Cara Merencanakan Program Afiliasi Bagi Pemilik Produk dan Layanan

Submitted by admin on Thu, 07/15/2021 - 21:03

Bagaimana Merencanakan Strategi Pemasaran Afiliasi untuk Pembuat Konten
Sobat belajar online pembuat konten yang hebat, dan memulai program afiliasi untuk dapat membantu meningkatkan penjualan dan menghasilkan prospek untuk bisnis Sobat. Begini caranya.

Sebagai pembuat konten, Sobat tentu menyadari akan kekuatan rujukan. Di masa lalu, rujukan atau iklan dilakukan melalui metode “dari mulut ke mulut” untuk membantu bisnis mengembangkan merek mereka dan mengembangkan bisnis berbasis pelanggan yang setia. Di dunia online saat ini, jenis pemasaran ini masih ada, tetapi memiliki nama yang berbeda: pemasaran afiliasi.

Pemasaran afiliasi adalah cara yang mudah dan hemat biaya untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan merek Sobat. Untuk menyusun strategi pemasaran afiliasi yang sempurna untuk bisnis Sobat, Sobat perlu mengetahui apa itu pemasaran afiliasi, cara kerjanya, dan mempelajari cara-cara kreatif untuk mendekati pemasaran afiliasi untuk meningkatkan bisnis Sobat dan meningkatkan hasil hasil.

Apa itu Pemasaran Afiliasi?
Pemasaran afiliasi adalah metode periklanan yang menggunakan referensi untuk menjual produk atau layanan, dan ada tiga pihak yang terlibat dalam proses pemasaran afiliasi.

1. Pengguna adalah pelanggan potensial yang melihat link afiliasi pada website, blog, profil media sosial atau media yang lain.

2/ Afiliasi adalah blog atau profil media sosial yang host link dan menerima kompensasi ketika pengguna melakukan pembelian menggunakan link afiliasi dari situs mereka.

3. Sementara itu, pedagang menyediakan layanan atau produk yang dirujuk oleh tautan afiliasi dan membayar afiliasi saat penjualan dilakukan. Biasanya, ketika sebuah perusahaan beriklan, mereka membayar sepotong konten atau iklan di muka, dan iklan tersebut dirancang untuk menarik orang ke bisnis tersebut.

Dengan pemasaran afiliasi, Sobat membayar untuk kinerja, yang berarti Sobat tidak membayar afiliasi Sobat kecuali tautan afiliasi mereka berfungsi. Umumnya, Sobat membayar per penjualan. Namun, Sobat juga dapat memilih untuk membayar berdasarkan prospek atau klik.

Sederhanakan Program Afiliasi menggunakan Teknologi Pemasaran Sobat Dengan Aplikasi Terintegrasi

Bagaimana Cara Kerja Pemasaran Afiliasi?
Pemasaran afiliasi bekerja dengan memanfaatkan kepercayaan yang ada antara afiliasi dan pengguna. Baik Sobat menyediakan layanan B2B atau menjual kepada konsumen, rujukan tepercaya masih merupakan bentuk pemasaran yang paling berharga.

Dengan pemasaran afiliasi, Sobat dapat menjangkau berbagai pelanggan potensial dengan satu tautan afiliasi. Ini adalah pelanggan yang belum pernah mendengar tentang merek Sobat secara langsung tetapi sekarang mengetahui siapa Sobat dan apa yang Sobat berikan.

Pengguna cenderung mempercayai akun yang mereka ikuti. Jadi ketika afiliasi mempromosikan tautan Sobat, bisnis Sobat terlihat dapat dipercaya dan diverifikasi. Pengguna lebih cenderung memilih merek Sobat daripada merek yang tidak terafiliasi karena Sobat bermitra dengan duta besar atau influencer yang sudah beresonansi dengan mereka.

Ketika pengguna mengklik tautan afiliasi, mereka diarahkan ke halaman produk di situs web perusahaan Sobat. Dari sini, pengguna dapat membeli produk, menelusuri item atau layanan tambahan, mendaftar ke buletin atau milis brand Sobat, atau menghabiskan waktu membaca konten yang Sobat tawarkan.

