Top 6 Free Open Source Software Untuk Profesional E-Learning

Submitted by admin on Fri, 04/30/2021 - 10:00

Artikel  memuat dan mendokumentasikan software open source web conferencing yang harus diketahui oleh sobat BOGER yang terjun secara profesional dalam industri e-learnig. Meskipun ada banyak tool web conferencing open source yang tersedia saat ini, ada juga alternatif software web conferencing yang masih menawarkan fitur dan fungsi yang sama. Faktanya, perangkat lunak konferensi web open source menawarkan kepada profesional e-learning praktis kesempatan untuk menyelenggarakan acara pelatihan virtual, kerkolaborasi dengan kolega, dan menawarkan dukungn yang dipersonalisasikan kepada pelajar tanpa membayar biaya bulanan yang besar. Berikut daftar 6 open source software untuk web conferencing teratas yang bisa sobat BOGER untuk digunakan dalam menunjan kegiatan E-Learning.

1. Apache Open Meeting

OpenMeeting adalah salah satu alat konferensi web open source online yang paling terkenal saat ini Selain berfungsi untuk konferensi video, OpenMeetings juga memiliki fitur instant messaging yang cepat, berbagi, dan mengedit dokumen, Whiteboard, dan berbagai aplikasi berguna lainnya seperti Red5 Streaming Server yang memungkinkan Sobat untuk melakukan streaming dan berbagi dari jarak jauh. Platform ini juga menyediakan webcam, microfon, screen sharing dan untuk melakukan perekaman dengan baik.. 

2. BigBlueButton

Open Source Web conferencing tool berikutnya adalah BigBlueButton yang dihosting di kode Google dan terdiri lebih dari 14 komponen sumber terbuka yang berbeda. Ini membuat BigBlueButton mudah digunakan, fleksibel dan dapat di skalakan. Moderat E-Learning memiliki kemampuan untuk mengontrol alat audio untuk seluruh audiens, dan bahkan dapat memberikan kesempatan kepada pelajar dan kolaborator online untuk mempresentasikan ide dan pendapat mereka kepada seluruh kelas.

BigBlueButton software juga menyertakan alat anotasi, juga mengintegrasikan whiteboard yang memungkinkan Sobat BOGER untuk memperbesar, menyoroti ide-ide utama dari web conferencing dan membuat catatan virtual secara langsung ke presentasi virtual Sobat.

3. VMukti

Free open source web conferencing berikutnya adalah VMukti yang tidak kekurangan fitur. Faktanya VMukti memiliki salah satu jajaran tools yang saling terintegrasi satu sama lain yang mengesankan terutama dalam hal platfor web conferencing open source, Audio dan video realtime, sinkronisasi presentasi, Whiteboot, berbagi dokumen, berbagi gambar, dan berbagi layar hanyalah beberapa fitur yang sering digunakan di VMukti. Sobat boger juga dapat co-author dengan member lain pada E-Learning platform dan melakukan jajak pendapat selama webinar berlangsung, serta mengawasi tab cloud seperti penyelenggaraan ruang kelas manual.

4. M. Conf web conferencing platform

MConf open source web conferencing software sebenarnya dibangun di area open source teratas lainnya BigBlueButton. Namun, ini adalah tool yang sangat berharga dengan sendirinya, berkat open source fakta bahwa Sobat BOGER dapat disesuaikan sesuai keingainan Sobat. 

MConf menampilkan MConf-web, yang merupakan portal web yang berfungsi ganda sebagai platform kolaborasi online. Sobat dapat berbagi dokumen, berkomunikasi dengan anggota lain dari tim sobat, dan menjadwalkan acara sebelumnya untuk meningkatkan tingkat kehadiran online.

5. WebHuddle Web Conferencing Software

WebHuddle adalah web conferencing tool open source sebaguna yang memungkinkan sobat mengadakan konferensi virtual dan membuat presentasi interaktif. Nyatanya, Sobat BOGER memiliki opsi untuk menambahkannya ke layanan telekonferensi yang sobat gunakan saat ini atau menggunakan suara WebHuddle melalui IP untuk semua kebutuhan konferensi web.

WebHuddle open source web confernencing software juga memiliki kemampuan untuk merekam presentasi atau webinar online dan kemudian memutarnya kembali di browser apapun, sehingga pelajar yang absen tidak perlu melewatkan pengalaman E-Learning. Tidak perlu menginstall software apapun, karena klien WebHuddle berjalan langsung melalui broser komputer, Sobat cukup mendaftar dan memulai pertemuan virtual pertama yang mengesankan.

6. Jitsi

Free open source web presentation Jitsi menghadirkan audio HD dengan Opus, enkripsi kemanan penuh, berbagi desktop, dan juga terdapat fitur chat yang terintegrasi. Sobat boger dapat mentransfer file dan mengirim undangan webinar dan konferensi video profesional kepada peserta web conferencing berkat url khusus mereka. Beberapa keuntungan lain menggunakan Jitsu adalah penyampaian video, komunitas pendukung aktif dan library yang terintegrasi, ini berjalan di semua sistem operasi termasuk Mac dan Linux. Jika Sobat BOGER mengalami masalah dan kesulitan apapun dalam menggunakan open source Jitsu software , sobat daoat mengunjungi situs Jitsu karena mereka menyediakan FAQ komprehensif yang mencakup sejumlah topik bermanfaat yang merupakan manfaat penting bagi mereka yang baru mengenal dunia konferensi video online.

Dengan adanya free open source software Jitsi dan Web Conferencing webinar tersebut merupakan bukti bahwa Sobat tidak perlu membayar sepeser pun untuk mendapatkan fitur dan fung yang sobat butuhkan, karena faktanya sobat bebas memanfaatkan software web conferencing tersebut. Sobat juga dapat mengambil kesempatan untuk mencoba beberapa dan memilih pertandingan terbaik untuk tim E-Learning Sobat. Ingatlah bahwa bebas tidak selalu berarti lebih baik. Jika Sobat menemukan bahwa kurva pembelajaran kurang optimal melalui E-Learning. Sobat mungkin memerlukannya untuk dikombinasikan dengan antar muka yang ramah pengguna.