.

Apabila dalam postingan blog sobat terdapat gambar, maka gunakanlah alt tag pada gambar tersebut. Menambahkan alt tags yang berisi kata kunci postingan blog akan membantu mesin pencari mendeskripsikan gambar pada gambar yang ada pada postingan blog tersebut.

Itulah tiga tahapan untuk membuat postingan blog agar seo friendly yang bisa dibagikan oleh blog belajar online gratis tentang belajar seo dan Mesin pencari. Sobat memiliki tips dan cara agar blog seo friendly yang lain ? Silahkan meninggalkan komentar agar memberi manfaat lebih dari postingan blog yang seo friendly.