Apa Fungsi Administrasi Keuangan ?
Submitted by admin on Mon, 07/18/2022 - 07:10

Apa pentingnya fungsi manajemen keuangan ? Melanjutkan artikel sebelumnya mengenai administrasi keuangan, pada artikel belajaronlinegratis.com kali ini akan membahas tentang fungsi-fungsi apa saja yang bisa kita dapat dengan mempelajari administrasi keuaangan.

Pada artikel ini akan dijelaskan dengan singkat apa yang dimaksud dengan fungsi administrasi keuangan, semoga dengan artikel ini sobat yang sedang belajar online seputar administrasi keuangan bertambah wawasan tentang administrasi keuangan.

Administrasi keuangan merupakan bagian dari manajemen bisnis. Akibatnya, perusahaan dapat mengambil keputusan dan mengevaluasi bisnisnya. Selain itu, perusahaan juga dapat melihat apakah perusahaan tersebut teregulasi atau tidak.

Fungsi manajemen keuangan juga membantu dalam memastikan berfungsinya sistem keuangan perusahaan dan memfasilitasi transaksi keuangan. Apalagi dengan adanya hak pengelolaan keuangan, perusahaan dapat dengan mudah menangani pengeluaran dan pemasukan secara tunai. 

Tugas administrator keuangan bukan hanya melakukan pencatatan. Beberapa fungsi  administrasi keuangan dalam sebuah bisnis adalah:

1. Fungsi investasi/ Investment Function
Investasi adalah kegiatan pengelolaan dana aset yang digunakan untuk mencapai tujuan dan kebutuhan organisasi. Ada dua jenis investasi  dalam pengelolaan keuangan berupa investasi jangka pendek, yaitu investasi pada aset bisnis yang bernilai rendah, seperti kas, piutang, dan persediaan. Sedangkan investasi jangka panjang adalah investasi pada aset usaha yang digunakan untuk kebutuhan di masa yang akan datang, seperti tanah, bangunan, dan peralatan.  

Fungsi pertama dari manajemen keuangan adalah wadah yang digunakan perusahaan untuk menyimpan dana atau debit perusahaan. Kemudian dana usaha atau debit akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan usaha.

Secara umum, ada dua jenis fungsi investasi dalam pengelolaan keuangan, yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Investasi jangka panjang adalah aset tertinggi perusahaan yang digunakan untuk kebutuhan masa depan, seperti peralatan produksi, tanah, uang tunai, dll.

Investasi jangka pendek adalah aset yang dimiliki oleh perusahaan yang nilainya rendah, sehingga lebih cepat habis. Contoh administrasi keuangan adalah persediaan, hutang, kas, dll.

Regulator keuangan adalah  internal perusahaan yang berfungsi sebagai penyimpan. Penyimpanan keuangan yang dimaksud meliputi dana investasi, yang dapat berupa investasi jangka panjang maupun investasi jangka pendek.
 
 Investasi jangka panjang adalah aset terbaik yang dimiliki perusahaan yang dapat digunakan di masa depan, seperti peralatan produksi, tanah, dan bangunan. Sedangkan investasi jangka pendek adalah aset usaha yang nilainya rendah, seperti uang tunai, hutang dagang, dan sejenisnya.

2. Fungsi bagi hasil/ Profit Sharing Function

Fungsi bagi hasil adalah fungsi administrasi keuangan yang bertanggung jawab untuk menetapkan dan menetapkan aturan untuk membagi keuntungan bisnis.

Berbagai urusan pencatatan keuangan, termasuk perumusan aturan pembagian keuntungan, juga ditangani oleh regulator keuangan. Penetapan nisbah bagi hasil yang akan diterima perusahaan juga diputuskan oleh lembaga pengelola keuangan melalui fungsi ini.

3. Fungsi belanja atau Shopping Function

Fungsi belanja atau shopping function ini menunjukkan bahwa keuangan dipercaya untuk membelanjakan dana, baik ekuitas perusahaan  maupun dana non-perusahaan, untuk membiayai seluruh kegiatan perusahaan. Fungsionalitas ini juga terkait dengan proses produksi dan dukungan.

Tidak hanya pendaftaran, tetapi manajemen keuangan juga memiliki hak dan kewajiban untuk membeli sesuai dengan kebutuhan perusahaan.  

4. Fungsi penggalangan dana/ Fundraising Function

 

Fungsi pengelolaan keuangan yang terakhir adalah penggalangan dana. Pada dasarnya fungsi ini dimaksudkan untuk memberikan modal kepada perusahaan untuk memenuhi kebutuhan bisnis, seperti mencari investor atau sponsor.

Selain mencatat arus keuangan, fungsi administrasi juga dapat mencari sumber keuangan bagi perusahaan. Seseorang di posisi manajer keuangan mungkin ditugaskan untuk menarik investor yang akan mendanai bisnis.

Fungsi pencarian modal mengarah pada  pembiayaan setiap kegiatan organisasi untuk membuat dan menetapkan aturan untuk membagi keuntungan  perusahaan. Artinya perusahaan diharuskan memilih antara modal hutang, jangka pendek dan jangka panjang, atau dari modal sendiri.

Fungsi  terakhir adalah mencari investor atau sponsor dengan memberikan modal lebih untuk usaha tersebut, sehingga usaha tersebut dapat mengembangkan usahanya sendiri. Semoga apa yang dijelaskan dengan singkat apa yang dimaksud dengan fungsi administrasi keuangan bermanfaat untuk Sobat BOGER semua.