Cara Mudah Merancang dan Mengembangkan Website Ramah Mesin Pencari

Submitted by admin on Sat, 04/21/2018 - 23:09

Ketika Anda menjalankan online marketing maka anda perlu mengetahui pentingnya search engine bagi online marketing. Setelah mengetahui manfaat optimasi online marketing, pada artikel belajar online gratis akan membagikan tips dasar bagaimana merancang dan mengembangkan website agar ramah mesin pencari dan pada akhirnya mendatangkan pengunjung lebih banyak lagi ke website yang Anda milikik.

Tugas utama mesin pencari adalah merayapi website dan mendeksnya kemudian menyajikan konten tersebut ke pengunjung yang sedang mencari informasi melalui mesin pencari google dan mesin pencari lainnya. Karena mesin pencari hanya merayapi teks pada hasil perayapan web bisa jadi apa yang di indeks menjadi berbeda antara yang di indeks mensin pencari dan apa yang di tampilkan kepada pengunjung. Apalagi kalau pemilik website menjalankankan teknik black hat seo.

Pada artikel teknik dasar perancangan dan pengembangan website search engine friendly ini kita fokus pada bagaimana cara agar halaman website memberikan hasil yang sama baik kepada pengunjung yang membutuhkan informasi ataupun juga pada hasil perayapan search engine. Apabila Anda memiliki tim design dan teknisi website sendiri alangkah baiknya berdiskusi dengan mereka untuk mendesain ulang website dan mengembangkan lebih baik sehingga nantinya akan mendapatkan nilai lebih baik juga di hasil pencarian search engine.

Konten Tidak Dirayapi Mesin Pencari

Sebagaimaan sudah dijelaskan diatas bahwa untuk mendapatkan hasil lebih baik di hasil pencarian mesin pencari google dan lainnya, hal terpenting bahwa situs yang Anda miliki harus dalam format teks HTML. Bagaimana kalau website saya berisi gambar, file flash dan applet java? Konten non teks sering diabaikan oleh mesin pencari dalam mengindeks website. Anda dapat menambahkan alt="tag" pada gambar agar mesin pencari mengindeks gambar yang dimaksud.

Tips lain untuk memaksimalkan website non teks adalah dengan memberikan navigasi dan tautan langsung ke content sehingga dapat dirayapi. Untuk konten flash, maka tambahkan deskripsi untuk konten flash pada halaman yang sama dengan file flash tersebut. Bagaimana dengan konten audio dan video ? Untuk website yang konten utamanya berisi audio dan video, maka anda dapat memaksimalkan konten website dengan menyediakan transkrip untuk audio dan video tersebut.

 

Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam hasil pencarian search engine, maka Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut :

Premium Content

Apabila website sobat sebagian besar kontennya harus diakses oleh anggota situs tersebut, bisa jadi crawler mesin pencari tidak akan mengindeks konten tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda perlu memikirkan juga konten gratis atau sebagian konten bisa diakses untuk umum sehingga bisa di crawler oleh mesin pencari.

Penggunaan Link menggunakan JavaScript dan Flash

Apabila Anda menggunakan JavaScript dan Flash untuk link, Website Anda bisa jadi susah ditemukan oleh mesin pencari. Untuk hal tersebut Anda bisa mengevaluasi penggunaan javascript dan Flash untuk tautan website yang Anda miliki dan menggantinya dengan link html standar.

Link Yang Mengarah Ke Halaman Diblokir oleh Meta Tag atau Robot.txt

Robot Meta Tag dan Robot.txt adalah petunjuk untuk crawler mesin pencari konten mana yang boleh diindex dan konten yang tidak boleh diindex oleh mesin pencari dari sebuah situs. Jangan sampai Anda memblokir konten-konten yang seharusnya diindex mesin pencari di blokir oleh Meta Tag maupun Robot.txt sehingga konten tersebut tidak di crawler oleh mesin pencari.

Ratusan bahkan Ribuan Link menuju ke Satu halaman website

Apabila Anda suka blogwalking mungkin bisa mengatur jadwal ulang untuk blogwalking untuk menghindari banyaknya link yang menuju halaman favorit website Anda. Hal ini juga untuk menghindari banned mesin pencari karena dianggap melakukan spam comment sekaligus agar tidak sia-sia karena link Anda tidak diindex mesin pencari.

Frame atau iFrame

Secara teknis mesin pencari mampu merayapi konten dalam frame maupun iframe. Namun konten dalam frame maupun iframe mempunyai masalah dalam pengorganisasian dan tautan yang harus diikuti oleh crawler mesin pencari. Apabila Anda expert dalam memahami teknis pengindeksan mesin pencari boleh mengoptimalkannya. Apabila tidak, maka lebih baik menggunakan struktur tautan html.

Sumber : MOZ