Pemasaran afiliasi adalah alat yang sangat baik karena mengarah ke penjualan langsung item di tautan afiliasi dan menarik pelanggan ke situs Sobat, sehingga mereka menjelajahi semua yang Sobat tawarkan.

Menyusun Strategi Pemasaran Afiliasi
Strategi pemasaran afiliasi yang efektif sangat penting dalam menuai manfaatnya. Untuk menyusun strategi yang sempurna, sangat penting untuk mengetahui keadaan dan prinsip pemasaran afiliasi saat ini , seperti dengan siapa Sobat ingin bermitra, bagaimana Sobat bertujuan untuk menarik prospek, dan bagaimana menguji efektivitas rencana afiliasi Sobat. Pertimbangkan tip bermanfaat berikut saat Sobat mulai membentuk strategi pemasaran afiliasi Sobat:

Pilih Afiliasi dengan Hati-hati
Afiliasi Sobat adalah elemen yang paling penting untuk kesuksesan program Sobat, jadi penting untuk memilihnya dengan bijak. Afiliasi yang baik dapat diandalkan, dapat dipercaya, bereputasi baik; otoritas di niche mereka, mereka konsisten dalam mempromosikan link Sobat.

Pilih afiliasi yang audiensnya mungkin tertarik dengan produk Sobat. Mereka juga harus memiliki pengikut yang cukup besar dan setia, baik itu pelanggan di YouTube, pengikut di Instagram, atau pengunjung blog. Pikat Pelanggan (dan Penjualan) Dengan Kupon, Promosi, dan Penawaran

Tautan afiliasi ke situs web Sobat sangat bagus. Tetapi tautan yang dilampirkan ke kupon, promosi, dan penawaran untuk pelanggan baru bahkan lebih baik. Bekerja dengan duta besar atau blog untuk membuat kode promo khusus untuk tautan mereka guna memperkuat hubungan afiliasi.

Jika calon pelanggan mendengar dari influencer favorit mereka di media sosial bahwa mereka dapat menerima diskon 15% untuk produk Sobat dengan kode promo, mereka kemungkinan akan melihat apa yang Sobat tawarkan.Penawaran dan kupon membawa pelanggan ke situs Sobat, tempat mereka juga akan menelusuri produk atau layanan lain.

Rekrut Influencer Dengan Niche Khusus
Temukan dan rekrut influencer dengan niche khusus sebagai afiliasi. Influencer niche yang sukses memiliki otoritas dan kekuatan di bidangnya, yang berarti mereka memiliki pengaruh yang signifikan terhadap audiens khusus niche mereka. Tool influencer seperti Upfluence dan Captiv8 dapat membantu Sobat menemukan influencer dengan mudah di niche atau bidang minat Sobat.

Jika produk Sobat sangat sesuai dengan kebutuhan audiens mereka, bekerja dengan influencer itu dapat membuat bisnis Sobat menjadi otoritas untuk layanan atau produk yang Sobat berikan. Ada influencer dengan niche khusus untuk hampir semua topik yang bisa dibayangkan, jadi cari influencer teratas yang Sobat tahu akan menyukai produk Sobat.

Bangun Jaringan Afiliasi!
Bangun jaringan afiliasi yang bervariasi menggunakan saluran yang berbeda untuk mendatangkan prospek dan menghasilkan penjualan. Jaringan afiliasi seperti Dotdash atau Sovrn Commerce adalah sumber penerbit yang hebat yang ingin memonetisasi konten mereka atau bekerja langsung dengan influencer di platform media sosial seperti Instagram, YouTube, dan Twitch.

Bermitra dengan blogger yang situsnya mendapatkan lalu lintas yang baik dan memiliki pengikut yang solid. Bekerja dengan berbagai jenis blogger dan influencer, termasuk mereka yang mengulas produk untuk konten. Pertimbangkan untuk bekerja dengan podcast yang memiliki jumlah pendengar yang baik. Bermitra dengan orang-orang yang menyelenggarakan webinar, podcast, membuat ebook, dan menghasilkan kursus lain di mana pendengar cenderung mempercayai merek Sobat ketika tuan rumah merekomendasikannya.

Bangun jaringan afiliasi Sobat dengan afiliasi asli dan bereputasi baik yang menghasilkan prospek unik dan percaya pada merek Sobat.

Uji Keberhasilan Program Afiliasi
Setelah Sobat memulai program afiliasi, Sobat harus menguji keberhasilan berbagai afiliasi, tautan, dan bentuk media yang Sobat gunakan. Lakukan ini dengan perangkat lunak pelacakan afiliasi yang mudah digunakan yang memungkinkan Sobat memahami elemen mana dari strategi Sobat yang berhasil dan bagian mana yang perlu Sobat sesuaikan.

Sobat harus dapat melacak konversi, penjualan, klik, dan data lain yang menunjukkan kepada Sobat afiliasi mana yang menguntungkan versus afiliasi yang tidak seefektif itu.
Ini memungkinkan Sobat untuk:
•    Mengubah kata kunci tautan.
•    Bekerja dengan afiliasi tentang cara mempromosikan tautan afiliasi.
•    Sesuaikan persyaratan program.
•    Naikkan tarif komisi yang Sobat tawarkan.
•    Buat sejumlah penyesuaian lain yang membantu Sobat memaksimalkan ROI (laba atas investasi) Sobat pada program pemasaran afiliasi.

Mengoptimalkan Situs Web dan Halaman Produk
Meskipun hosting situs web yang dioptimalkan tidak secara langsung terkait dengan pemasaran afiliasi, ini merupakan bagian integral dari proses. Salah satu alasan utama mengapa pengguna meninggalkan situs web adalah desain yang buruk, konten yang buruk, dan antarmuka pengguna yang buruk.

Jika pengguna dengan bersemangat mengeklik tautan afiliasi Sobat tetapi ketika tiba di laman web yang dirancang dengan buruk , mereka mungkin mengeklik tanpa melihat apa yang Sobat tawarkan. Sangat penting untuk memelihara situs web yang membuat pembelian produk atau layanan Sobat menjadi sederhana dan di mana pelanggan baru dapat menelusuri produk dan konten Sobat tanpa kebingungan.

Bagaimana Mengukur Keberhasilan Strategi Program Afiliasi ?
Ukur keberhasilan strategi pemasaran afiliasi Sobat untuk mengukur apa yang berhasil dan apa yang tidak. Perhatikan tiga took kinerja pemasaran teratas berikut :
•    eEPC (penghasilan efektif per klik).
•    Total pendapatan menurut afiliasi.
•    AOV (nilai pesanan rata-rata).

eEPC
eEPC menunjukkan kepada Sobat bagaimana kinerja masing-masing afiliasi Sobat per 100 klik.
Untuk menghitung angka ini sendiri, ambil jumlah dolar dari komisi bersih yang diperoleh dibagi dengan total klik dan kalikan angka itu dengan 100. eEPC menunjukkan kepada Sobat afiliasi mana yang paling efektif dan memberikan nilai paling besar ke tabel.

Buat ambang eEPC yang mencerminkan sasaran dan jumlah pendapatan yang Sobat inginkan dan hentikan bekerja dengan afiliasi yang tidak memenuhi kriteria ini.

Total Pendapatan menurut Afiliasi
Ini memperbesar gambaran jangka panjang tentang efektivitas program pemasaran Sobat. Pantau pendapatan yang diperoleh setiap mitra afiliasi dalam spreadsheet dan pastikan informasinya mutakhir. Akan sangat membantu untuk membuat grafik visual dari angka ini agar lebih mudah dipahami dan menunjukkan area masalah dengan cepat.

AOV
AOV membantu Sobat mengevaluasi perilaku pelanggan dan efisiensi afiliasi Sobat. Akan bermanfaat jika Sobat menjual berbagai produk dalam rentang harga yang berbeda. Angka ini adalah rasio yang memberi tahu Sobat seberapa baik pemasaran afiliasi bekerja untuk mitra tertentu dan memungkinkan Sobat membantu mereka mengubah metode mereka untuk menjual produk tertentu yang tertinggal. Untuk menghitung, ambil pendapatan dibagi dengan jumlah pesanan.

Siap Memulai Program Afiliasi!
Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membuat Program Pemasaran Afiliasi Sobat Ada beberapa faktor tambahan yang perlu dipertimbangkan saat menyusun program pemasaran afiliasi Sobat. Ini berkaitan dengan pengaturan kebijakan dan insentif program pemasaran, mengikuti elemen hukum pemasaran afiliasi, dan memutuskan apakah akan menggunakan perusahaan SaaS atau tidak untuk membantu Sobat melacak semua nomor Sobat.

Kebijakan dan Insentif Program Afiliasi

Sebelum Sobat menerapkan program pemasaran afiliasi, kembangkan kebijakan yang memandu program afiliasi dan putuskan bagaimana memberi insentif kepada afiliasi. Kebijakan program Sobat pada dasarnya adalah kontrak yang menetapkan harapan dan persyaratan antara perusahaan Sobat dan afiliasi.

Sertakan informasi seperti konversi, penjualan, prospek, atau ambang klik yang Sobat harapkan diperoleh afiliasi, kerangka waktu yang harus mereka jalankan dengan sukses, dan aturan spesifik apa pun seputar cara memasarkan tautan afiliasi Sobat.

Mengembangkan insentif untuk afiliasi juga merupakan detail penting untuk dipertimbangkan sebelum meluncurkan program. Beberapa influencer mempromosikan dengan imbalan layanan atau barang; namun, sebagian besar afiliasi mengharapkan komisi kinerja.

Untuk memastikan bahwa Sobat membayar dengan tepat tetapi tidak kehilangan keuntungan karena membayar lebih kepada pemasar afiliasi, ada baiknya untuk duduk dan menghitung ROI (laba atas investasi) Sobat untuk program afiliasi Sobat.

Cari tahu berapa banyak Sobat akan mendapat untung dari tautan Sobat sehubungan dengan berapa banyak untuk membayar afiliasi dan putuskan apa yang terbaik untuk situasi bisnis Sobat.

Program Afiliasi dan Perusahaan SaaS
Banyak pedagang menggunakan perusahaan SaaS (Software As A Services) untuk melacak data pemasaran afiliasi. Perusahaan SaaS yang berspesialisasi dalam data pemasaran afiliasi dilengkapi untuk melacak eEPC, AOV, total pendapatan, dan nomor penting lainnya yang terkait dengan pelacakan keberhasilan program afiliasi Sobat.
Misalnya, jika toko e-commerce Sobat dihosting di Shopify, menemukan dan memasang aplikasi pemasaran afiliasi dari toko aplikasi Shopify itu mudah. Sobat tidak perlu melakukan perhitungan dengan tangan, dan Sobat dapat mengakses data pemasaran afiliasi Sobat dengan mengklik tombol. Saat Sobat mengembangkan bisnis dan jaringan afiliasi Sobat, alat SaaS merupakan bagian integral dari strategi pemasaran afiliasi yang menguntungkan.

Aspek Hukum Pemasaran Afiliasi
Afiliasi harus mengungkapkan bahwa mereka menerima kompensasi untuk produk yang mereka jual dan tautan yang mereka berikan. Pengungkapan harus dalam bahasa yang “jelas dan mencolok”. Sangat mudah untuk memasukkan pengungkapan wajib ini di awal atau akhir posting blog atau media sosial.
Ini mencegah anggota audiens mereka dari asumsi bahwa afiliasi secara bebas merekomendasikan suatu produk ketika mereka dibayar. Namun, banyak afiliasi memilih untuk menggunakan produk yang mereka dukung dan nyatakan dalam video dan postingan mereka.

Mulai Program Afiliasi!
Memulai program afiliasi adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan, menumbuhkan kesadaran merek, dan menghasilkan prospek untuk bisnis Sobat. Bekerja dengan platform perangkat lunak untuk mengembangkan strategi pemasaran afiliasi Sobat dan memulai program afiliasi Sobat.

Dengan aplikasi yang mudah digunakan, Sobat akan menghasilkan prospek dan meningkatkan penjualan dalam waktu singkat. Pastikan platform pemasaran afiliasi Sobat memungkinkan Sobat melacak dan mengelola data afiliasi dan mengembangkan jaringan rujukan Sobat dengan aplikasi dan plug-in yang mudah digunakan yang memungkinkan Sobat melacak penjualan dan mengotomatiskan komisi.

Bagaimana Sobat kapan akan membuat profram afiliasi untuk produk Sobat Belajar Online ?